10 Pantangan Makanan Ketika Hamil - Sang Maya

Sang Maya

Spoiler Review From Sang Maya

Breaking

Minggu, 06 Mei 2018

10 Pantangan Makanan Ketika Hamil

10 Pantangan Makanan ketika hamil - Hamil merupakan suatu kondisi yang sangat istimewa bagi tiap perempuan. Ibu yang sedang mengandung harus menjaga kesehatan dirinya berserta bayinya. Tentu saja kondisi ketika hamil tidak bisa disamakan dengan kondisi  sebelum hamil. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada ibu hamil seperti perubahan fisik maupun hormon yang menyebabkan ibu hamil kerap kelelahan, mual muntah, sakit pinggang sampai perubahan mood. Seperti bahasan saya sebelumnya tentang sakit gigi ketika hamil yang disebabkan gigi berlubang dan kebutuhan kalsium yang tinggi selama masa kehamilan.


Pantangan Makanan Ketika Hamil
Pantangan Makanan Saat Hamil

Terdapat berbagai  pantangan-pantangan ketika hamil. Ada pantangan ibu hamil menurut Islam. Pantangan ibu hamil adat jawa. Pantangan ibu hamil muda satu minggu. Pantangan ibu hamil agar tidak keguguran. dan berbagai pantangan versi lainnya yang bisa menyapai puluhan pantangan makanan.

Pertama kali mengetahui diri saya hamil pada saat saya terlambat datang bulan hampir satu mingguan sehingga memncoba menggunakan testpack pada umumnya. Melihat dua garis merah yang bertanda positif saya dan suami langsung mengecek ke dokter kandungan. Ternyata usia janin sudah masuk empat minggu atau satu bulan. Padahal sebelum mengetahui kondisi saya hamil saya dua kali makan buah nanas, melakukan pembetulan tulang belakang dan kerap membaca buku sambil tengkurap sampai saya curiga kenapa akhir-akhir ini perut saya suka sakit jika saya tengkurap. Setelah hamil barulah saya mempelajari apa saja yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil dan apa saja yang tidak boleh.

Banyak mitos kehamilan yang beredar luas di masyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh makan makanan A samapi Z. Jika saya diberitahu tidak boleh makan durian atau buah nenas saya pikir masih wajar karena buah tersebut kandungannya cukup keras dan beresiko apabila dikonsumsi cukup banya. Tetapi ada yang memberitahukan saya tidak boleh makan semangka dan gula merah karena dapat menyebabkan pendarahan, padahal tidak ada masalah dengan makan buah semangka. Ada juga yang memberitahu saya bahwa ibu hamil tidak boleh makan hati atau jeroan lainnya  karena takut mengganggu perkembangan otak janin.

Membicarakan tentang mitos kehamilan memang tidak akan ada habisnya. Jadi ibu hamil harus cerdas untuk membedakan mana yang mitos dan mana yang fakta. Dengan begitu ibu hamil dapat makanan yang bergizi tanpa terpengaruh mitos yang beredar di masyarakat.

BUAH PEPAYA 
Ketika periksa kandungan pertama kali ke puskesmas di dekat rumah, bidan menyarankan saya utuk tidak makan pepaya, padahal sehari sebelum ke puskesmas saya baru saja makan pepaya. Kata bidan pepaya dapat menyebabkan kontraksi. Akhirnya saya mencari kebenaranya dengan bertanya kepada beberapa orang dan membaca banyak artikel. dan pantangan makan buah pepaya ketika hamil lagi-lagi masuk ke katagori mitos. Pepaya tetap boleh di makan asala jangan berlebihan, dan harus buah pepaya yang matang juga bersih. Pepaya berbahaya bagi ibu hhamil hanya di bagian tertentu saja terutama pepaya mentah yang masih banyak getah dan berlebihan mengkonsumsinya sehingga bisa menyebabkan keguguran.

BUAH DURIAN
Menurut dokter spesialis kandungan, buah durian masih boleh dimakan asal tidak lebih dari tiga biji dan kondisi perut sudah terisi karbohidrat lainnya. Agar perut tidak panas.Jadi jika ibu hamil ingin makan buah durian boleh saja asal jangan tidak boleh lebih dari tiga biji loh ya, bukan tiga buah utuh

Pantangan Makanan Ketika Hamil
Sop Durian - Ini manis banget, selama hamil cuma sekali aja makan ini.

KEDELAI
Ini mitos. yang tidak boleh kedelai mentah..



1. DAGING MENTAH
Budaya kebanyakan orang Indonesia umumnya memakan daging sudah dimasak matang, tetapi beberapa kebiasaan di tempat lain memakan daging mentah. dan ini tidak baik bagi ibu hamil, dikarenakan bakteri yang terdapat pada daging mentah belum mati semua.

2. ALKOHOL
Kandungan alkohol sudah sangat jelas berbahaya bagi janin

3. CAFFEIN
sebenarnya masih boleh, hanya sedikit saja, seperti minum teh manis, tidak boleh berlebihan dan tidak boleh terlalu kental. Selama  hamil ini saya terkadang masih minum teh, tetapi sengaja menghindari kopi

4. MAKANAN INSTAN DAN KALENGAN
Makanan instan kerap mengandung pengawet makanan, alangkah baiknya selama hamil makan dari makanan sehat yang kita olah sendiri. Saya pribadi sebenarnya sangat menyukai daging kornet, namun selama hamil saya hindari membeli daging kornet kalengan, jadi jika ingin makan daging cincang dengan membuatnya sendiri, begitu juga dengan sarden.

5. MSG/ PENYEDAP MASAKAN
Penyeddap masakan teradang lumrah kita gunakan dalam masakan sehari-hari. tetapi kandungan MSG tidak baik untuk perkembangan janin, jadi selama hamil baiknya dihindari

6. KERANG
Kandungan kerang terkadang ada terdapat racun, tapi ada juga yang tidak, hanya untuk berjaga-jaga baiknya dihindari dulu selama masa kehamilan.

7. TELUR MENTAH
Baiknya selama hamil, mau daging, sayuran atau lalapan, telur atau apapun bahan makanan yang mentah -mentah dihindari, lebih baik dimasak terlebih dahulu agar bakteri yang terdapat pada makanan mentah mati dan tidak mengganggu janin.

8. GULA BERLEBIH
Hal yang berlebihan memang tidak baik. kelebihan gula dapat menyebabkan obesitas pada diri maupun pada janin sehingga beresiko untuk jantung.

9. KEJU
Keju bisa menyebabkan keracunan listeria. Listeria memberikan ibu hamil mudah terserang sakit flu, kelebihan berat badan, keguguran dan persalinan dengan resiko tinggi.

10. MINUMAN BERSODA
Minuman bersoda pada umumnya mengandung kafein, kalori tinggi, pengawet, dan gula yang berlebihan

Jadi semasa kehamilan baiknya kita memang lebih berhati-hati dan lebih cerdas dalam mengkonsumsi makanan agar janin dapat tumbuh kembang dengan baik dan persalinan juga lancar. 

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Iya, Kak. Bener banget. Banyak yang mitos. Aku kemaren ikut seminar fertilitas tentang kehamilan banyak juga dibahas. Aku udah tulis juga di artikel ini : http://tanteseo.com/2018/05/07/wujudkan-buah-hati-dengan-sharing-infertility-dan-bayi-tabung-di-morula-ivf-pontianak/

    BalasHapus