https://www.sangmaya.com/bermain-bersama-bunda-membuat-platisin-homemade/
TIPS,  FAMILY

Bermain Bersama Bunda Membuat Platisin Homemade

Assalamualaikum Bunda-bunda hebat. Semoga Bunda dan keluarga sehat selalu dan tidak kekurangan apapun. Alhamdulillah tahun ini saya terpilih sebagai Mombassador SGM Eksplor. Apa itu Mombassador SGM Eksplor? Nanti InsyaAllah saya ceritakan lebih komplit di artikel berikutnya ya.

Bermain Bersama Bunda Membuat Platisin Homemade
Queen sedang asyik bermain masak-masakkan dengan platisin

Tidak terasa sudah sembilan bulan pandemi melanda banyak negara termasuk Indonesia. Semoga Bunda-bunda tidak mengalami kesulitan dalam mendampingi si kecil dalam pembelajaran online di rumah saja, dan terus mendukung tumbuh kembangnya agar menjadi Anak Generasi Maju.

Nah, kali ini saya mau share cara membuat platisin homemade yang berbahan aman dan murah meriah. Ceritanya saya pernah mendapatkan hadiah sponsor berupa satu set mainan platisin. Tentunya yang paling senang adalah anak saya. Namun ternyata platisin tersebut keberadaannya tidak bertahan lama, semua warnanya saling bercampur, dan jumlahnya makin berkurang karena dibagi-bagikannya juga ke teman-temannya.

Jadi saya coba googling cara membuat platisin yang aman untuk anak. Akhirnya ketemu satu resep platisin yang menurut saya paling aman dan lumayan terjangkau. Karena aman dan mudah Bunda bisa mengajak anak dalam proses pembuatannya loh biar lebih menyenangkan.  Apa saja bahan-bahannya?

Cara Membuat Platisin Homemade berbahan Aman dan Murah

Bahan-bahan yang diperlukan tidak banyak cukup, air, terigu, minyak goreng, pewarna makanan, dan garam Berikut komposisinya ya.

Bahan :

  • 250 gr tepung terigu
  • 100 cc air
  • 3 -4 sdm garam
  • 3 sdm minyak goreng
  • Aneka pewarna makanan

Cara Membuat :

  • Terlebih dahulu campur air dan minyak goreng
  • Campur terigu dengan garam
  • Masukkan air yang sudah diberi minyak goreng ke terigu yang sudah bercampur dengan garam sedikit demi sedikit sambil terus diuleni sampai kalis atau tidak lengket
  • Bagi beberapa adonan, dan berikan 4-5 tetes pewarna makanan yang diinginkan
  • Platisin sudah jadi 🙂
Bermain Bersama Bunda Membuat Platisin Homemade
Platisin Homemade sudah jadi
Bermain Bersama Bunda Membuat Platisin Homemade
Bermain Bersama Bunda Masak-masakan dengan platisin homemade

Bermain Bersama Bunda dengan Platisin Homemade

Banyak aneka permainan yang bisa kita gunakan dengan platisin, antara lain :

Masak-masakan, bermain peran penjual dan pembeli, membuat aneka miniatur patung hewan atau bunga, membuat es krim, bola, dan boneka platisin. Ada manfaatnya juga loh membuat dan bermain platisin bersama anak.

Manfaat Bermain Platisin Homemade :

  1. Menstimulasi anak terhadap aneka bentuk dan tekstur bahan.
  2.  Mengenalkan aneka warna pada anak
  3. Mendukung anak berfikir kreatif
  4.  Mendukung proses pembelajaran anak
  5. Tidak membuat anak cepat bosan

Bagaimana Bunda-bunda tertarik untuk membuatnya juga bersama anak? Supaya Bunda-bunda tidak ketinggalan info menarik lainnya, Bunda-bunda bisa mengunjungi website generasimaju.co.id serta follow akun instagram @akuanaksgm.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya Bunda, selamat mencoba dan terus dukung anak menjadi generasi maju !

Salam Bunda Hebat!

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *