Header Ads

READING CHALLANGE 2018 BY MINI LESSONS

Sangmaya.com - Membaca adalah perintah pertama dari Tuhan yang Maha Esa untuk umatnya. Hal ini disebutkan dalam surah Al-Alaq ayat 1-5 :

Bismillahirrahmanirrahiim...
Dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Iqra' Biismirabbikal-ladzi khalaqa.
Bacalah dengan menyebut nama Tuhan-mu yang menciptakan.

Khalaqa' insaana min alaq.
DIA telah menciptakan manusia dengan segumpal darah.

Iqra' warabbukal akram (u)
Bacalah, dan Rabb-mu lah yang Paling Pemurah.

Al-ladzii 'allama bil qalam (i)
Yang mengajar (manusia) dengan pengantar kalam (wahyu)

'Allama-insaana maa lam ya' lam.
Dia mengajarkan kepada manusia, apa yang tidak diketahuinya.







     Pengertian membaca secara umum merupakan kegiatan atau proses menerapkan sejumlah ketrampilan teks. Pengertian membaca secara khusus adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. 

     Kegiatan membaca meliputi membaca dengan suara nyaring maupun membaca dalam hati. Tujuan membaca mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi memahami makna bacaan. Setiap orang membaca pasti dengan tujuannya tersendiri. Seperti saya ketika membaca suatu novel tertentu dikarenakan senang mengetahui suatu arti  kehidupan yang terdapat dalam novel tersebut. Bagi saya membaca komik untuk menyegarkan pikiran, karena komik bersifat lebih ringan dibandingkan novel. Membaca buku resep untuk menyoba suatu resep baru, membaca buku kreatifitas untuk menambah pengetahuan baru, atau membaca buku motivasi untuk mengetahui cara tertentu dalam menghadapi serta menyelesaikan masalah.

     Mini lesson Indonesia pada tahun 2018 mengadakan READING CHALLANGE dengan 2 konsep yakni :
Pertama - satu buku satu minggu sehingga dalam setahun akan ada 52 buku yang terbaca.
Kedua - satu buku satu bulan. Sehingga akan ada 12 buku yang terbaca.

Buku-buku yang dibaca tidak boleh hanya suatu buku tertentu seperti hanya novel atau hanya komik. Supaya tidak monoton Mini lesson menerapkan aturan-aturan buku yang harus dibaca adalah : 



    Buku pertama yang saya baca adalah No.9 (Buku tentang agma yang kamu anut) Doa Tak Tertolak - Saptuari Sugiharto.  Silahkan membaca reviewnya yang sudah saya publish pada awal tahun 2018. Minggu ini saya membaca buku No.8 (Buku yang bisa kamu selesaikan dalam satu hari tidak lebih dari 200 halaman) yakni buku Rei - Maman Suherman. 

     Hanya 11 orang yang mengikuti challange ini. Mungkin promo informasinya belum terlalu gencar, atau hadiahnya kurang menarik orang untuk mengikuti. Alasan pribadi saya mengikuti Reading Challange By mini lesson 2018 karena bertepatan dengan kondisi saya yang sedang hamil anak pertama. Beberapa penelitian menyatakan, kebiasaan ibu hamil yang gemar membaca akan membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin dan bisa menimbulkan ikatan batin yang semakin kuat antara ibu dan anak.

11 peserta yang mengikuti Reading Challange By Mini Lesson Indonesia antara lain :
1. Asih
2. Badariah Tanjung
3. Alicia
4. Nings lumbantoruan
5. Milka
6. Mery
7. Laurika
8. Lita Manurung
9. Sang Maya
10. Ino
11. Pitriyana

Yuk baca dan nulis buku! 
Selamat membaca :)





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.