Header Ads

Tutorial Dasar Seo Webmaster From Zero To Hero




Tutorial Dasar Seo Webmaster From Zero To Hero - Awal pertama kali punya blog tahun 2012 hanya untuk sekedar nulis suka-suka. Blog saya waktu itu tidak memiliki tujuan khusus. hanya untuk sekedar menyimpan tulisan saja pikir saya waktu itu. 

     Hingga April 2014 ketika di wawancarai media Suara Pemred akan bentuk tulisan saya, saya menunjukkan alamat blog saya yang waktu itu belum memiliki domain dan namanya masih sangmangat.blogspot.com. Jujur malu sekali melihatkan blog saya yang dominannya curhat dibandingkan tulisan yang bermanfaat. 

     Sambil bekerja di dunia jurnalistik 2014. Saya ingin menseriuskan blog saya, belajar kelas web saat itu biayanya ada yang hampir jutaan tetapi tidak saya ikuti. Saya mencoba belajar otodidak lewat google dan buku-buku soal blogging, tetapi pembelajaran saya cukup lambat, karena banyak hal yang tidak saya mengerti. Saya bersyukur dapat bertemu  dan bergabung dengan Komunitas Blogger Pontianak di tahun 2016 dimana saya mendapatkan semua pelajaran soal blog secara FREE. 

      Mulai 2016 baru membeli domain (baru tau juga caranya) dari sangmangat.blogspot.com berubah menjadi sangmaya.com  Saya berusaha untuk datang di tiap kopdar Komunitas Blogger Pontianak untuk belajar. Bahkan beberapa kali minta diajarkan secara privat apabila ada yang masih tidak saya mengerti dan memahami beberapa bahasa seputar blog seperti DA, PA, BACKLINK, sampai SEO.

DA = Domain Authority
Peringkat mesin pencari  yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi seberapa baik situs web berada pada halaman hasil mesin pencari. Skor kewenangan otoritas DA bekisar antara satu sampai 100.

PA = Page Authority
Sebuah skor yang dikembangkan oleh Moz untuk mengukur seberapa baik halaman tertentu akan di ranking hasil mesin pencari. Skor PA juga berkisar dari satu sampai 100. makin tinggi skor makin bagus halaman tersebut.

SEO = Search Engine Optimization
Mesin pencari web, atau mesin penelusur web. Program mesin yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www. http. publikasi milis atau group.

BACKLINK
Dalam terminologi SEO backlink adalah hyperlink yang menghubungkan dari halaman web, kembali ke halaman atau situs web anda sendiri.disebut juga INBOUND LINK yang termasuk hal penting dalam menentukan popularitas sebuah situs web.

Cara mengecek DA PA dan backlink kita bisa dilihat di www.checkmoz.com 



      Tutorial Dasar Seo Webmaster From Zero To Hero diadakan oleh Pontianak Creative. Pertemuan pertama pembicaranya adalah Qbenk Rafflesia (sepertinya bukan nama sebenarnya) yang merupakan salah satu anggota lama Komunitas Blogger Pontianak. Kegiatan ini 100% GRATIS tapi makan minum bayar sendiri-sendiri. Kegiatan super bermanfaat seperti ini direncanakan tiap sabtu siang di balai kopi muzakki jalan Alianyang. Pesertanya yang hadir tidak hanya dari kalangan muda, tetapi banyak juga dari kalangan emak-emak.

     Kegiatan ini saya mempelajari banyak hal salah satunya mengoptimalisasikan blog agar tidak hanya dibaca oleh manusia tetapi juga terbaca oleh mesin. Cara setting robot. txt dan tag header pada blog kami disuruh membuka cornerseo.com dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada web tersebut. Tentu beberapa dari kami tetap harus di pandu, termasuk saya. 

     Blog kami juga diminta untuk di verifikasi agar termasuk dalam google webmaster. dan kami diajarkan cara menulis artikel seo friendly bagi blogger pemula.  yang berkaitan dengan LATENT SEMANTIC INDEXING Membuat konten blog apabila bersifat personal tidak memerlukan LTI (Latent Semantic Indexing). Tetapi apabila kita menulis konten yang lebih khusus maka memerlukan LTI.

     Membuat judul blog disarankan padat dan menarik hanya berkisar 60-70 karakter. dan menggunakan URL artikel sesuai judul yang kita buat. Sebelum di publish kita ping. memberikan sinyal untuk mesin-mesin pencari agar mesin. Sungguh dengan mengetahui ilmu-ilmu ini menjadikan banyak PR yang harus saya kerjakan untuk memperbaiki blog sangmaya.com ataupun catatanmaya.com yang selama ini masih di anak tirikan.

Fotonya ngambil dari akun FB Bahrul Ilmi. Ini ibu hamil baju merah gayanya keliatan kayak lagi belajar :D

Duduk samping Vini Rafiansyah. Guru yang merangkup jadi blogger juga. Gurunya nge blog, murid-muridnya juga harus bisa :D

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.