Inspirasi Resolusi Bisnis 2019 dan 7 Jurus Gratis Jualan Laris di Era Digital - Sang Maya

Sang Maya

A Motherhood, Beauty & Lifestyle Blogger

Breaking

Monday, February 11, 2019

Inspirasi Resolusi Bisnis 2019 dan 7 Jurus Gratis Jualan Laris di Era Digital

Ralali.com adalah online business to business (B2B) marketplace yang memberikan kemudahan proses transaksi jual beli melalui teknologi digital. Fitur yang terdapat pada ralali.com sangat membantu penjual maupun pembeli melakukan transaksi bisnis lebih mudah, aman, dan transparan. Ralali menghubungkan pembeli baik korporat, umkm, toko kelontong, pedagang kaki lima, atau siapapun untuk menemukan ribuan produk kebutuhan bisnis dari ratusan suplier ternama dan terpercaya.

2019 masih belum punya usaha? Ralali bisa loh membuat siapapun mempunyai usaha hanya dengan bermodal kuota internet. Jadi Ra Lali yo...

Bagi yang bisnisnya belum sukses di tahun lalu atau ingin membuka bisnis di tahun 2019. Ralali  dapat membantumu mendapatkan berbagai produk dengan harga grosir. Ingin membuka toko online juga gampang banget di Ralali. Cukup klik fitur buka toko di akun Ralali mu, kamu sudah punya toko online. Tinggal upload gambar produk yang bagus, deskripsi produk yang menarik,  cantumkan harganya, dan jangan lupa berdoa sebelum jualan serta bersedekah. Gitu....

Inspirasi Resolusi Bisnis 2019 dan 7 Jurus Gratis Jualan Laris di Era Digital
Om Bill Gates yang sukses dengan usaha microsoftnya
Buka usaha untuk apa?

Kalau punya usaha niat awalnya hanya untuk mengejar maeri atau dapatin uang banyak ya sah-sah saja. Tapi capeknya bisa luar biasa. Apalagi kalau omzetnya turun dan bisa buat galau berhari-hari. Belum yang buka usaha pakai ngutang. Keuntungan usaha habis buat bayar utang saja. Padahal Tuhan lah yang mengatur lalu lintas rezeki. Jangan takut apalagi malu untuk buka usaha. Tidak ada yang tidak mungkin atas kehendak Tuhan. Tugas kita hanya berusaha, berdoa, dan bersedekah. Soal hasil, Tuhan yang akan menentukan.

Jadi luruskan niat terlebih dahulu ketika mau membuka usaha. Kalau niatnya sesuatu yang baik, pasti hasilnya baik. Sesuatu yang buruk, hasilnya juga akan berakhir buruk. Buka usaha bisnis bukan hanya tentang harta, tapi cita-cita menjadi ladang rejeki untuk banyak orang. Biar bisa banyak sedekah tanpa perhitungan. Seperti ralali.com buka online B2B marketplace yang jadi provokator orang untuk membuka usaha online dan menjadi sumber rezeki banyak orang. Kerennya lagi Ralali berbagi hadiah dua puluh juta Rupiah dengan mengadakan kompetisi blog ralali. Asik to...

Kenapa harus menyusun resolusi bisnis?

Luruskan niat sudah tinggal, action! Action awal yang perlu diperhatikan dalam membangun usaha adalah menyusun resolusi bisnis. Jika selama ini kamu menganut paham hidup mengalir apa adanya, sampai rela hanyut terombang-ambing kemana saja. Coba evaluasi kembali bagaimana efektivitasnya dalam pencapaian keinginan.

Tanpa daftar target yang tertulis dengan jelas tentu akan kesulitan mengingat mana target yang sudah dan belum tercapai. Padahal yang namanya bisnis itu haruslah diatur, biar tidak ngelantur!

Resolusi tahunan bisa menjadi pengingat diri sendiri untuk kembali fokus meraih apa yang telah direncanakan di awal tahun. Kita tidak akan tahu apa saja yang bakal membuat sibuk dalam setahun sehingga mungkin saja kita jadi mengabaikan target-target yang telah kita buat. Buat resolusi itu penting! bagian dari usaha perencanaan bisnis. Ralali yo...

Seperti saya ibu rumah tangga sosioprenuer, yang menjadi reseller buku berkualitas dan mainan edukasi untuk anak-anak sejak tahun lalu. Saya juga menyusun sederet resolusi bisnis 2019 yang berkaca dari apa yang telah saya lakukan dan dapatkan di tahun lalu.

Hal yang saya lakukan adalah berjualan online dengan menulis blog, ikut marketplace, koar-koar di sosial media dan aplikasi chat. Sekalipun saya tinggal di desa pelosok, asalkan punya kuota internet saya bisa berjualan ke seluruh Indonesia. Era digital sangat memudahkan dalam mewujudkan dan membangun usaha. Penasaran dengan resolusi bisnis 2019 yang saya buat? Dibaca sampai tuntas ya...

5 Resolusi Bisnis 2019

Resolusi pertama harus bisa menjual minimal tiga paket buku dalam sebulan di tahun 2019. Sekalipun saya penulis buku, saya juga menjadi reseller sebuah perusahaan yang menjual buku berkualitas dan mainan pendidikan untuk anak. 

Jadi reseller itu enak banget, tidak capek produksi, cukup modal kejujuran dan jualin produknya perusahaan saja via online. Pengiriman barangnyapun perusahaannya sendiri yang mengirim. Jadi kita tidak capek-capek ngirim via kurir. Akhir tahun bagi reseller yang banyak jualin produk perusahaan, biasanya dapat bonus tahunan juga.

Resolusi kedua yakni membuka rumah baca di desa tempat saya tinggal. Selaku sosiopreneur saya berusaha meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia terutama masyarakat di sekitar tempat saya tinggal. Saya berkampanye agar 2019 seluruh anak Indonesia suka baca buku, dan setiap keluarga memiliki home library.

Resolusi ketiga perbanyak teman. Menjalin interaksi sosial itu penting. Karena kita merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan. Apalagi yang suka jualan harus pintar bersosialisasi dengan siapapun. Ikuti komunitas-komunitas wirausaha, ada kopdar hadir. Dari situlah terjalin silahturahmi, peluang bisnis terbuak, banyak kawan banyak rejeki.

Resolusi keempat mau belajar. Ilmu dan teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Saya berterimakasih kepada ilmuwan dan pelopor-pelopor teknologi digital yang memudahkan setiap orang untuk  berjualan menembus batasan geografis, meringkas modal, menghemat waktu, dan mendapatkan informasi secara cepat dan tepat.

Resolusi kelima disiplin. Bisnis itu harus disiplin. Disiplin memberikan postingan, disiplin memberikan layanan secara cepat agar tidak mengecewakan pelanggan. Disiplin dalam mengupgrade ilmu.

Begitulah 5 resolusi bisnis 2019 yang saya buat. Bagaimana dengan resolusi bisnismu? Bagi yang ingin tahu 7 jurus gratis jualan laris di era digital. Tetap baca sampai habis, oke!


Inspirasi Resolusi Bisnis 2019 dan 7 Jurus Gratis Jualan Laris di Era Digital Bisnis itu gampang
Penulis buku yang juga jualan buku

7 Jurus Gratis Jualan Laris di Era Digital 

1. Mulai saat ini juga
Resolusi bisnis itu cuma omong kosong kalau eksekusinya gak keren. Jangan harap target dan impian kita akan tercapai kalau hanya di angan-angan saja dan suka menunda-nunda. Agar lebih fokus mencapai target-target pribadi, membuat resolusi tahunan harus dilakukan mulai saat ini dan tertulis dengan baik. Misalnya, di tahun 2019 ingin mempunyai toko online, menulis blog, kerja di tempat yang lebih baik dimanapun dan kapanpun tanpa meninggalkan keluarga, liburan kapan saja, atau membuka usaha baru.

Ketika kita menuliskan rencana satu tahun ke depan, daftar target itu akan mengarahkan untuk lebih fokus dan termotivasi untuk mencapainya. Fokus usaha dan hal-hal yang baik saja. Berusaha keras jangan sampai mendzolimi orang lain, jangan mengecewakan siapapun, dan harus rela minta maaf duluan apabila melakukan kesalahan. Jangan banyak alasan, mulai saat ini juga untuk jualan.

2. Pilih nama akun atau brand bisnis yang mudah dieja dan mudah diingat.
Pemilihan nama akun adalah hall yang paling utama ketika memulai serius berbisnis online. Jika sudah memiliki brand bisnis, bisa menggunakan nama brand. Boleh juga menggunakan nama yang berhubungan langsung dengan produk. Jangan menggunakan nama alay dan banyak angka, karena 5U54H D1eJ4.

3. Posting sebanyak mungkin dengan foto terbaik.
Buatlah sebanyak mungkin postingan pada akun bisnis kita agar orang yakin bahwa akun kita aktif dalam melakukan update postingan produk. Siapkan juga foto terbaik yang kita miliki. Kebanyakan penjual masih memberikan foto produk asal-asalan. Seperti memfoto produk makanan di lantai keramik yang pecah pasti membuat calon pembeli illfell.

4. Mainkan sosial media dan status aplikasi chat.
Tidak semua orang rajin membuka online shop. Akan tetapi kebanyakan orang lebih sering kepo menscroll status sosial media dan aplikasi chat. Sehingga kita harus rajin-rajin pula promo ataupun covert selling di sosial media dan status aplikasi chat.

5. Unggah konten edukasi, testimoni, dan kegiatan offline bisnis.
Agar tidak monoton dan membuat konsumen jenuh. Postingan kita di sosial media haruslah disellingi konten edukasi yang masih sesuai dengan produk yang kita jual. Untuk meyakinkan calon konsumen, unggah juga testimoni pelanggan, tapi jangan bikin testimoni palsu, dosa!

6. Jalin interaksi.
Tidak hanya postang posting, kita juga perlu menjalin kedekatan dengan konsumen dengan memperbanyak interaksi dengan mereka. Berikan komentar kita di postingan mereka, balas dengan cepat komen mereka. Dan sesekali buat event "give away" atau kompetisi seperti yang di lakukan ralali.com

7.Lakukan dengan konsisten
Tiap hari posting, tiap hari jalin interaksi, dan upgrade ilmu. Karena dari waktu ke waktu sosial media selalu berkembang. Bersahabatlah dengan teknologi baru untuk mendongkrak bisnismu

Itulah 7 jurus yang dapat diaplikasikan untuk mengembangkan bisnis di era digital. Masih banyak jurus-jurus lainnya yang bertaburan di internet, tinggal kita pilih mana yang nyaman dan cocok untuk kita praktekkan.

Kesuksesan adalah sebuah perjalanan. Bukan hasil akhir. Selama kita tidak berhenti belajar, beradaptasi dan berusaha dengan sebaik mungkin, maka kita akan mencapai semua target yang kita inginkan. Ra Lali...Berusaha, Berdoa, dan Bersedekah!

Semoga bermanfaat...

Salam eksien!

16 comments:

  1. Buka toko sewa mobil bisa juga kah mba, kalau bisa saya mau ni.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau penyewaan kurang tau nih bang, tapi kalau jual beli automotive ada

      Delete
  2. Yups setuju banget sama salah satu poinnya yang "mulai aja saat ini", tp klo udah memulai gimana ya biar bisa terus konsisten mba may?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disiplin itu menyenangkan. Tiap pagi di terapi aja otaknya dengan kata-kata positif. Jadi memudahkan untuk terus konsisten dalam kebaikan

      Delete
  3. Menginspirasi terus kak Maya. Udah banyak dengar cerita kak maya yang buka wawasan ttg bisnis. Sering mau ikutan seminat bisnis juga karena diajakin sama kak Maya dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan segala sesuatu yang membuatmu bahagia. Bisnis oke asal tetap bahagia ya

      Delete
  4. Saya ada olshop jualan produk kecantikan suatu brand dari eropa tapi ya gitu mood untuk mengelola secara konsisten masih naik turun semoga tahun ini bisa istiqomah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah emak-eak sih wajar ajalah mb. Saya ngalamin banget semasa hamil sampai mengasuh anak sampai lima bulan ini naik turun buat jualan. Semuanya kesedot untuk anak

      Delete
  5. Apik... suka banget. Jadi semangat mbk. Aku jarang nulis resolusi bisnis. Paling kugambar saja. Lakukan. Bagiku yg terberat konsisten. Menjaga mood n semangat yg gamudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mb, tetap saling mengingatkan dan menyemangati saja. Saya udah hampir setahun kok vakum jualan

      Delete
  6. konsisten itu yang berat. Kaya aku blog bertebaran tapi ngisi dengan konsisten itu sussah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ini sih sama nasibnya kayak saya wkwkwkw. Bahkan saya ada beli domain .id bulan lalu sampai saat ini masih kosong melompong belum ada konten apa-apa.

      Delete
  7. "Jangan banyak alasan, mulai saat ini juga..." Bhaiqqq! :D

    ReplyDelete
  8. Banyak teman dan relasi itu penting, kalau ada apa apa mudah jadinya, memperkaya wawasan juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Silahturahmi juga membawa rezeki

      Delete