Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak - Sang Maya

Sang Maya

Full Time Mommy yang doyan baca, nulis dan jalan-jalan

Breaking

Thursday, August 2, 2018

Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak

Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak - Siapapun pasti menyukai es cream, dari yang muda hingga tua. Bagi saya makan es cream dapat membantu mengubah mood yang sedang bosan menjadi lebih semangat. Masalah adalah bagaimana mengkonsumsi es cream yang sehat dan tidak membuat tubuh mudah gemuk karena kandungan lemak atau cream susuyang terdapat pada es cream. Belum lagi pemanis buatan yang malah membuat cepat haus atau terasa pahit di mulut. 

      Oleh karena itu baiknya para bunda bisa membuat es cream buatan sendiri di rumah yang bisa lebih sehat dan hemat biaya, bahkan bisa juga jadi es cream homemade untuk jualan.

Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak
Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak
         Es cream adalah makanan beku yang terbuat dari produk susu seperti krim dan digabungkan dengan perasa juga pemanis. campuran ini didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi  suhunya untuk mencegah pembentukan kristal es besar. 

    Kebanyakan es cream yang bermutu baik harganya biasa lebih mahal dibanding es cream-es cream yang dijual keliling atau mini market. Es cream mini market yang sudah pernah saya konsumsi dan bahkan lumayan terkenal brandingnya bagi saya malah seperti makan mentega susu karena sangat berlemak. 

      Awalnya saya tidak mengetahui cara membuat es cream, sehingga biasanya cukup membuat sirup, susu atau jus buah yang dibekukan di freezer. Kemudian terinpirasi dari teman yang jualan es cream dengan aneka varian rasa buatan rumahnya sendiri akhirnya saya mencoba searching cara membuat es cream. 

Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak
Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak 

     Membuat es cream pertama kali Mei 2016, saya sempat bertanya pada teman yang usahanya membuat es cream, tapi sayangnya dia tidak mau membagi resepnya, katanya resep es cream yang pas dan tekniknya membuatnya dia dapatkan dengan menempuh beberapa kali kegagalan sampai akhirnya berhasil. Jadi sayapun menghargai keputusaanya, apalagi es creamnya merupakan salah satu sumber usaha juga. Jadi pembelajaran bagi saya juga untuk tidak meminta resep kepada ukm atau seseorang yang usahanya makanan atau minuman.

    Akhirnya saya melakukan pencarian di google dan youtube. Muncullah 3000an lebih resep es cream homemade enak dan sederhana di google dan ratusan video membuat es cream dari yang berbahan mahal sampai sederhana.

    Karena resep dari google biasanya banyak yang ngawur atau ada yang sengaja disembunyikan saya lebih memilih mendapatkan resep dari komunitas masak-masak di Facebook. Salah satunya Group Langsung Enak. Biasanya resep yang di bagikan di group adalah resep yang sudah di uji coba, dan apabila bohong pasti ketahuan dan bisa jadi di bully anggota lainnya. 

       Berikut es cream homemade yang saya pilih dan berhasil saya buat setelah dua kali gagal, kenapa gagal karena teknik membuatnya harus sesuai SOP (standar Operasional Prosedur). Gagal pertama saya memasaknya menggunakan api besar besar dan tidak sering diaduk sehingga bagian bawah adonan es cream jadi gosong. Gagal yang kedua saya menggunakan blender bukannya mixer, dikira kalau pakai blender jadi lebih cepat dan halus gitu, ternyata malah jadi milkshake dan es creampun gak bisa lembut sekalipun sudah di freezer, cuma bisa dijadikan es lilin..

      Resep yang saya share ini cocok juga menjadi resep es cream homemade untuk jualan. Keuntungannya lumayan loh. Harga es cream yang saya jual per cup Rp. 2.500 - Rp 3.000 tergantung varian rasa. Rasa vanila, coklat, strawbery atau yang hanya menggunakan pasta perasa cukup Rp 2.500. Yang harga Rp 3.000 untuk yang rasa oreo, choco chip, green tea dan buah asli. 

     Resep es cream homemade langsung enak lainnya yang tanpa SP, atau yang pakai gula pasir, atau banyak menggunakan maizena saat ini belum saya coba. Rada penasaran juga hasilnya seperti apa, tapi tekniknyapun pasti berbeda dengan es cream homemade yang sudah berhasil saya buat.

Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak
Resep Es Cream Homemade Lembut dan Enak 


BAHAN A :
- 1 butir telur

- 3 SDM Maizena

- 300cc  air

- sedikit garam (saya seujung sdm saja, fungsinya agar es cream tidak mudah mencair. Jangan kebanyakan nanti malah asin)

- vanili secukupnya (sama seujung sdm, kalau mau agak banyakkan dikit gpp, cuma untuk mewangikan es cream, atau menghilangkan bau telurya).

BAHAN B :
- 300gr SKM vanila

- 1 SDM SP

- 300 cc air

- Perasa dan toping sesuai selera

Cara Membuat :
  • Aduk rata BAHAN A lalu masak dengan api kecil sambil diaduk perlahan agar tidak menggumpal atau gosong di bagian dasar panci. Masak sampai mengental dan meletup-letup. Dinginkan.
  • Mixer semua BAHAN B selama 5 menit. Lalu masukkan adonan bahan A yang sudah dingin dan mixer kembali selama 30 menit.
  • Masukkan ke Freezer selama 2-3 jam, lalu mixer sekali lagi selama 10-15 menit. dan masukkan ke freezer lagi sampai membeku.
Jadinya sekitar 20 cup kecil.

Selamat Mencoba ya Bunda-Bunda Cantik :D









No comments:

Post a Comment