Memaafkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Memaafkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Memaafkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Selama kita hidup pasti pernah berbuat salah sengaja ataupun tidaknya. Saat kita berbuat salah normalnya kita akan merasa tidak nyaman, gelisah, atau menyesal. Rasa bersalah yang ingin kita hilangkan tentunya pertama kai dengan cara meminta maaf atas kesalahan yang kita lakukan.

When someone does something wrong, don’t forget all the hings they did right.

Ada yang bilang meminta maaf lebih mudah ketimbang memaafkan. Karena memaafkan membutuhkan hati yang sangat lapang untuk menerimanya. Ada juga yang bilang justru meminta maaf yang lebih susah, karena ego, malu, dan takut. Namun apabila tidak minta maaf, rasa bersalah itu akan tetap terus menghantuikan? Jadi bagi saya yang pernah melakukan kesalahan pernah merasa kesulitan meminta maaf. Saya juga pernah berusaha keras untuk memaafkan kesalahan orang lain yang memang sangat menyakitkan.

Baca Juga:  3 Nice Things About Myself
Memaafkan
Forgive

Pengertian Memaafkan

Memaafkan adalah memberi ampun atas kesalahan. Memaafkan  bisa juga berarti kegiatan mengabaikan atau melupakan kesalahan orang lain yang telah dilakukan baik pada diri sendiri maupun dari orang lain.

Memaafkan adalah kemenangan terbaik

Arti meaafkan menurut Islam adalah melapangkan dada terhadap kesalahan. Seperti peritah Allah dalam Al-Qur’an :

Dalam Al-Quran Allah berfirman:

وَلَا يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kalian bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah. Dan hendaklah mereka memberi maaf dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin Allah mengampuni kalian? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. An-Nur: 22).

Baca Juga:  5 Resolusi Tahun 2019 yang Harus Diwujudkan Demi Hidup Lebih Baik.

Manfaat Memaafkan

Selain mendapatkan pahala, kebahagiaan, dan kedamaian hati, banyak manfaat dari memaafkan terutama untuk kesehatan, antara lain :

  1. Menurunkan tekanan darah.
  2. Mengurangi stres.
  3. Mengurangi permusuhan.
  4. Mampu mengendalikan amarah.
  5. Memperlambat detak jantung.
  6. Menurunkan risiko penyalahgunaan alkohol atau narkoba.

Contoh Memaafkan :

Saya banyak melakukan kesalahan, terkadang gensi juga sih kalau mau minta maaf. Tapi untuk kelegaan hati meminta maaf itu lebih baik dan lebih nikmat. Ketika ada orang yang mendzalimi dan membuat saya marah. Saya akan selalu ingat akan surah Al-Quran Asy-Syuara mulai dari ayat 32 sampai 36 yang memerintakan untuk sabar dan syukur. Ayat di dalam surah tersebut juga menyarankan untuk memaafkan. Karena akan mendapat pahala dari Allah. Sekalipun kita mempunyai hak untuk membela diri dari kedzaliman tersebut, namun memaafkan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *