Handil Kalimantan Timur - Perjalanan Makan Kepiting - Sang Maya

Sang Maya

Spoiler Review From Sang Maya

Breaking

Senin, 30 Desember 2013

Handil Kalimantan Timur - Perjalanan Makan Kepiting

Pernah kah anda dengar tentang Handil sebelumnya. Handil adalah salah satu nama daerah di pulau Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur Kabupaten Kutai Kartanegata. Menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Jakarta. Dua jam perjalanan udara dari Jakarta ke Balikpapan. Kemudian dilanjutkan perjalanan darat dua jam menuju handil. Dari Balikpapan menuju Handil melalui perjalanan darat kurang lebih 2 jam.

Handil dalam bahasa Banjar artinya kawasan pertanian yang baru ditemukan yang biasanya dikerjakan oleh kumpulan para petani yang berasal dari suatu kampung yang sama.

Handil dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah baik migas dan batu bara dan kekayaan alam lainnya. Penduduk Handil sebagian besar didominasi oleh pendatang yang bekerja disektor migas dan batu bara atau sektor lainnya. Sebab itulah Handil memiliki keaneka ragaman suku, adat istiadan dan budaya.

Saya sudah pernah ke handil bersama teman-teman kantor waktu itu silahturahmi ke rumah keluarga teman sekantor, yang paling saya ingat kota Handil merupakan kota penghasil kepiting, sampai disanapun sajian utamanya kepiting. waktu itu kai disajikan 2 nampan besar kepiting rebus, walau ada nasi dan sayur tumis dan kerup, hal yang paling  kami serbu adalah kepitingnya saja. perut kami puas dengan lauk kepiting. harga kepiting disanapun sangat murah 1 Kg kepiting rajungan  hanya 18rb. beda banget dengan harga kepiting dipasar, bahkan jika sudah masuk ke reso satu ekor kepiting bisa berharga 100rban.

Hari ini diujung tahun 2013 kami berencana sekali lagi datang ke handil untuk menikmati kepiting, tidak hanya kepiting kabar baru yang kami dapatkan bahwasannya disana juga sedang musim durian. disana orang malam tahun baruan dengan menikmati jagung akar, kami akan menikmati kepiting rebus, kepiting lada hitam, kepiting bakar dan durian, ada yang mau ? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar