PSIKOLOGI

Self Love – Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri.

Self love atau mencintai diri sendiri bukanlah suatu hal yang egois. Kita harus bisa mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai yang lainnya. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mencintai diri sendiri?

I LOVE MYSELF JUST THE WAY I AM

Pertama : Bersyukur. Menerima sepenuhnya keadaan diri sendiri.

Self Love - Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri.

Kita dilahirkan sempurna dan memiliki kehidupan yang luar biasa. Tujuan kita hidup hanya satu, yakni kembali pulang kepada yang telah menciptakan kita. Jadi cobalah syukuri berbagai hal yang terjadi dalam hidup.

Kedua : Menikmati hal-hal kecil.

Mandi dengan tenang, sisiran, nonton film tanpa gangguan, makan kue yang disukai, minum teh atau kopi, melihat bunga-bunga mekar, main sama kucing atau anak. Banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan untuk kita nikmati setiap hari.

Ketiga : Jangan pernah berkata buruk pada diri sendiri.

Keempat : Berikan apresiasi atau hadiah kecil-kecilan ketika kita dapat mencapai sesuatu.

Self Love - Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri.

Kelima : Biasakan diri berada di lingkungan yang positif atau miliki teman atau komunitas yang baik

Pengaruh sekitar terhadap diri kita.

Pernah dengar tentang uji coba tiga beras diisi air yang ditaruh di wadah yang sama, namun di letakkan di tempat yang berbeda-beda, dan diberikan ucapan yang berbeda-beda sesuai label. Label wadah pertama adalah kata-kata yang baik atau positif. Label wadah kedua merupakan kata-kata negatif. Wadah ketiga dibiarkan  begitu saja.

Setelah satu minggu berjalan, beras yang selalu menerima perkataan yang baik masih terlihat putih, dan airnya mengeluarkan bau yang wangi. Beras yang menerima perkataan negatif terlihat kusam dan berbau. Sedangkan yang dibiarkan begitu saja lebih hitam dan lebih bau ketimbang yang diberikan perkataan negatif.

Jadi bisa kita ambil kesimpulan benda mati yang diberikan kalimat positif atau negatif saja bisa terlihat berbeda, apalagi makhluk hidup lainnya. Sedangkan yang dicuekkin atau diabaikan lebih cepat membusuk ketimbang yang menerima hal negatif.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk berada di lingkungan yang positif. Namun jika kita berada di lingkungan yang kurang mendukung, maka kuatlah dan yakinlah bahwa kamu gak pernah benar-benar sendirian.

“How you love yourself is how you tech others to love you.” – Rupi Kaur

Keluarga sebenarnya merupakan kunci paling penting kebahagiaan seorang manusia. Tapi pasti ada yang tidak terlalu beruntung yang harus mengalami hal-hal kurang mengenakkan seperti konflik rumah tangga, manusia-manusia beracun, kemiskinan, cacat, atau hal menyebalkan lainnya.

Jadi baiknya selain self love, lakukan self healing setiap hari. Caranya ada di artikel saya sebelumnya. Selain self healing atai self care lainnya. Kita perlu support system yang baik, benar, dan bisa dipercaya selain keluarga. Seperti teman baik, sahabat, komunitas, atau klub atau grup kecil yang memiliki hobi yang sama atau berada di lungkup suatu permasalahan yang sama.

Self Love - Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri.

SELF LOVE AFFIRMATIONS

Penting untuk mengatakan hal-hal positif terhadap diri kita sendiri. Lakukan setiap hari, boleh pagi hari atau sesering mungkin.

Self Love - Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri.

Berikut beberapa afirmasi kalimat positif untuk mencintai diri sendiri.

  1. Saya kuat
  2. Saya indah
  3. Saya kreatif
  4. Saya baik
  5. saya penting’
  6. saya sukses
  7. saya menghargai diri saya sendiri
  8. saya berani
  9. saya cerdas
  10. saya berhak mendapatkan yang terbaik
  11. saya berhak bahagia
  12. Saya membuat perbedaan
  13. Saya luar biasa
  14. Saya dicintai

Self Love - Bagaimana cara kita mencintai diri sendiri.

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *