Sakit Gigi Saat Hamil, Apa Sebabnya dan Bagaimana Mencegahnya ? - Sang Maya

Sang Maya

Spoiler Review From Sang Maya

Breaking

Sabtu, 28 April 2018

Sakit Gigi Saat Hamil, Apa Sebabnya dan Bagaimana Mencegahnya ?

Hamil merupakan hal yang membahagiakan bagi para kaum ibu, apalagi yang sudah menantikannya sejak lama. Namun, Ibu hamil juga mengalami berbagai keluhan, dari mual-mual dan muntah, sakit pinggang, kelelahan, susah buang air besar, sampai merasakan sakit gigi. 

Mengalami sakit gigi saat hamil memang sangat tidak menyenangkan, susah makan, susah tidur, dan susah berkonsentrasi untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya dikarenakan ngilu pada gigi yang juga menyerang sampai telinga dan kepala.Dan gigi yang bermasalah pada ibu hamil TIDAK BOLEH DICABUT dan TIDAK BOLEH DITAMBAL jadi sakit ggigi tersebut mau tidak mau dinikmati saja sampai persalinan.

Pemeriksaan gigi saat awal kehamilan memang untuk memastikan gigi sang ibu sehat semua dan tidak berlubang. Karena sakit gigi dan gusi saat hamil dapat mempengaruhi kondisi bayi di dalam kandungan, misalnya kelahiran bayi yang prematur, atau berat badan lahir bayi yang rendah.

Sakit gigi berlubang saat hamil
Kehamilan pertama saya mengalami sakit gigi saat usia kehamilan masuk 22 minggu, atau sekitar lima bulan. Sebelum hamil gigi saya memang berlubang sehingga saya tambal secara permanen. Saya pikir tidak akan ada masalah di kedepan harinya. Namun, ketika belum mengetahui bahayanya sakit gigi saat hamil saya sangat menyukai makan yang manis-manis seperti permen, coklat ataupun biskuit, karena permen susu atau permen asam cukup efektif bagi saya untuk mengurangi rasa mual, dan berbagai cemilan manis menyenangkan itu juga kerap menemani saya blogging, membaca, atau menonton tv. Namun suatu ketika setelah makan donut manis bertabur gula halus, semenjak itu gigi saya mulai mnegenyut sampai keluar keringat dingin.

Sakit gigi pada ibu hamil bahayakah ?
Setelah membaca-baca artikel tentang sakit gigi pada ibu hamil barulah saya mengetahui bahwa hal itu sangat berbahaya dan sangat berpengaruh pada janin, seperti ibarat pantangan-pantangan ketika hamil agar janin tetap sehat. Oleh karena itu ketika sakit gigi maka sayapun berkonsultasi tidak hanya ke bidan tetapi juga  dokter gigi, keduanya memberikan ultimatum yang sama yakni tidak boleh dicabut ataupun  ditambal, hanya boleh dilakukan pengobatan dan observasi sampai persalinan. Adapun pengobatan dari pihak medis hanya diberikan pereda nyeri seperti paracetamol, amoxcilin dan juga kalsium.
Sumber pinterest

Bahaya sakit gigi saat hamil adalah ketika dilakukan pencabutan gigi dapat terjadi pendarahan dikarenakan cairan darah ibu hamil bersifat encer. selain itu dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil sehingga beresiko mengalami keguguran. Selain itu gigi yang habis dicabut beresiko terserang bakteri sehingga bisa mempengaruhi perkembangan janin menjadi prematur ataupun lahir cacat.

Beberapa teman saya ternyata banyak juga yang mengalami sakit gigi ketika hamil. Ada yang mengalami sakit gigi saat hamil 8 bulan, ada yang sakit gigi saat hamil 7 bulan, ada juga yang mengalami sakit gigi dari awal kehamilan.

Sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi ? Pada dasarnya tidak semua sakit gigi saat hamil dikarenakan bawaan bayi, seperti kasus yang dialami oleh saya dikarenakan memiliki riwayat gigi berlubang. Adapun hal lainnya dikarenakan efek morning sicknes atau perubahan hormon, bisa juga karena sang ibu hamil kekurangan kalsium, sedangkan pembentukan janin sangat membutuhkan banyak asupan kalsium. Dan hal lainnya yang membuat sakit gigi yakni apabila memang malas membersihkan gigi atau membersihkannya kurang sempurna.

Obat sakit gigi berlubang  untuk ibu hamil selain yang diberikan oleh bidan, dokter kandungan ataupun dokter gigi, ada beberapa hal yang saya lakukan untuk mengrangi rasa sakit gigi yakni :

1. Berkumur-kumur dengan air garam agar mengurangi kadar gula yang menempel pada gigi.
2. Menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung kalsium dan floride tinggi seperti pasta gigi nu skin AP24, atau pasta gigi herbal HPAI pagi malam dan sehabis makan.
3. Berkumur-kumur dengan strong acid kangen water untuk mengurangi rasa nyeri sakit gigi dan mengurangi bakteri pada mulut.
4. Hangatkan Minyak Herba Sinergi, teteskan pada kapas lalu tempel ke tempat gigi yang berlubang. Hal ini cukup mengurangi nyeri pada gigi.
5. Konsumsi obat penyeri gigi maupun suplemen yang direkomendasikan oleh dokter kandungan maupun dokter gigi. Jangan sembarangan minum obat ketika hamil karena dapat menyebabkan gangguan pada janin. Obat-obatan bebas seperti aspirin, ponstan, ibuprofen, naproxen saat hamil harus dihindari.

Pengobatan sakit gigi saat hamil.

Lima poin ini adalah cara pengobatan sakit gigi untuk ibu hamil. Waspadai sakit gigi saat hamil dan akan lebih baik apabila para ibu hamil tidak mengalami sakit gigi. Bagaimana cara mencageh sakit gigi saat hamil ?

1. Sikat gigi minimal dua kali dalam sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Tetapi akan lebih baik lagi sikat gigi setelah makan juga buat jaga-jaga saja.
2. Batasi konsumsi makanan dan minumam manis termasuk soda.
3. Pilihlah konsumsi buah-buahan segar untuk memuaskan keinginan mengkonsumsi makanan manis.
4. Perbanyak minum air putih
5. Tingkatkan asupan kalsium dan vitamin D
6. Hindari obat kumur atau mouthwash yang mengandung alkohol. lebih baik berkumur-kumur dengan air garam atau strong acid.
7. Berhenti merokok.

Semoga artikel  yang juga berdasarkan pengalaman saya dapat memberikan manfaat untuk para ibu hamil ataupun semua wanita yang nantinya akan membina rumah tangga. Terakhir saya berikan doa ketika mengalami sakit gigi. Love you all mom :)

Sumber Pinterest










Tidak ada komentar:

Posting Komentar