Enchantment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School

Enchantment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog Dumet SchoolPernah terenyuh ketika membaca sesuatu? Atau mendadak semangat dengan perkataan seseorang lewat status sosial medianya? Atau mengubah seseorang menjadi yakin setelah menelan informasi dari berita online padahal belum tentu benar? Begitulah kekuatan kata-kata untuk menyihir targetnya. Kata memiliki kekuatan ibarat pedang bermata dua, jika digunakan dengan tepat maka akan dapat menguntungkan. Sebaliknya jika digunakan dengan tidak tepat maka akan membawa hal yang tidak baik.

Tidak hanya makhluk hidup saja yang dapat terpengaruh dengan kata-kata baik itu positif maupun negatif. Dari berbagai penelitian, kata-kata baik maupun buruk memiliki dampak terhadap benda mati ataupun suatu elemen seperti air.

Enchanment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School - lomba menulis blog - artikel bagus
Enchantment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School 


Seperti yang tertulis dalam buku “The Hidden Messages in Water” karya Masaru Emoto. Pada banyaknya percobaan yang Masaru lakukan terhadap benda mati dan air dengan kata-kata baik, buruk dan yang diabaikan. Terdapat hasil yang menarik. Seperti percobaan pada nasi yang ditempatkan dalam tiga wadah. Wadah pertama dilabeli kata-kata positif seperti kamu baik, cantik, cerdas, aku sayang padamau, aku senang melihatmu. Wadah kedua dilabeli kata-kata negatif seperti, kamu bodoh, jelek, busuk, aku benci kamu. Sedangkan wadah ketiga tidak dilabeli apa-apa. 


Ketiga wadah ini diletakkan di tempat yang berbeda dan selama seminggu dan dibacakan sesuai dengan kata-kata pada labelnya. Wadah nasi yang dilabeli kata-kata negatif mengalami perubahan menjadi busuk, dan berwarna hitam dengan bau yang tidak sedap. Sedangkan wadah nasi yang dilabeli kata-kata positif masih berwarna putih kekuningan dan baunya harum seperti ragi. 

Bagaimana wadah nasi yang tidak dilabeli atau diabaikan? Ternyata wadah nasi yang diabaikan jauh lebih cepat membusuk dibandingkan dengan wadah nasi yang diucapkan kata “Kamu bodoh!”.

Jika benda mati seperti nasi dan air saja bisa terpengaruh dengan kata-kata buruk, apalagi manusia yang mempunyai hati dan perasaan. Oleh karena itu alangkah baiknya kita lebih bijak dalam memilih kata-kata yang hendak diucapkan ataupun yang akan ditulis dan dibaca banyak orang.

Enchantment Dengan Tulisan

Enchantment adalah seni mengubah hati, pikiran dan tindakan.  Sebagaimana seorang ibu rumah tangga bisa menjadi semakin produktif belanja ketika ada diskon besar-besaran pada harbolnas (hari belanja online nasional).Tentu saja dari bahasa iklan yang menarik sehingga rela mengeluarkan tabungan demi diskon besar-besaran. 

Seseorang yang sedang jatuh cinta dan memompa imajinasinya untuk membuat sesuatu yang kreatif agar memikat pujaan hatinya. Sehingga ia menggunakan enchantment pada pikiran, ucapan dan tindakannya. Bahkan ketika seseorang sudah sangat yakin dengan pilihan hidupnya bisa saja berubah drastis di detik-detik terakhir akibat pengaruh kata-kata.

Enchantment bukanlah teknik untuk memanipulasi orang, ia lebih dari itu. Enchantment membantu kita mentransformasikan situasi dan hubungan. Enchantment mengubah permusuhan menjadi kesopanan, membentuk ulang kesopanan menjadi ketertarikan. Enchantment mengubah orang-orang skeptis dan sinis menjadi orang yang percaya dengan apa yang kita sampaikan.

Ketika kita ingin memikat orang, baik dari prilaku maupun ucapan kita, tujuan utama kita bukanlah hanya untuk mendapatkan uang dari orang tersebut, atau membuat orang melakukan apa yang kita inginkan. Tetapi kita menginginkan mereka untuk percaya terhadap kita dan merasa gembira dengan apa yang kita lakukan. 

Enchantment dengan tulisan berarti membuat tulisan kita tidak sekedar menarik untuk dibaca, namun dapat mengambil hati dari orang yang membacanya sehingga mengubah pikiran dan tindakannya. Cara menggunakan Enchantment pada tulisan adalah dengan kejujuran dan ketulusan hati. Hal ini lebih mudah dilakukan dalam menyampaikan gagasan-gagasan untuk mengubah dunia lebih baik.

Menulis Blog

Seseorang bisa menyampaikan tulisannya dengan suatu media cetak maupun online. Pada era digital saat ini kebanyakan orang sudah lebih banyak membaca via online. Bahkan beberapa media cetak seperti surat kabar atau majalah akhirnya tutup dan beralih ke media online. 

Blog adalah salah satu media digital untuk menulis atau promosi. Blogger adalah sebutan bagi penulis blog. Seorang penulis belum tentu seorang blogger, akan tetapi seorang blogger sudah pasti seorang penulis. 

Blogger saat ini masih dianggap kegiatan untuk menyalurkan hobi menulis saja. Masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa menjadi blogger dapat membuat seseorang memiliki hidup yang berkecukupan bahkan menjadi kaya.   Padahal banyak keuntungan dan kelebihan menjadi blogger selain mendapatkan uang. 

Enchanment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School - lomba menulis blog, artikel bagus
Mother of Dragons sedang membujuk salah satu naganya untuk jadi blogger…


10 keuntungan dan kelebihan menjadi blogger

1. Bisa menulis
Sejak kita masih Sekolah Dasar sudah diajarkan untuk pandai menulis huruf dan merangkai kata-kata. Sehingga setiap orang pastinya bisa menulis. Hanya saja kebanyakan orang merasa tidak bisa menulis, dan lebih senang menjadi pembaca atau penonton. Padahal siapapun kamu, apa pun bakat kamu, apa pun kesukaan kamu, menulislah.  Kamu hanya perlu action, itu saja!

2. Rajin membaca
Banyak membaca adalah amunisi dalam menulis. Menjadi blogger sudah pasti dituntut untuk banyak membaca. Karena tidak mungkin dapat membuat tulisan yang bagus berkualitas apabila jarang membaca.

3. Tambah wawasan
Menjadi blogger berarti sudah masuk ke bagian industri kreatif. Disadari atau tidak blogger makin banyak mengetahui beberapa ilmu, terutama ilmu marketing. Dari membuat judul yang menarik, memperbanyak minat pengunjung, meningkatkan trafik blog, promosi di berbagai media sosial dan grup chat, sampai optimasi dengan SEO (Search Engine Optimization).

4. Selalu Up to Date
Selain wartawan, blogger adalah orang yang paling up to date pada suatu informasi. Blogger selalu mencari bahan yang sedang trend untuk menjadi bahan postingan.
5. Berjiwa peneliti
Tidak hanya rajin membaca dan memiliki kemampuan menulis, namun menjadi seorang blogger yang baik pasti melakukan berbagai penelitian terlebih dahulu. Kenapa demikian? Karena sebelum melakukan posting blog pastilah blogger melakukan riset terhadap kata kunci online. 

6. Kreatif
Postingan yang hanya berupa tulisan saja tentunya kurang menarik. Bagi blogger postingan yang tidak disertai sebuah gambar akan merugikan blognya. Hal ini membuat blogger harus pandai dalam mengambil gambar baik itu foto maupun video, dan mengeditnya dengan watermark agar gambar tidak di plagiat oleh orang lain.

7. Tidak gagap teknologi
Suatu keharusan bagi blogger untuk mengetahui perkembangan teknologi terbaru. Apalagi bila niche blognya adalah teknologi dan gadget. Sebab seorang blogger sudah terbiasa dengan berbagai macam fasilitas internet seperti google, youtube, facebook, instagram, twitter dan banyak lainnya. Kemampuan akan menggunakan teknologi patut dibanggakan, karena tidak semua orang mampu melakukannya.

8. Memiliki koneksi yang luas
Berapa banyak teman yang kita miliki? Tetapi berapa banyak teman yang sehobi dengan kita? Sangat mengasyikkan apabila memiliki teman yang hobinya sama. Sehingga nyambung diajak ngobrol dan orientasinya sama. Bergabung dengan komunitas blogger berarti meningkatkan jaringan pertemanan yang berkualitas. Pastinya bangga dan bahagia dapat menjadi bagian dari komunitas blogger. 
9. Terkenal
Siapa yang tidak kenal dengan Raditya Dika? Seorang blogger multitalenta  yang tulisannya dicetak menjadi buku dan best seller. Dari penulis blog Raditya Dika berkembang menjadi penulis buku, penulis naskah film, sutradara, sampai pemain filmnya juga. Dengan menjadi blogger tentunya membuka peluang bagi kita untuk menjadi terkenal.

10. Punya penghasilan dari blog
Masih tidak percaya bisa kaya dengan blog? Silahkan baca-baca kisah sukses pebisnis maupun penulis online yang berawal dari blog. Salah satu blogger kaya yang sudah saya sebutkan ada pada poin nomor sembilan.

Enchantment dengan tulisan di blog

Sangat disayangkan apabila tulisan bagus yang menggugah, dan siapa tahu dapat membuat perubahan dunia agar lebih baik, tetapi hanya disimpan dalam buku harian pribadi. Beranilah mempublishkan tulisan yang memiliki berbagai gagasan menarik agar membuat banyak orang terinspirasi. 

Tentu saja tullisanmu akan ada banyak komentar netizen yang positif maupun negatif, dukungan dan hujatan. Di sinilah enchatnment diperlukan dalam tulisan blog untuk membuat perubahan sukarela dalam hati, pikiran dan tindakan mereka.  

Hargai perbedaan dan perubahan orang yang membaca tulisan kita. Karena setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Enchantment bukanlah tentang mendapatkan jalan atau penghargaan orang demi keuntungan pribadi saja. Melainkan orang lain juga harus mendapatkan keuntungan agar merasa senang. Tetapi harus tetap melihat dengan jelas antara aktivitas etis dan tidak etis. Sehingga tetap dapat menjaga kehormatan diri dalam tulisan yang kita buat dan sebarkan.

Enchanment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School - lomba menulis blog, artikel bagus
Ayo Ikutan Lomba Menulis Blog DUMET School


Enchantment Dengan Tulisan dan Ikuti 

Lomba Blog DUMET School

Jangan meminta seseorang melakukan sesuatu yang tidak kamu lakukan. Mengajak atau meminta seseorang melakukan yang tidak kamu lakukan disebut dengan manipulasi atau paksaan bukan Enchantment. Hal tersebut tidak akan berhasil dalam jangka panjang.

Saya mengajak pembaca untuk mengikuti lomba blog DUMET School, berarti saya tidak hanya mengajak anda untuk menjadi penulis blog, tetapi juga mengasah kepercayaan diri dengan mengikuti kompetisi lomba menulis blog. Terlepas dari menang atau kalah, yang penting menulis blog terlebih dahulu.

Apa itu DUMET School?

DUMET School adalah lembaga kursus dalam membuat website, digital marketing, dan design grafis. Sampai saat ini DUMET School sudah memiliki lulusan lebih dari 8000 orang dari berbagai status dan profesi mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, guru, dosen, staff profesional, freelancer, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Mereka tidak hanya yang tinggal di Jakarta saja namun banyak juga yang datang dari berbagai daerah di Indonesia demi dapat belajar di DUMET School. Jadi ingin juga belajar di DUMET School.

Berikut liputan info Education UseeTV tentang DUMET School!


DUMET School membuka cabang pertamanya pada tahun 2013. Sampai dengan tahun 2018 ini, DUMET School memiliki 5 cabang yang berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok

Program DUMET School yang menarik dan terbuka untuk umum, khususnya blogger seluruh Indonesia adalah selalu diadakan lomba setiap bulan dengan tema artikel yang berbeda-beda. Sehingga kita memiliki banyak peluang untuk mendapatkan hadiahnya. 

Hadiah untuk pemenang DUMET School apa sih?

Hadiahnya berupa uang tunai sebesar :
Enchanment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School - lomba menulis blog, artikel bagus, hadiah juara, juara blog
Ayo Ikutan Lomba Menulis Blog DUMET School


Jadi tunggu apalagi, segera buat akun blog bagi yang belum memiliki blog. Teruslah menulis dan ikuti kompetisi menulis blog DUMET School. Semoga beruntung.

Enchanment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School - lomba menulis blog, artikel bagus
Ayo Ikutan Lomba Menulis Blog DUMET School


8 thoughts on “Enchantment Dengan Tulisan dan Ikuti Lomba Blog DUMET School

  1. Mbakmay….tulisannya asik. Betul tulisan itu bukan manipulatif, buatku tulisan merupakan salah satu komunikasi persuasif untuk menarik dan mengajak orang lain untuk ikut dengan apa yang kita tuliskan.

  2. Ada lomba blog Dumet ya, aku baru tahu. Setuju sih kalo kata-kata positif bakal mempengaruhi pembaca. Eh aku waktu suka berkebun dulu, tiap hari pasti ngomong pada tanaman2ku. Apalagi kalo anggrek nggak kunjung berbunga, pasti aku kasih ceramah kapan bunganya muncul, wkwkwkkk

  3. Bagus banget kakak tulisannya. Saya juga kadang merasa bersalah kalo memberikan informasi tanpa saya coba lebih dulu. Makanya hampir semua yang saya posting setidaknya pernah saya coba. Gak ingin cuma sekedar menyampaikan informasi saja terutama bila informasi tersebut belum pernah saya lakukan.

    Blog buat saya adalah tempat berbagi pengalaman. Bukan tempat penyebar berita. Jadi sebisa mungkin saya berusaha membagikan hal yang sudah pernah saya alami sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *