5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik. - Sang Maya

Sang Maya

A Motherhood, Beauty & Lifestyle Blogger

Breaking

Friday, January 25, 2019

5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik.

5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik - Akhir tahun biasanya menjadi bahan evaluasi akan daftar keinginan apa saja yang sudah terlaksana. Beberapa memang ada yang terwujud, dan beberapa lainnya masih harus diperjuangkan lagi di tahun berikutnya. Seperti keinginan kategori materi yakni memiliki rumah pribadi, harus dimasukan lagi ke resolusi tahun baru 2019 karena belum terwujud di tahun sebelumnya.

Tahun baru 2019, berarti saya sudah berusia 33 tahun. Alhamdulillah saya bersyukur wajah saya masih seperti umur 23 tahun (menurut saya). Usia 33 ini menurut standar kementrian pemuda dan olahraga bisa dibilang tidak muda lagi. Namun masih tergolong usia produktif.  Jadi masih bisa terus berkarya!

Saya sudah berkeluarga dan memiliki satu anak, sehingga tujuan utama saya tidak untuk pribadi, tetapi untuk keluarga yang saya cintai. Saat ini saya menikmati peran sebagai seorang ibu yang bekerja di rumah. Sehingga saya lebih fokus untuk kebahagian keluarga terutama anak. Menjalani hidup sampai seusia ini saya rasa tidak perlu menulis banyak resolusi, karena beberapa sudah terwujud, dan cukup menambah resolusi yang penting-penting saja. Bagaimanapun hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.    

5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik.
Naik balon udara salah satu contoh resolusi yang sudah terwujud.

5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik


1. Konsisten Melakukan Ibadah Shalat Malam Setiap Hari.
Dulu shalat malam atau shalat tahajud sudah menjadi kebiasaan saya, maklum jebolan pesantren. Tetapi setelah menikah kebiasaan baik ini sayangnya lama-lama semakin hilang, tetap terbiasa bangun malam karena sudah menjadi keebiasan tubuh. Hanya saja bangun doang, gak shalat.
Padahal shalat malam sangat bagus untuk menguatkan jiwa dan pikiran, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Beberapa diantara manfaat melaksanakan shalat malam secara rutin diantaranya adalah: Penghapus dosa, pembuka rezeki, dikabulkannya do'a-do'a, dan dicintai Allah 

5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik. Ayo Tahajud
Ayo tahajud! 2019 ibadah shalat malam harus lebih baik.

2. Mencatat Minimal Satu Hal Baik yang Terjadi Setiap Hari.
Saya memutuskan untuk lebih banyak bersyukur. Karena rasa syukur merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Tuhan yang Maha Esa. Rasa syukur juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh menjadi baik, dan membuat diri mampu berinteraksi sosial dengan baik pula. 
Tahun ini rasa syukur itu haruslah saya catat, agar tidak mudah lupa. Saya bersyukur mendapatkan kawan baru. Saya bersyukur dapat bergabung dengan komunitas baru. Saya bersyukur keluarga sehat semua. Saya bersyukur akan makanan yang ada. Saya bersyukur berada di lingkungan yang baik. Saya bersyukur jantung saya masih berdetak dengan sempurna.
Syukur itu sifat mulia
Hindar dari tamak haloba

Rasa cukup apa yang ada
Hati tenang hidup sejahtera
Marilah amalkan rasa bersyukur
Hidup bahagia aman dan makmur
Syukur

(Lirik lagu syukur by Raihan)

3. Banyak Uang, Punya Tabungan, Sehingga Makin Mudah Bersedekah.
Resolusi yang satu ini pastinya menjadi resolusi setiap orang. Siapa coba yang tidak ingin punya banyak uang dan tabungan? Uang memang bukan segala-galanya, tetapi kebanyakan sesuatu menggunakan uang. 

Saya ingin tahun ini memiliki rumah, tentunya butuh uang. Saya ingin mudik ke kampung halaman, tentunya pakai uang buat beli tiket dan oleh-oleh. Saya ingin laptop Asus Zenbook dan handphone Asus Zenfone Max Pro baru. Lagi-lagi harus dibeli dengan uang. Kecuali jika ada menang lomba yang hadiahnya laptop atau handphone yang saya inginkan. Tentunya masih ada beberapa keinginan saya yang rata-rata membutuhkan uang. Oleh karena itu resolusi tahun ini saya ingin punya banyak uang. Detail nominalnya tidak saya cantumkan di sini. Tapi sudah saya tulis di catatan pribadi saya.

Punya uang haruslah pandai-pandai mengaturnya biar tidak boros. Selaku manajemen dan akuntan keuangan keluarga, saya membagi pemasukan menjadi tujuh hal yakni: 
- Harian atau pangan. 
- Sandang atau pakaian.
- Rumah
- Amal. 
- Pendidikan
- Kesehatan
- Liburan atau jalan-jalan

Ketujuh hal ini semuanya penting dan memerlukan uang. Akan lebih baik setiap uang yang diperoleh dan dikeluarkan memiliki catatanya tersendiri. Agar jelas uang kita dipakai untuk apa saja.

5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik. Banyak Uang, Punya Tabungan, dan Mudah Bersedekah.
Banyak Uang, Punya Tabungan, Sehingga Makin Mudah Bersedekah. (Sumber Foto: Google)
Punya banyak uang juga tidak baik dihambur-hamburkan. Alangkah baiknya sebagian pemasukan haruslah disedekahkan dan ditabung. Memiliki tabungan dan investasi itu sangatlah penting untuk jangka panjang. Sedangkan bersedekah juga termasuk tabungan atau investasi akhirat. Hidup di dunia ini sementara, yang kekal itu di akhirat. Punya banyak uang di dunia tapi di akhirat masuk neraka sama saja rugi besar.


4. Mempelajari Skill Baru
Setelah lumayan aktif menjadi blogger selama delapan tahun lamanya. Resolusi 2019 saya ingin berkembang juga menjadi youtuber. Bagi saya ini tidak hanya ilmu baru. Tetapi tantangan juga untuk saya dalam meningkatkan kepercayaan diri yang awalnya hanya berani lewat tulisan, bukan visual. Menjadi youtuber berarti saya harus lebih percaya diri untuk tampil dengan kecadelan saya yang lucu di hadapan kamera. Belajar bagaimana membuat konten video yang menarik. Belajar bagaimana cara mengambil video yang benar, dan mengedit video.  

Tidak hanya menjadi youtuber. Januari 2019 saya mengikuti kelas online terapi otak. hal ini sangatlah bagus untuk meningkatkan kinerja otak, mencegah kepikunan, mengatasi mata minus, menghilangkan trauma, dan memperoleh energi positif.

Saya memiliki keinginan untuk belajar dan tambah ilmu tentang dunia pemograman website di DUMET School. Semoga bisa terlaksana di tahun ini. Senangnya Januari 2019 saya juga berkesempatan mengikuti kelas online Coding Mum dari Be Kraf. Serta kelas offline maupun online Sandec. Keduanya merupakan ilmu baru bagi saya untuk membuat dan mengembangkan aplikasi digital. 

5. Menulis Naskah Film Layar Lebar.
Sebagai seorang yang gemar menulis sejak kecil. Saya juga memiliki keinginan menulis naskah film layar lebar. Bukan hanya membuat tulisan konten video youtube. Keinginan ini sudah sangat lama, mulai dari mengenal apa itu naskah film, dan belajar bagaimana membuatnya. Tahun ini saya ingin membuat satu naskah film layar lebar. Syukur-syukur bisa ikutan main filmnya juga biar lebih hits!

Inilah 5 resolusi tahun 2019 saya yang harus diwujudkan demi hidup lebih baik. Ceritakan juga yuk resolusimu di tahun 2019 pada kolom komentar.

Baca Juga: 7 Target Blogging 2019


Salam Bahagia.

No comments:

Post a Comment