Brownies Kukus Ala Dapur Bunda Maya - Sang Maya

Sang Maya

Full Time Mommy yang doyan baca, nulis dan jalan-jalan

Breaking

Wednesday, January 2, 2019

Brownies Kukus Ala Dapur Bunda Maya

Brownies Kukus Ala Dapur Bunda Maya - Brownies merupakan salah satu cake favorit saya. Baik itu brownies dikukus, dipanggang, dikeringkan, sampai dibekukan menjadi es batang. Bagi saya brownies juga paling enak dimakan sambil minum susu putih yang hangat, atau menjadi toping es krim. 
Membuat brownies terbilang mudah dan cepat, saya suka membuatnya untuk menjadi kudapan dan juga melayani beberapa pesanan orang. Brownies original adalah brownies yang berwarna coklat, namun sekarang ada brownies keju, pandan, strawberry, ddan varian rasa lainnya.

Selain brownies original, saya juga menyukai brownies keju dan pandan yang memiliki wangi khas. Katanya brownies ini berawal dari resep kue coklat yang gagal, namun malah banyak disukai banyak orang dan menjadi hits. Benar saja, ketika saya membuat brownies sekalipun gagal namun masih tetap enak dimakan, sekalipun ketinggalan satu bahan (150ml minyak goreng).

Brownies kukus biasanya saya menggunakan minyak goreng saja. Berbeda dengan brownies panggang saya menggunakan mentega cair agar harum coklatnya lebih naik.

Brownies Kukus Ala Dapur Bunda Maya

Brownies Kukus Ala Dapur Bunda Maya



Bagi yang mau mencoba membuat brownies kukus berikut saya bagikan resepnya: 

- 200 gr tepung gula
- 100gr tepung terigu
- 4 butir telur
- Vanili secukupnya
- 150ml Baking powder 15gr
- Minyak goreng 
- Pasta pandan secukupnya
- Bubuk coklat 100gr. Tapi lebih oke pakai coklat batang yang dilelehkan, warnanya lebih hitam dan rasanya lebih maknyus, kalau saya pribadi mencampur coklat bubuk dengan coklat batangan.


Cara membuat: 
1. Kocok/mixer telur dan tepung gula sampai mengembang kental dan berwarna putih.

2. Beri baking powder dan vanili.

3. Campurkan tepung terigu sedikit demi sedikit.

4. Kasi minyak goreng.

5. Bagi adonan menjadi dua buah. Yang satunya kasi coklat, satunya lagi kasi pasta pandan.

6. Siapkan dandang kukusan.

7. Cetakan kuenya oles mentega dan taburi tepung.

8. Masukan adonan coklat terlebih dahulu kecetakan, kukus sampai 10 menit. Setelah agak mengembang beri meses atau coklat batang yang sudah dicacah, kemudian masukan adonan yang diberi pandan. Kukus kembali sampai 15 menit.Jadi deh.

Selamat mencoba.

5 comments:

  1. Kelihatannya enak banget, harus dicoba nih, nanti minta si Dia buat masakin aah, thank you artikelnya buat jadi bahan referensi kue

    ReplyDelete
  2. Browniiiis , hehehe.... aku suka banget dg brownies. Dan aku pernah makan brownies buatan pemilik web ini. Nyummy pokok nya ... dijamin ketagihan....

    ReplyDelete
  3. Sepertinya empuk dan enak banget mba kuenya. Yummy

    ReplyDelete
  4. Wah aku jg suka lho brownies. Apa lagi yg kukus. Kalau dikukus hasilnya jadi lebih lembut ya. Pasti enak nih dipadu dengan rasa pandan. Terimakasih ya sudah berbagi resep andalan di rumah

    ReplyDelete
  5. Huwaaa pengen. Bagi dong Mba May, aku juga pengen bisa bikin kue juga hehehe biar bisa dijual lagi kan asik buat bisnis hahaha

    ReplyDelete