Bersama UNTAN Membangun Negeri - Sang Maya

Sang Maya

Spoiler Review From Sang Maya

Breaking

Senin, 09 April 2018

Bersama UNTAN Membangun Negeri


Bersama UNTAN Membangun Negeri    Sebagai Universitas Negeri satu-satunya di Kalimantan Barat, Universitas Tanjungpura atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNTAN telah melakukan sumbangsih yang tinggi untuk membangun negeri. Baik dosen maupun mahasiswa memiliki inovasi kreatif yang sudah diakui internasional.
Untan merupakan Universitas Negeri yang terluas dan terbesar di Kalimantan Barat. Terletak di jalan Ahmad Yani Pontianak kampus ini memiliki beberapa program studi sarjana maupun pasca sarjana.


Bersama Untan Membangun Negeri
Universitas Negeri Tanjung Pura - Bersama Untan Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri
          Sejarah berdirinya Universitas Tanjungpura bermula pada tanggal 20 mei 1959. Awalnya kampus ini bernama Universitas Daya Nasional, sebuah perguruan pertama kalinya di Kalimantan Barat yang didirikan oleh beberapa tokoh politik. Saat itu hanya ada dua fakultas yakni Fakultas dan Fakultas Tata Niaga. Makin berkembang dan tingginya minat masyarakat Kalimantan Barat yang ingin melanjutkan ke perguruan negeri, pada tanggal 16 mei 1963 Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak atau UNP berdasarkan surat keputusan menteri tahun 1983.

      Universitas Negeri Pontianak kembali mengalami perubahan nama menjadi Universitas Dwikora, hal ini berdasarkan surat keputusan presiden RI nomor 278 tahun 1965. Dua tahun kemudian surat keputusan presiden RI nomor 171 tahun 1967 mengubah kembali nama Universitas Dwikora menjadi Universitas Tanjungpura. Hingga saat ini Universitas Tanjungpura makin berkembang untuk menjadi yang terbaik dalam membangun negeri.


Visi dan Misi Universitas Tanjungpura adalah sebagai berikut :
Visi
Pada tahun 2020 Universitas Tanjungpura menjadi institusi prevasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional maupun internasional

Misi :
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyaeakat secara bermutusehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.
  
 Terdapat sembilan fakultas yang ada di Universitas Tanjungpura yang sudah terakreditasi. Fakultas-fakultas tersebut antara lain adalah :

1. FAKULTAS HUKUM
  Fakultas hukum merupalan fakultas pertama yang ada sejak berdirinya Untan yang pertama kalinya menggunakan nama Universitas Daya Nasional. Adapun program studi Fakultas hukum Universitas Tanjungpura adalah :

a. Hukum Pidana
b. Hukum Perdata
c. Hukum Tata Negara
d. Hukum Ekonomi
e. Hukum Internasional

2. FAKULTAS EKONOMI
   Fakultas Ekonomi sama dengan Fakultas hukum, termasuk fakultas awal berdirinya untan tahun 1959 dengan nama Fakultas Tata Niaga. Program studi Fakultas Ekonomi saat ini antara lain adalah :

a. Ilmu Ekonomi
b. Manajemen
c. Akuntansi
d. Ekonomi Islam
e. Internatinal Class

3. FAKULTAS PERTANIAN
    Program studi Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura antara lain adalah :
a. Budidaya Tanaman Perkebunan (D3)
b. Agroteknologi Reguler dan PPAPK 
c. Ilmu dan Teknologi Pangan
d. Peternakan
e. Manajemen Sumberdaya Perairan
f. Ilmu Tanah


4. FAKULTAS TEKNIK
  Fakultas Teknik memiliki dua jurusan yaitu : Teknik Sipil dan Teknik Elektro dengan program studi jurusan diantaranya adalah :
a. Teknik Sipil
b. Teknik Elektro
c. Teknik Informatika
d. Teknik Lingkungan
e. Teknik Arsitektur
f. Teknik Industri
g. Teknik Kelautan
h. Teknik Kimia
i. Teknik Mesin
j. Teknik Pertambangan


    
5. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK (FISIPOL)
  Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Tanjungpura dibuka pada tanggal 14 september 1965. Fisipol merupakan fakultas kelima sejak Untan didirikan. program pendidikan yang terdapat di fakultas ini antara lain adalah :

a. Ilmu Administrasi Negara
b. Ilmu Politik
c. Ilmu Pemerintahan
d. Ilmu Komunikasi
e. Hubungan Internasional
f. Sosiologi
g. Pembangunan Sosial
h. Antropologi Sosial


6. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura dibuka pada tanggal 25 november 1964. Program studi yang terdapat pada fakultas ini antara lain adalah :

a. Pendidikan Keolahragaan
b. Ilmu Pendidikan
c. Pendidikan Bahasa dan Seni
d. Dasar Pendidikan
e.Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
f. Pendidikan Matematika dan Ipa 

7. FAKULTAS KEHUTANAN
   Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 22 Desember tahun 2000 berdasarkan keputusan menteri pendidikan RI dan memiliki program studi antara lain adalah :

a. Manajemen Hutan
b. Teknologi Hasil Hutan


8.  FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA)
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura berdiri pada tanggal 26 november 1992 dengan program studi diantaranya :

a. Biologi
b. Fisika
c. Ilmu Kelautan
d. Kimia
e. Matematika
f. Sistem Komputer
g. Sistem Informasi
h. Geofisika
i. Statistika

9. FAKULTAS KEDOKTERAN
    Fakultas kedokteran Universitas Tanjungpura terbilang baru dan paling banyak mendapat sorotan publik. Fakultas ini berdiri pada tanggal 20 desember 2009 dengan program studi antara lain adalah :

a. Pendidikan dokter
b. Farmasi
c. Keperawatan

  Saat ini Untan sudah memiliki rumah sakit umum dengan tenaga medis yang berpengalaman. Selain memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat umum, Biaya yang dikenakan Rumah Sakit Umum Untan juga lebih terjangkau.  


Rumah Sakit Umum Untan
Rumah Sakit Umum Untan



     Kolaborasi antara fakultas juga terjalin dan terfokus untuk memajukan hasil penelitian dosen maupun mahasiswa agar terus menjadi yang terdepan juga terjalin dengan baik. Adalah lima peneliti Untan dari Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA yaitu Dr.Eng. Ferry Hadary; Nelly Wahyuni, S.Si., M.Si.; Kiki Prio Utomo, ST., M.Sc.; Syaifurrahman, ST., MT; dan Sri Rezeki, S.Si., M.Sc. yang berinisiatif mendirikan INVENT. Innovation and Product Development Center (INVENT) University of Tanjungpura atau Pusat Inovasi dan Pengembangan Produk Sains dan Teknologi merupakan unit yang resmi didirikan pada tanggal 28 April 2014 melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Tanjungpura No. 2467/UN22/LT/2014. 


Bersama Untan Membangun Negeri
Tim Invent UNTAN bersama Prof. Dr. H. Bomer Pasaribu Duta Besar Denmark dan Jan Hoybe Konsultan Just Business Denmark dalam kerjasama Untan dengan Denmark untuk mengembangkan technoprenuership 2014

     Universitas Tanjungpura makin terkenal tidak hanya dengan mendapatkan berbagai penghargaan nasional tetapi juga dengan tersebarnya lulusan Untan sudah di seluruh Indonesia dengan beragam profesi untuk membangun negeri. 


Bersama Untan Membangun Negeri
Wisudawan dan Wisudawati Untan


Kontak Universitas Tanjungpura


Alamat :Jl. Jendral Ahmad Yani, Pontianak - Kalimantan Barat (78124)
Telepon: (0561) 739630
Email: untan_59@untan.ac.id
Fax: (0561) 739637









1 komentar:

  1. Semoga tetap istiqamah dalam membangun negeri dengan tetap menjadi lembaga pendidikan yang kompeten

    BalasHapus