Bodas Novel Bagian 13 : Semua Kenangan Tentang Rumah

Bodas Novel Bagian 13 : Semua Kenangan Tentang Rumah

Pohon di halaman rumah Kakek banyak memberikan keberkahan, seperti pohon jambu air
yang buahnya berwarna merah terang, dan rasanya sangat manis, buahnya kujual dan hasil penjualan untuk membeli majalah Bobo atau menyewa buku bacaan.

Di samping pohon jambu air, berderet tiga buah pohon salak, yang daunnya banyak duri seperti jarum-jarum besar. Kenapa pohon salak ini banyak durinya ya? Merasa terancam dari bahaya apa?

Deretan pohon setelah salak yakni pohon pinang kuning yang tinggi. Daun pohon pinang berwarna hijau seperti daun pohon kelapa, tetapi lebih kecil bentuknya, tulang daun ini berwarna merah, jadi pohon ini memiliki banyak warna seperti pelangi saja. Abu-abu untuk batang yang sudah tua, kuning untuk batang yang masih muda, dan hijau merah pada daunnya.

Pohon pinang seingatku, tidak terlalu dimanfaatkan keluarga, buahnyapun tak bisa dimakan. Mungkin hanya untuk hiasan saja, soalnya bentuk pohon pinang agak-agak mirip dengan pohon palem putri milik tetangga.

Pohon jambu klutuk, atau biasa disebut jambu biji buahnya sebesar kepalan tangan orang
dewasa. Pucuk daun jambu biji, biasa direbus Nenek ketika ada salah satu anggota keluarga yang diare.

Aku termasuk orang yang paling sering dibuatkan oleh Nenek ketimbang anggota keluarga
lainnya, rasa rebusan daun jambu itu pahit memang, tapi sangat manjur menghentikan mencret. 

Buah dan daun muda tiga pohon melinjo, biasa dimasak menjadi sayur asem yang segar kesukaan Kakek dan Om Akmal. Melihat Nenek mengolah daun-daun menjadi jamu, dan makanan. Oleh karena itu aku mulai melakukan eksperimen dengan mencicipi semua daun-daun lainnya, seperti daun mangga muda, kemudian daun kedondong, dan daun jambu.

Hampir semua daun yang ada di halaman telah aku cicipi. Hanya daun pohon salak saja yang tidak aku makan, terlalu banyak durinya, bisa rusak bibir dan lidahku apabila mengunyahnya. Mungkin ini alasan pohon salak menginginkan daunnya berduri, supaya tidak dimakan oleh anak kecil yang penasaran sepertiku.

One thought on “Bodas Novel Bagian 13 : Semua Kenangan Tentang Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *