Bagaimana Cara Menjadi Editor Buku

Bagaimana Cara Menjadi Editor Buku

Bagaimana Cara Menjadi Editor Buku

Editor adalah orang yang melakukan kegiatan menyunting. Editing: kegiatan menyunting. Editor buku adalah orang yang ditugasi untuk mengedit atau menyunting bahasa sebuah buku atau naskah sehingga menjadi lebih menarik dan disukai oleh pembaca.

Editor Buku

Sumber Foto : www.bookriot.com

Ada tiga jabatan pada profesi editor buku. Yang pertama adalah Chief Editor atau Editor Kepala. Editor Kepala membawahi beberapa editor dan asisten editor. Tugasnya lebih kepada hal-hal strategis seperti pencarian naskah, membangun jaringan dengan para penulis, dan lain-lain.

Kedua, Editor itu sendiri. Bertugas menilai dan menyunting naskah. Setiap editor akan menangani jenis buku yang berbeda-beda. Misalnya, ada editor yang menangani buku fiksi, buku non fiksi, buku anak, buku remaja, buku komputer, buku agama, dan sebagainya.

Baca Juga:  Menumbuhkan Minat Baca Dalam Keluarga dan Lingkungan Sekitar

Ketiga, Asisten Editor. Bertugas untuk membaca naskah cetak-coba (proof-read), atau naskah yang sudah selesai diedit, siap untuk dicetak, dan dipublikasikan. Asisten editor mencari bagian-bagian yang masih keliru, seperti salah ketik dan sebagainya. Kecermatan tentu amat diperlukan di sini, karena diharapkan tak ada lagi bagian yang salah pada si buku sebelum dicetak.

Editor buku sangat berhubungan dengan ‘kecendikiaan’. Oleh karena itu editor berhubungan dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni dan penguasaan kebahasaan yang ditemani oleh PUEBI dan KBBI. Editor yang kompeten dan menjadi suatu profesi yamg diakui perlu ‘sertifikasi’.

2 thoughts on “Bagaimana Cara Menjadi Editor Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *