Indahnya Wisata Budaya Kampung Berseri Astra Semarang - Sang Maya

Sang Maya

Full Time Mommy yang doyan baca, nulis dan jalan-jalan

Breaking

Sunday, November 25, 2018

Indahnya Wisata Budaya Kampung Berseri Astra Semarang

Indahnya Wisata Budaya Kampung Berseri Astra Semarang - Desa Tanon atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan 'Desa Menari' terletak di kaki lereng gunung Telomoyo ketinggian 1.100 KM dari permukaan air laut, dan berjarak 59 KM dari kota Semarang. 

Walaupun siang hari, udara di desa Tanon tetap terasa segar dan sejuk. Hal ini dikarenakan  lingkungan desa Tanon masih begitu asri dan dekat dengan air terjun Kali Pancur gunung Telomoyo. Selain wisata air terjun Telomoyo, desa Menari menjadi makin terkenal di seluruh Indonesia setelah Astra memunculkan iklan televisi  Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera.

Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera




   Kampung Berseri Astra atau yang disingkat KBA adalah program corporate program responsibility (CSR) Astra yang diberikan kepada masyarakat. Dengan konsep mengembangkan empat pilar program CSR, yaitu : pendidikan, kewirausahaan, lingkungan dan kesehatan.
Mewujudkan empat pilar program CSR Astra dibutuhkan perencanaan yang matang agar dapat berjalan dengan baik. PT ASTRA Internasional dalam menentukan Kampung Berseri Astra terdapat beberapa tahapan, antara lain :

1.   Koordinasi perusahaan group Astra
2.   Pembetukan tim Kampung Berseri Astra
3.   Koordinasi dengan pemerintah daerah
4.   Social mapping
5.   Penentuan lokasi KBA
6.   Penyusunan rencana program
7.   Penyusunan bersama dan kick-off program KBA


Pilar Lingkungan

Wisata budaya tradisional desa Menari diinisiasi dan dikembangkan oleh Trisno. Desa Menari dikonsep sebagai desa wisata budaya tradisional. Memiliki misi menebar harmoni, merajut inspirasi, menuai memori, wisata nostalgia, budaya dan pembelajaran.

Astra memberikan apresiasi kepada Trisno pada Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia (Satu Indonesia) awards 2015 senilai Rp 55 juta. Kini desa tempat tinggal Trisno memiliki gedung serbaguna untuk berbagai pertemuan dan pelatihan.

Saat ini Desa Menari menjadi salah satu destinasi pariwisata baik bagi turis domestik maupun mancanegara. Berbagai paket kunjungan wisata disediakan, mulai dari pagelaran seni, outbond ndeso, hingga dolanan tradisional. Astra juga memberikan paket outbond modern, seperti permainan flying fox, untuk melengkapi wisata pendidikan di desa Tanon. Terdapat juga zona tanaman untuk edukasi wisata ramah lingkungan.

Indahnya Wisata Budaya Kampung Berseri Astra Semarang-budaya tradisional, desa wisata, desa sejahtera, Indonesia Maju, kampung berseri astra, semangat membangun negeri, topeng ayu, wisata budaya,
Gapura Kampung Berseri Astra Desa Menari Menuju Desa Sejahtera

Pilar Pendidikan

Selain sosialisasi safety riding. Astra memberikan pendampingan dan pelatihan bahasa Inggris bagi warga desa Tanon, donasi buku bacaan untuk perpustakaan desa, perlengkapan alat tulis, lemari, papan tulis, serta perlengkapan lainnya. 

Astra juga memberikan beasiswa kepada 35 anak-anak desa Tanon dari jenjang Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi senilai Rp 24 juta.

Pilar Kewirausahaan

Peternak sapi perah desa Tanon diberikan pembinaan agar dapat menghasilkan nilai tambah bagi hasil ternaknya. Seperti pembuatan sabun susu yang dibuat oleh umkm penduduk desa Tanon.


Indahnya Wisata Budaya Kampung Berseri Astra Semarang - sabun susu kamila - wirausaha semarang
Produk Kelompok Wirausaha desa Tanon - Sabun Susu Kamila



Pilar Kesehatan

Warga desa Tanon diberikan pelatihan senam jantung rutin untuk dewasa dan lanjut usia. Penyuluhan kesehatan serta pelatihan bagi kader-kader posyandu bersama ibu-ibu yang memili balita tentang variasi pengolahan makanan berbahan dasar sayuran. Mereka juga diberikan sosialisasi tanaman obat-obatan.


Indahnya Wisata Budaya Kampung Berseri Astra Semarangbudaya tradisional, desa wisata, desa sejahtera, Indonesia Maju, kampung berseri astra, semangat membangun negeri, topeng ayu, wisata budaya, -
Plang Denah Kampung Berseri Astra Desa Menari

    Program Kampung Berseri Astra tidak hanya satu periode saja, akan tetapi berkelanjutan sampai lima tahun dan selalu di evaluasi tiap tahunnya. Hal ini dimaksudkan agar  pondasi pembangunan kuat dan manfaatnya dapat diterima oleh masyarakat banyak.

   Demi memajukan Indonesia, semangat Astra dimulai dengan membangun desa-desa agar menjadi lebih sejahtera. Astra berprinsip dimanapun Astra berada harus memberikan manfaat pada lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

1 comment:

  1. Keren deh desa menari ini..pernah sekali ke sana bareng rombongan sekolah bocah

    ReplyDelete