Basic SEO For Moms

Basic SEO For Moms

Januari ini Alhamdulillah saya bisa masuk ke group whatsapp berfaedah yaitu group SEO For Moms. Bagi saya yang masih suka menulis konten tanpa kaidah SEO, tentunya senang mendapatkan ilmu ini, sekalipun SEO sudah pernah diajari pada tahun 2018 saat saya masih di Pontianak.

Pemateri SEO For Moms adalah mastah blogger Indonesia yang juga mengajari dan terus mendukung saya agar lebih baik dalam menjadi seorang blogger. Dia adalah Muhammad Sahlan alias Qbenk. Setelah lima tahun pertemanan dari 2015 saat masuk ke komunitas blogger Pontianak, baru tahun ini saya benar-benar mengetahui nama aslinya, sejarah hidupnya, dan kenapa bisa dia dipanggil Qbenk. Ternyata bdanannya yang kurus serta kecintaanya pada roti kebeng atau dikenal dengan roti malkis, membuatnya dipanggil dengan nama Qbenk.

Apa Itu SEO ?

SEO atau search engine Optimation mulai di kenal akhir tahun 1990an namun saat itu mesin pencari belum secanggih sekarang dan google pun belum sampai merambah kesitu.

Seo yang kita kenal saat ini merupakan seo yang diterapkan secara penuh sejak tahun 2005, kemudian berkembang menjadi sebuah teknik sejak 2006 hingga sekarang, kalau dulu mesin pencari selain google adalah yahoo, namun akhirnya Yahoo harus mengalah dengan kebesaran raksasa Google.

Tahun 2006-2012 merupakan masa kejayaan blogspot, dimana blogspot merupakan anak emas google. Di mesin pencari Google, blogspot walaupun cuma berdomain blogspot mampu merajai pencarian kata kunci apapun di google.

Teknik jadul seo yang banyak diterapkan oleh blogger khususnya blogspot saat itu adalah link exchange atau pertukaran link antar sesama blogger. Misalnya banner blog kita atau link blog kita ada di blog teman begitu juga sebaliknya. (ternyata bisa begitu ya)

Kemudian pada tingkat kontes seo sekitar tahun 2008-2011 Blogger Indonesia bermain secara brutal, dengan mencari backlink sebanyak mungkin ternasuk dari situs porno. Nah singkat cerita, 2012 google menganggap kontes seo di Indonesia paling berbahaya di dunia.

Karena banyak melakukan spaming dan dianggap tidak etis dengan menerobos web web pemerintah dan edukasi di negara eropa. Kemudian google mengeluarkan algoritma panda dan penguin inilah awal mula bencana besar bagi blogger seo Indonesia tahun 2012.

Sejak 2012 inilah titik awal penerapan seo secara sistematis tetapi tetap berpedoman seo lama.

Apakah penerapan seo antara pengguna blogspot dan wordpress berbeda?

Jawabannya adalah SAMA… cuma beda teknis.

Blogspot masih menggunakan metode manual sedangkan wordpress menggunakan plugin otomatis. Dalam menerapkan seo, ada terapan yang mesti kita lakukan yaitu SEO ONPAGE dan OFFPAGE

Seo onpage disini adalah mengoptimalkan blog secara internal, mulai dari title, meta description Sampai pada desain template. Sedangkan offpage adalah memaksimalkan blog dari luar, lewat google webmaster, backlink dll.

SEO itu MUDAH.  Seo itu logikanya seperti kita membangun rumah, Kita mesti membuat pondasi yg kuat, lantai, di dinding, membagi ruangan, menghiasi ruangan agar cantik, dll semuanya itu dalam upaya mengoptimalkan sebuah rumah dari dalam. Ini logikanya onpage

Logikanya offpage,, setelah rumah itu jadi dibuat baru lah kita undang semua orang untuk berkunjung kerumah kita,, dll Itulah logikanya.

SEO ONPAGE

Onpage seo merupakan faktor terpenting dalam sebuah blog, baik pengguna blogspot maupun wordpress ( selanjutnya saya sebut WP), onpage secara umum adalah mengoptimalkan blog dari dalam, artinya hal-hal yang terkait dengan blog harus kita susun secara sistematis agar mesin pencari mampu merayapi dengan baik keseluruhan isi konten yang kita miliki dan ada kesinambungan atau keterkaitan antara title blog, deskripsi dan isi dari blog tersebut

Secara sistematis umum, strukture onpage blog terdiri dari :

1. Title Blog
2. Meta deskripsi
3. domain
4 Posting
5. Meta Deskiripsi penelusuran ( Blogspot)
6 Penetapan H1 -H4 pada postingan
7. Tampilan yang responsive

Kita mulai dengan title blog.

1. Title Blog

hal utama dalam sebuah blog adalah title atau judul blog, atau nama sebuah blog, disini semuanya sudah pasti punya blog dan sudah punya title blog masing-masing.

Basic SEO For Moms
Tampilan blog sangmaya.com

Perhatikan disini dalam membuat judul atau title blog, ada dua hal yang wajib diperhatikan, apakah judul blog mengandung kata kunci atau mengandung kata brand sebuah nama

judul atau title blog ini akan nantinya akan berpengaruh kepada nama nomain yang kita buat, apakah keyword on domain atau brand on domain.

Contoh pada gambar adalah title dengan brand atau sebuah nama yaitu Sang Maya kemudian nama domain yang digunakan adalah brand on domain.

Secara seo artinya si pemilik (saya sendiri)  ingin membuat branding atas namanya sendiri dan kebanyakan ibu-ibu melakukan hal yang sama.

Apa yang dimaksud dengan keyword on domain ?

Keyword on domain kebanyakan digunakan oleh mereka yang berkecimpung di dunia bisnis, dengan target persaingan yang tinggi, misalnya kita mau jualan baju gamis, maka untuk melakukan persaingan di mesin pencari kita menggunakan blog dengan nama atau tile BAJU GAMIS TERBARU, kemudian kita membeli sebuah domain dengan nama bajugamisterbau{dot}com

Keyword on domain ini memiliki pengaruh yang cukup kuat dibandingkan jika kita menggunakan nama brand untuk persaingan yang tinggi.

Title blog yang baik terdiri dari maksimal 3 kata tanpa ada tambahan apapun dibelakangnya
contoh blog saya tertulis SANG MAYA – PEMAHAT KATA PENEMPA TULISAN.

Yang baik adalah kata dunia baru tersebut di hilangkan menjadi kalimat tunggal :
SANG MAYA , sedangkan kata PEMAHAT KATA PENEMPA TULISAN mestinya masuk dalam deskripsi blog

kenapa sih judul blog mesti tunggal? karena google dalam membaca tItle blog itu memiliki aturan yang jelas tidak melebihi 60-70 karakter. Bahkan dua kata lebih bagus

title blog semakin singkat semakin bagus sedangkan deskripsi blog, khusus blogspot semakin panjang semakin bagus tapi tidak boleh kepanjangan, blogspot membatasi deskripsi utama hingga 500 karakter.

untuk pertama ini akan lebih membahas blogspot terlebih dahulu karena blogspot lebih banyak bermain manual ketimbang wp.

Blogspot menyediakan dua deskripsi, yaitu deskripsi utama dan deskripsi penelusuran. Deskirpsi utama fungsinya adalah menjelaskan secara singkat tentang tujuan blog dan tentang apa saja blog yang kita buat, blogspot membatasi hingga 500 karakter untuk mengisi deskripsi utama tersebut

Deskripsi utama ini fungsinya pada homepage blog. Pengguna blogspot silahakan cek dashboranya, kemudian isi deskripsi blog, jika sudah ada yg isi, sebaiknya lakukan tambahan lagi seperlunya, pastikan deskripsi yang ditulis memang berhubungan dengan blog, dan PASTIKAN ADA KATA KUNCI YANG DI BIDIK

Contoh 1:

Nama blog : catatanmaya.com
Tema blog : Buku, Film, dan Music
Kata kunci : Review Buku, Review Film, dan Lirik Lagu

Isi deskripsi utama : Blog tentang buku bacaan yang bagus, rekomendasi film, dan lirik lagu yang disukai

Contoh 2:

nama blog mention sari
tema blog kecantikan, life style
Kata kunci : perawatan tubuh, kecantikan, gaya hidup

isi deskripsi utama : blog informasi tentang kecantikan wanita seperti perawatan tubuh, dan hal-hal yang terkait dunia wanita dan gaya hidup.

 titel dan deskripsi blog ini masalah kecil tapi kalau lengah dampaknya besar.

2. Meta Deskripsi

Deskripsi penelusuran di blogspot berfungsi sebagai pelengkap deskripsi konten yang akan muncul pada hasil penelusuran google, deskripsi ini berkaitan erat dengan artikel dan kata kunci yang kita mainkan saat membuat artikel khususnya pada job review yang berbasis seo

jika deskripsi ini tidak kita aktifkan maka yang terjadi adalah google akan secara acak menampilkan deskripsi konten hasil telusur di mesinnya, dampaknya bisa jadi konten kita tidak memiliki deskripsi yang sesuai dengan apa yang di harapkan oleh google sehingga kita mencari kata kunci tertentu, blog kita tidak ditemukan sama sekali atau ada tetapi mental jauh kebelakang.

Bagaimana cara menampilkan deskripsi penelusuran di blogspot dan cara menggunakannya?

Buka dasbord blog klik setting atau setelan, klik preferensi penelusuran, perhatikan ada tag meta, deskripsi, klik edit.

klik ya.. isi deskripsinya maksimal 150 karakter, deskripsi ini isi boleh sama dengan deskripsi homepage tadi cuma rada singkat, klik simpa. Setelah itu selanjutnya silahkan masuk ke menu postingan klik saja entri baru.

Saat kita masuk zona postingan, pada bilah kanan menu sudah muncul deskripsi penelusuran.

Buatlah judul konten seperti biasa,, contoh WISATA TUGU KHATULISTIWA YANG PERLU ANDA KETAHUI

Pada awal baris paragraf, judul tersebut ditulis ulang lagi, kemudian dilanjutkan dengan isi artikel, kemudian pada deskripsi penelusuran  ambil dua baris paragraf pertama untuk dimasukkan pada menu deskripsi penelusuran
sampai disini ya untuk pembahasan title dan deskripsinya khususnya blogspot.

unik dalam pengertian seo adalah berbeda dengan yang lain, memiliki ciri khas sendiri, terkait judul, title blog yang unik bukanlah dengan cara membuat kata yang sulit dibaca, apalagi secara pandangan algoritma, google tidak bisa membaca keunikan sebuah blog atau judul yang tidak diketahui jenis bahasa dan bentuknya,

pada aturan baku seo, google justru melarang kita melakukan gubahan pada kata baku atau kata yang sudah familiar, misalnya kata wordpress kita tulis wp, blogspot kita tulis BP, dan lain-lain kita singkat dll, karena google tidak memahami karakter tersebut, bagus buat kita tetapi buat mesin pencari malah tidak baik, bisa saja di indetifikasikan sebagai blog spam, ada baiknya blog ditulis dengan judul yang mudah di pahami.

Tidak ada ketentuan khusus bahwa seorang blogger mesti satu niche dalam membuat blog, konten gado gado atau campuran bukan sebuah masalah besar untuk hal-hal tertentu, keculai pada konten tertentu misalnya otomotif jelas sekali kita sangat sulit berkompetisi mengingat mayoritas blog ibu-ibu bukan berlatar otomotif. Untuk deskripsi blog campuran niche tetap ditulis sesuai isi konten dan kata kunci yang terdapat dalam blog.

DA PA… bukan penentu posisi diserp karena untuk berkompetisi faktor utama adalah backlink dan kualitas blog , kualitas blog disini bukan cuma DA PA tetapi mengacu pada sejauh mana arus tautan yang bagus berkualitas (citation flow dan trust flow), selain backlink, kualitas konten juga masuk faktor penentu posisi di serp

Kenapa banyak clients agency menentukan DA PA ? ini dikarenakan faktor backlink, setiap klien atau agency memberikan kita job reviews dengan minimal DA sekian itu dikarenakan kita nantinya di wajibkan memberikan backlink kepada produk yang kita tulis, ini sangat penting untuk meningkatkan kekuatan produk mereka pada situs tersebut.

Setelah faktor utama dalam SEO on page yaitu title blog dan deskripsi, hal lain yang perlu diperhatikan adalah setting seo onpage pada blogspot dan plugin seo wordpress

Pada dasarnya algoritma google hanya membaca inti dari isi blog dan isi artikel yang kita tulis, bukan keseluruhannya

Karena google hanya memberikan referensi kepada pengguna mesin pencari yg mencari informasi dengan kata kunci tertentu.

Logikanya begini, ketika kita mencari sebuah alamat rumah, kita akan bertanya pada seseorang

Ketika ditanya, orang tersebut hanya memberikan jawaban secara garis besarnya saja, misalnya kita bertanya di mana jalan Ayani gang durian Orang akan menjawab,, disitu bu lurus saja belok kiri persis sebelah Indomaret

Nah jawaban ini hanya garis besarnya saja bukan.

Masuk pada settingan seo pada wordpres terlebih dahulu, silahkan nanti login ke masing masing blognya, disini akan informasikan setting sederhana  ALL IN ONE SEO PACK.

Masuk ke dashbor wordpress. Bagi yang belum ada plugin All in One Seo Pack silahkan add new pluggin terlebih dahulu dan aktivkan All in one Seo pack.

dari menu di feature manager ini akftikan salah satunya yang saya kasi tanda merah, disarankan aktifkan xml sitemap dan robot txt.

ALL IN ONE SEO PACK
Plugin All in One Seo Pack

Klik general setting, isi Judul blog dan deskripsinya, pastikan tidak melebih karakter yang ada dalam catatan di bawahnya.

Pastikan juga nama atau title blog tidak ada embel- eMbel tanda – dan |

Plugin All in One sEO pACK
Contoh mengisi nama blog dan deskripsi blog

All In One Seo Pack

Isi kode meta head html google webmaster  yang lainnya kalau ada boleh isi.

lebihnya biarkan,,, kenapa? karena kita mayoriotas blog kita disini adalah media tulisan bukan campuran dari media download dan media penyedia attacment. sesederhana itu? iya karena kuncinya ada di zona postingan.

Bagaimana dengan blogspot? silahkan login ke dasboradnya masing masing, ingat ya bu ibu jangan lakukan kesalahan, ikuti petunjuknya dengan baik baik pengguna blogspot.

SEO Blogspot

klik setting>preferensi penelusuran klik tag tajuk/head robot khusus,, mohon perhatiannya ya,,nanti tampilannya seperti ini:

Settingan SEO Blogspot

ada banyak ragam setting dari blogger indoensia pada blog tutorualnya, namun untuk mencegah kendala teknis, ikuti petunjuk gambar ini, tandai yang perlu ditandai

archive dan seacrh page di tandai no index agar tidak menggagu perayapan google pada homepage dan postingan
setelah itu klik simpan perubahan.

settingan baik di blogspot maupun wp di buat sederhana akan ada hubungannya dengan postingan yang akan kita buat nantinya,,artinya ada teknis tersendiri cara menuli konten dengan metode seo
masih di setingan blogspot,, klik edit klik iya pada seting robot txt

settingan seo di blogspot
silahkan isi ini:

User-agent: Mediapartners-

Google

Disallow

User-agent:*

Disallow:/search/allow

Sitemap: https://www.namablogkitasendiri.com/sitemap.xml

Ganti nama blig dengan url blog kita sendiri ya. Klik Simpan. SELESAI.

Onpage seo merupakan faktor terpenting dalam sebuah blog, baik pengguna blogspot maupun wordpress ( selanjutnya saya sebut WP), onpage secara umum adalah mengoptimalkan blog dari dalam, artinya hal-hal yang terkait dengan blog harus kita susun secara sistematis agar mesin pencari mampu merayapi dengan baik keseluruhan isi konten yang kita miliki dan ada kesinambungan atau keterkaitan antara title blog, deskripsi dan isi dari blog tersebut.

Cara menulis yang baik sesuai onpage SEO

Disini tidak mengatakan cara yang benar tetapi cara yang baik,, artinya bisa saja cara yang disampaikan salah bisa jadi juga benar.

Karena seo tergantung mood nya algoritma google, kemauan google tidak bisa di prediksi, cuma yg jelas biasanya google akan berpihak pada blog yg memiliki kualitas pada homepage nya

Disinilah setelah bahasan menulis ini Selasai kita masuk tahap offpage,, karena offpage kunci utama SEO
Kesalahan yg sering terjadi dalam banyak coaching seo untuk job review adalah,, mereka terlalu berharap konten kita bisa masuk page muda minimal halaman 3

Sementara tingkat persaingan tinggi , apes nya waktu yg tersedia hanya 1 minggu. Dan yang dicari DA minimal 15, sedangkan da bukan tolak ukur posisi di Mesin pencari. Masalah DA dan indexing google ini berhubungan dgn backlink,,dan inilah ntinya kita bongkar pasang di offpage SEO

OFFPAGE SEO

Offpage seo merupakan salah satu teknik atau cara untuk mengoptimalkan blog yg kita miliki dari luar

Didalam seo offpage pada dasarnya ada beberapa inti saja yg mesti kita lakukan

Verifikasi google webmaster
Link building
Link wheel

Walaupun terkesan inti dasarnya cuma 3 tetapi dalam pelaksanaan bukan hal yang mudah

Saya yakin bu ibu disini rata rata tengah menjalani sebuah job seo reviews, dimana final nya konten kita mininal terindeks di halaman muda
😊
Apesnya walaupun blog kita masuk dalam klasifikasi yang diminta, misalnya DA minimal 15, spam score minimal sekian persen

Toh pada akhirnya konten yang kita buat tidak mampu mendekati keinginan agency dalam indeks serp google
Kenapa demikian? Faktor utamanya adalah karena mempet nya waktu optimasi yang diberikan, seminggu optimasi itu bukan waktu yang standar bagi sebuah blog

Kecuali homepage kita memang sudah kuat,, disinilah sudah dibilang DA bukan penentu posisi serp google
Adalah kebohongan jika da pa di kaitkan dengan indeks serp google,, yg benar adanya kekuatan backlink pada homepage

Sedangkan backlink pada konten hanya sebagai penguat. Maka dapatlah di simpulkan peran terbesar offpage SEO adalah :

  • Google webmaster
  • Link building
  • Link wheel

Mudah mudahan bu ibu bisa memahami

Link building dan link wheel terkait dengan backlink

Backlink secara umum adalah tautan blog kita pada situs situs tertentu dengan kualitas yg tinggi

Fungsi backlink ini sebagai referensi untuk google bahwa Blog kita layak menjadi yg terbaik di Mesin pencari

Dalam memainkan peran backlink tidak boleh sembarang kita menautkan blog kita pada situs situs tertentu,, apalagi hanya mengandalkan blogwaking yg bisa terindikasi spam.

Logikanya begini :
Seorang petugas KPU akan mendata seorang pemilih. Untuk mendapatkan data tersebut, KPU meminta akses dari kecamatan dan kelurahan, nah apakah kita memiliki link data pada kedua instansi tersebut?

Jika ada tentu KPU akan memasukkan nama kita sebagai daftar pemilih, jika tidak ada maka kita akan di coret

Dan kita mesti memasukkan data lagi dari awal, dari RT RW lurah hingga kecamatan

Begitulah logikanya link building ini.

 Bagaimana cara melakukan teknik link building satu arah

Kenapa mesti satu arah? Karena seperti diawal fungsi offpage adalah homepage lewat link building, satu arah disini adalah tautan yg kita simpan di sebuah web langsung menuju ke homepage.

Salah satu kunci pengutan pada blog adalah link building satu arah, artinya dalam membangun pondasi blog kita menautkan link kita pada situs-situs yang memiliki kualitas bagus dalam membangun pondasi blog yang kuat kita wajib memiliki susunan optimasi yang tertata dengan baik.

selain bertujuan menguatkan pondasi blog, link building juga mampu meningkatkan kualitas blog, baik DA, PA, CITATON FLOW, TRUST FLOW, meminimalisir broken link, meminimalisir spam score, indek google yang baik dan lainnya

Berbeda dengan link wheel, link wheel walaupun banyak yang mengatakan link building itulah link whell tetapi saya mengatakan link wheel memiliki tempat tersendiri yaitu memaksimalkan optimasi artikel atau konten. Untuk membangun link atau link building, perhatikan skema berikut :

Offpage seo link building

perhatikan, blog utama kita dikelilingi oleh situs-situs tertentu, situs apa saja nanti saya kasi ,, bisa kita bayangkan bukan? jika kita memiliki sebuah blog yang dikelilingi oleh situs dengan kualtias tinggi dari web trtentu? maka google tentu akan memberikan nilai yang sangat baik sekali.

Kenapa artikel kita selalu sulit bersaing padahal DA tinggi? salah satu penyebabnya adalah link yang kita bangun tidak memiliki kekuatan dan reputasi yang baik di mata google.

Salah satu link building yang buruk adalah blogwalking atau berkomentar antara blogger, tetapi saya disini tidak melarang bu ibu melakukannya karena memang udah dari sononya bu ibu suka bersilaturahmi, walaupun dianggap tidak baik untuk kesehatan blog, tetap tidak melarang ibu ibu melakukannya.

Tetapi sebaiknya kurangi saja blogwalkingnya. Kenapa blogwalking dibilang buruk? karena semakin banyak yang berkomentar dan yang berkomentar menggunakan link maka akan semakin kuat indiskasi spaming walaupun kita tidak melakukannya. Karena spam score juga bisa datang dari kotak komentar😊pada dasarnya BW itu baik, tapi itu dulu, sebelum google mengeluarkan beraneka merek algoritma yang hot dan aturan yang ketat tentang spam.

Maka jalan terbaik dari yang terbaik adalah melakukan link building seperti yang ada pada skema diatas

Silahakan pahami ya bu ibu

RANGKUMAN :

  1. titel dan deskripsi blog ini masalah kecil tapi kalau lengah dampaknya besar.
  2. Adalah kesalahan terbesar ketika deskripsi tidak ada dan tidak terbaca pada homepage
  3. DA PA bukan faktor penentu posisi di serp google.
  4. Kekuatan backlink pada homepage. Sedangkan backlink pada konten hanya sebagai penguat.
  5. Salah satu link building yang buruk adalah blogwalking atau berkomentar antara blogger, namun tidak baik untuk kesehatan blog. Jadi baiknya dikurangi saja.

Akhir Kata…

Materi ini berasal dari Mastah SEO Muhammad Sahlan alias Qbenk. Dipublikasikan atas persetujuan beliau. Semoga amal kebaikan Muhammad Sahlan mengalir sebagai amalan jariyah.

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005. Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017. Setelah menikah di tahun 2015 menjadi Ibu rumah tangga bahagia dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.. Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan. Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *