Self Healing Untuk Keseharian 1
PSIKOLOGI,  REVIEW

Self Healing Untuk Keseharian

Kali ini kita mau bahas tentang apa itu self healing, kapan harus diterapkan, dan apa saja metodenya? Namun sebelum masuk pembahasan tentang self healing, kita masuk ke pembukaan dulu ya.

Self Healing Untuk Keseharian
Pic: pinterest

Tidak ada hari yang selalu panas ataupun hujan terus menerus. Tidak ada hidup yang tidak pernah bertemu masalah atau ujian. Dan tidak ada hati yang tidak pernah terluka.

Setiap orang pasti pernah gagal, kecewa, sakit hati, dan terluka. Setiap kehidupan memiliki dramanya tersendiri. Jadi tidak masalah jika kita pernah di episode kesedihan. Karena menurut slogan Ibu kita Kartini putri sejati HABIS GELAP MUNCULLAH TERANG.

Tuhan yang Maha Esa menciptakan manusia tidak asal sembarangan menciptakan. Seperti profesor yang membuat teknologi terbaru pastinya menyayangi dengan sangat hasil ciptaanya.

Tuhan juga berjanji tidak pernah memberikan ujian hidup melebihi kemampuan seorang hambanya, meski hambanya kerap kali mengeluh dan melupakan Tuhan.

Oleh karena itu bagi siapapun yang sedang merasa diri dan hidupnya kacau, banyak masalah, trauma, cemas, sakit, sampai ingin bunuh diri. Perbanyaklah mengingat Tuhan. Jika tidak mau ingat Tuhan dan masih betah dengan kondisi keterpurukanmu apapun itu atau punya hasrat untuk bunuh diri, tolong jangan sampai menyusahkan atau membuat sedih orang lain. Pastikan benar-benar kalau kamu menghilang begitu saja gak akan ada orang yang bakal nyariin kamu dan bahagia ketika kamu gak ada.

Sekian intronya. Kita masuk ke pembahasan mengenai SELF HEALING.

Self Healing Untuk Keseharian

Self healing berasal dari bahasa Inggris yang arti dalam bahasa Indonesia tercinta adalah menyembuhkan diri sendiri.

Dalam dunia kesehatan atau dunia psikologi self healing lebih dikenal sebagai metode penyembuhan diri untuk luka batin.

EXCLUSIVE  Kembali Ke Titik Nol - Tetralogi Saptuari Sugiharto

Apa saja metodenya? Banyak…di google 😀 Tapi metode paling ampuh bagi saya yang entah beberapa kali terluka sejak bayi dan beberapa waktu lalu sempat mengalami mental down, self healing terbaik adalah PASRAH atau dalam bahasa arabnya tawakal.

Self Healing Untuk Keseharian

Setiap orang pasti memiliki masalah dan mengalami kelelahan emosi. Orang yang merasa dirinya tidak memiliki masalah bisa jadi masalah karena tidak mengetahui permasalahannya itu sendiri itu sudah sebuah masalah.

Self healing  atau menyembuhkan luka/kesedihan/trauma terhadap situasi yang membuat kamu sedih dan gak nyaman dalam perjalanan hidup langkah pertama adalah TENANG. Karena kalau hati, pikiran, dan tubuh gak tenang itu biasanya ada aja masalah baru. Ribet kan masalah satu aja belum kelar udah nambah masalah lain.

Kapan self healing harus diterapkan?

Kalau punya luka hati atau trauma jelas sudah harus melaksanakan self healing ya, supaya gak gila, atau sakit mental. Ngeri loh sakit mental itu, kalau sampai sakit jiwa dan gak sembuh-sembuh di akhirat nanti katanya masuk surga enggak masuk neraka juga enggak. Tapi kalau sakit jiwa diibaratkan barang rusak pasti masuk tong sampah ya, jadi endingnya harusnya masuk neraka iya gak sih?.

Self Healing Untuk Keseharian
Self healing. Pic: Biasa nyomot dari pinterest.

Ada baiknya self haling dilakukan tidak hanya saat kamu sudah mengalami masalah. LAKUKAN TERAPI SELF HEALING SETIAP HARI. Kenapa begitu? Karena kita gak pernah tau kapan kita akan ketemu dengan namanya masalah. Masalah munculnya suka suprise gitu gak mau tau kita sedang apa, dimana, dan dengan siapa.

EXCLUSIVE  Bakso Bude Pontianak Jagoannya Bakso Dengan Sop Tulang

Kalau kita melakukan terapi self healing setiap hari, setidaknya kita sudah memberikan imun atau proteksi untuk mental atau diri kita untuk gak mudah terluka. Jika terlukapun cepat sembuh atau cepat bangkit.

Apa saja metode self healing?

Ada 12 cara metode self healing yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. TETAP TENANG
  2. ME TIME
  3. MENULIS
  4. MENDEKATKAN DIRI KE TUHAN
  5. MEDITASI
  6. DENGERIN MUROTTAL
  7. BACA QUR’AN
  8. ISTIGHFAR BANYAK-BANYAK
  9. TULIS SEMUA RASA SYUKUR
  10. AFIRMASI DENGAN KALIMAT POSITIF
  11. PASRAH/TAWAKAL/TERIMA TAKDIR/LAPANG DADA/LEGOWO.
  12. GET HELP ATAU CURHAT. Jangan sungkan ngasi tau orang yang kamu percaya untuk kamu ceritakan permasalahan atau kesedihan yang sedang kamu hadapi

Bagaimana cara membantu orang yang sedang terluka hatinya, sedih, trauma, atau mental down?

  1. Pertama kali jangan pernah nanya perasaanya atau bertanya KAMU GAK PAPA? yang namanya lagi jatuh dari genteng terus ketimpa tangga dan kejatuhan tembok sudah sangat jelas sakit. Orang yang lagi luka hati atau labil hal yang pertama kali yang kamu ucapkan adalah bentuk support. “KAMU KUAT” “KAMU BISA” “TENANG, KAMU GAK SENDIRIAN”.
  2. Sediakan minum. Karena kalau orang panik atau sedih biasanya cepat haus. Kayak orang melahirkan atau mau meninggal dehidrasi. Ini wajar, respon fisik.
  3. Tawarkan pundak, dada, atau pelukan.
  4. Bacakan Al-Quran.
  5. Ajak jalan ke tempat yang tenang atau menyenangkan.

Sampai di sini dulu, sampai jumpa pada artikel berikutnya di self love.

Salam Bahagia.

 

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *