Site Overlay

Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Persalinan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Persalinan – Para pakar kesehatan pun menyarankan ibu hamil terus mengkonsumsi minyak zaitun selama kehamilannya. 
Namun, apa saja sebenarnya manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil? Simak pemaparannya berikut ini.
 
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Persalinan
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Persalinan
 
 
Minyak zaitun dianggap salah satu minyak yang sehat karena kandungan lemak tak jenuhnya cukup tinggi terutama asam lemak oleik dan polifenol. 
Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diperoleh darinya, ibu hamil disarankan untuk rutin mengkonsumsi minyak zaitun selama kehamilan. 
Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil di antaranya sebagai makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi, mengobati sembelit pada ibu hamil, mengatasi stretch mark, dan mengatasi kram kaki.
 
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan PersalinanSumber Makanan Kaya Nutrisi
Salah satu manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil adalah sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Mengingat beberapa kajian menyebut jika minyak zaitun mengandung protein, lemak, kalori, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, B2, B3, C, vitamin E, serta berbagai asam lemak tak jenuh asam oleik, asam linoleik, dan asam linolenik, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak ini secara rutin sebagai pengganti minyak sayur.
 
Ibu hamil yang sedang menjalani diet kehamilan juga disarankan untuk mengkonsumsi minyak zaitun karena ia diketahui dapat mengoptimalkan penyerapan vitamin, mineral, dan nutrien yang penting untuk pertumbuhan janin. Minyak zaitun dengan kandungan asam oleiknya ternyata juga dapat mengurangi risiko timbulnya penyakit kardiovaskular, kanker, serta anti penuaan.
 
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan PersalinanMengobati Sembelit pada Ibu Hamil
Sembelit atau susah buang air besar merupakan keluhan yang paling sering diderita seorang wanita selama kehamilannya. Penanganan sembelit yang tidak dilakukan dengan baik bisa saja menyebabkan timbulnya risiko bayi cacat.
 
Selain dengan mengkonsumsi cukup serat dari buah dan sayur, ibu hamil yang mengalami sembelit juga disarankan untuk mengkonsumsi satu sampai dua sendok minyak zaitun di pagi dan sore hari. Minyak zaitun akan membantu mencerna makanan yang ada di usus dan lambung melalui pelepasan asam gastrik untuk melunakan makanan yang menyumbat.
 
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan PersalinanMengatasi Stretchmark
Untuk mencegah timbulnya stretch mark pasca kehamilan, ibu disarankan untuk rutin membalurkan minyak zaitun sebelum tidur selama masa kehamilan trimester 2 dan 3. Pembaluran juga dapat terus dilanjutkan hingga setelah melahirkan untuk memudarkan stretch mark yang masih mungkin bisa muncul. Perlu diketahui bahwa pembaluran minyak zaitun selain dapat mencegah stretch mark juga dapat mengobati gatal di perut selama kehamilan, mengingat minyak zaitun termasuk kaya vitamin E.
 
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan PersalinanMengatasi Kram Kaki pada Ibu Hamil
Saat hamil, ada kalanya ibu akan mengalami kram kaki dengan intensitas sering. Meski tergolong normal dan tidak membahayakan janin, kram kaki ini tentu akan terasa sakit dan menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk mengobatinya, ibu hamil dapat melakukan pijat dan  urut pada bagian kaki yang kram menggunakan minyak zaitun
 
Melancarkan Persalinan dengan Mengonsumsi Minyak Zaitun
 
Semakin tua usia kehamilan biasanya ibu hamil akan mulai mempersiapkan diri untuk hari persalinannya. Persiapan untuk persalinan tidak hanya siap fisik saja, namun persiapan mental juga diperlukan. 
 
Apalagi bagi ibu yang baru pertamakali menjalani persalinan pasti mentalnya harus sangat siap karena belum tahu apa yang akan dirasakan saat persalinan atau persalinan merupakan hal baru bagi ibu muda.
 
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Persalinan
Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Persalinan
 
 
Masalah mental atau psikologi yang sering dialami ibu hamil menuju persalinan adalah ketakutan munculnya masalah atau kendala saat proses persalinan. Seperti bayi salah posisi atau bayi sulit keluar dari kandungan karena masalah tertentu.
 
Namun baru-baru ini ada kabar yang cukup menenangkan bagi ibu hamil yang hendak melakukan persalinan. Mereka tidak perlu khawatir lagi dengan kesulitan yang akan dihadapi saat persalinan. Kabar tersebut yaitu bahwa dengan mengonsumsi minyak zaitun maka akan melancarkan proses persalinan. Lalu benarkah bahwa mengonsumsi minyak zaitun dapat memperlancar persalinan?.
 
Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang sangat kaya dengan nutrisi. 
Kandungan nutrisi tersebut meliputi • Lemak
 ( omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh),
• vitamin E, vitamin K, vitamin B, 
• phenolic atau zat besi, dan protin. 
Dari kandungan-kandungan tersebutlah mengapa mengonsumsi minyak zaitun dapat memperlancar proses persalinan anda.
 
Lancarnya proses persalinan karena rajin mengonsumsi minyak zaitun terjadi karena adanya beberapa proses dalam diri anda sehingga menunjang kemudahan persalinan. Seperti manfaat zaitun dalam membantu pelemasan sendi-sendi anda saat proses persalinan. Dengan sendi yang lemas maka proses persalinan akan menjadi lebih mudah.
 
Selain melemaskan sendi, minyak zaitun juga memiliki manfaat lainnya saat proses persalinan yaitu menstimulasi aliran darah yang menuju ke perinium sehingga membantu mempersepat proses penyembuhan setelah melahirkan, membantu peregangan kulit dari dalam, dan juga dapat mengurangi serta mencegah garis kulit akibat regangan kulit saat kehamilan lebih tua.
 
Dari uraian di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa benar adanya jika mengonsumsi minyak zaitun saat kehamilan maka akan memperlancar proses persalinan karena begitu banyaknya manfaat yang diberikan minyak zaitun pada saat proses persalinan. Untuk mengonsumsi minyak zaitun, saat hamil dianjurkan meminum sebanyak satu sampai dua sendok makan minyak zaitun.
 
Mengonsumsi minyak zaitun memang dapat memperlancar persalinan, namun tidak cukup hanya minyak zaitun, anda juga perlu menjaga kesehatan anda dan juga janin. Untuk menjaga kesehatan anda dan janin maka pastikan anda memiliki waktu istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan minum air putih yang banyak. Jika perlu anda juga bisa melakukan beberapa olahraga seperti senam hamil.
EXCLUSIVE  Apa Bagusnya Sih Jadi Blogger?

1 thought on “Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil dan Persalinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *