Qur'an
RELIGI

8 Rezeki Yang Disebutkan Dalam Al Qur’an, Salah Satunya Perbanyak Bersyukur

SANGMAYA.COM – 8 rezeki yang disebutkan dalam Al Qur’an mempunyai arti bahwa rezeki sejatinya sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa.

Untuk mendapatkan rezeki yang sudah disebutkan dalam Al Qur’an, manusia harus berikhtiar dan berusaha. Tidak hanya itu, semua yang dilakukan harus disertai dengan doa.

Manusia seringkali melihat rezeki dari sudut material yang dihasilkan dari titik peluh dia bekerja, padahal rezeki Allah itu teramat luas. Bisa rezeki kesehatan, rezeki dari mmemiliki anak yang shalih, rezeki memiliki persahabatan.

Rezeki adalah rahasia Allah tetapi manusia perlu berusaha untuk mendapatkan rezeki itu. Selebihnya, terserah kepada Allah.

Berikut 8 jalan rezeki yang disebutkan dalam Al-Qur’an:

1. Rezeki yang telah dijamin

Rezeki yang sudah dijamin Allah berarti rezeki yang memang sudaah ditetapkan Alllah dan pasti akan kamu dapatkan. Allah selalu memberikan yang terbaik dan cukup untuk diri kita.

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

Dan tiadalah sesuatupun dari makhluk-makhluk yang bergerak di bumi melainkan Allah jualah yang menanggung rezekinya dan mengetahui tempat kediamannya dan tempat ia disimpan. Semuanya itu tersurat di dalam Kitab (Lauh mahfuz) yang nyata (kepada malaikat-malaikat yang berkenaan).(Hud 11:6)

2. Rezeki yang tidak terduga

Sobat Maya siapa yang pernah sedang tidak memiliki uang, atau sedang lagi krisis keuangan, tapi tiba-tiba mendapatkan hadiah, atau kunjungan, atau kiriman uang yang tidak disangka-sangka. Itulah bagian rezeki yang tidak terduga.

Selama Sobat Maya terus berbuat baik, dan yakin kepada Allah, InysaAllah Sobat Maya akan mendapatkan rezeki yang tidak terduga dan disebutkan juga dalam Al-Qur’an

وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (At-Talaaq : 2-3).

3. Rezeki karena anak

Dahulu ada kiasan banyak anak banyak rezeki. Hal ini ternyata dibenarkan dalm Al-Quran bahwasannya anak mempunyai rezekinya masing-masing. Allah sendiri yang menanggung rezeki seorang anak, termasuk rezeki kita juga.

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (Al-Israa’ : 31).

4. Rezeki karena istighfar

Memperbanyak dzikir teruta istighfar tidak hanya menghapus dosa-dosa, tapi juga mendatangkan rezeki.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ( ) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا

Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.” (Nuh : 10-11).

5. Rezeki karena menikah

Menikah juga membuka pintu rezeki tersendiri loh, Hal ini sudah dijamin oleh Allah bahwasannya yang menikah maka akan diberikan kekayaan dan kelimpahan karunia dari Allah.

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ

Dan kahwinkanlah orang-orang bujang (lelaki dan perempuan) dari kalangan kamu, dan orang-orang yang soleh dari hamba-hamba kamu, lelaki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kekayaan kepada mereka dari limpah kurniaNya kerana Allah Maha Luas (rahmatNya dan limpah kurniaNya), lagi Maha Mengetahui.(An-Nuur 24:32)

6. Rezeki karena bersyukur

Jangn lupa bersyukur atas segala karunia yang telah atau masih didapatkan. Seperti detak jantung yang masih berfungsi baik, bersyukur dapat melihat, bersyukur semua indra masih berfungsi baik, bersyukur masih hidup dengan baik.

Dengan bersyukur maka rezeki akan ditambahkan oleh Allah, asyik banget kan.

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Demi sesungguhnya! Jika kamu bersyukur nescaya Aku akan tambahi nikmatKu kepada kamu, dan demi sesungguhnya, jika kamu kufur ingkar sesungguhnya azabKu amatlah keras”.(Ibrahim 14:7)

7. Rezeki karena sedekah

Bagi yang ingin punya kelimpahana rezeki maka harus perbanyak juga sedekahnya.

‎مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً

Siapakah orangnya yang (mahu) memberikan pinjaman kepada Allah sebagai pinjaman yang baik (yang ikhlas) supaya Allah melipatgandakan balasannya dengan berganda-ganda banyaknya? Dan (ingatlah), Allah jualah Yang menyempit dan Yang meluaskan (pemberian rezeki) dan kepadaNyalah kamu semua dikembalikan.(Al-Baqarah 245)

8. Rezeki karena usaha

Segala sesuatu yang telah diusahakan pasti mendapatkan balasan rezeki sesuai yang diusahakan. Jadi Sobat Maya jangan rebahan saja terus ngarep banyak punya duit. Kerja keras dan berusahalah sebaik mungkin agar bisa mendapatkan rezeki yang banyak.

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى

Dan bahwa sesungguhnya tidak ada (balasan) bagi seseorang melainkan (balasan) apa yang diusahakannya.(An-Najm 53:39)

Itulah 8 rezeki yang disebutkan dalam Al-Quran. Semoga Sobat Maya mendapatkan kelimpahan rezeki.

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *