Hoby yang Bermanfaat Hoby yang Jadi Cuan?
HOBBY

Hoby yang Bermanfaat Hoby yang Jadi Cuan?

Hoby yang Bermanfaat Hoby yang Jadi Cuan?

Kebanyakan orang tentunya memiliki hoby, mau itu nonton, makan, jalan-jalan, baca buku, nulis, masak, buat kerajinan tangan, menggambar, olahraga, hingga rebahan doang.

Sebelumnya saya sudah pernah menuliskan tentang 26 Daftar Hoby yang Menghasilkan Uang Bagi Ibu Rumah Tangga

Jadi pada kesempatan kali ini saya mau cerita tentang dua hoby saya yang telah berhasil menjadi cuan.

Sesuatu hal yang paling kita sukai itulah namanya hoby, dan hoby menurut saya gak harus satu, boleh kok punya beberapa hoby seperti nonton film, main game, atau baca komik, jalan-jalan dan kulineran.

Saya memiliki beberapa hoby seperti baca komik, nonton, nulis, dan buat kue. Tidak semua hoby saya menghasilkan uang, namun hoby saya yang menghasilkan uang ada dua yakni menulis dan membuat kue.

Hoby yang pertama adalah menulis, Alhamdulilllah lewat menulis saya bisa menerbitkan secara indie satu buah buku. Memang tidak best seller, tapi punya suatu karya dalam hidup itu menyenangkan, seperti memiliki blog ini juga.

Lewat menulis, saya bisa mendapatkan penghasilan bulanan dari 200 ribu hingga 2 juta rupiah.

Sambil menulis artikel ini saya jadi mengingat beberapa kepingan memori betapa dulu saya sangat senang menulis dan mengarang cerita.  Sampai saya sempat mengalami gangguan mental dan berhenti  menulis dan berjuang kembali untuk bisa menulis mengungkapkan perasaan hati dengan merangkai kata.

Hoby kedua adalah bikin kue, yang awalnya hanya coba coba buat kue untuk makan sendiri, eh ternyata banyak yang suka dan memesan kue dari saya.

Kue yang saya buat mulai dari kue bolu, cupcake, muffin, brownies, hingga kue kering.

Sampai saat ini saya masih memproduksi kue untuk di titipkan ke beberapa warung ataupun toko. Cukup 2 jam dalam sehari untuk memproduksi 2-4 loyang kue.

Sayangnya pemasukan dari jualan kue ini keuangannya bercampur dengan keuangan pribadi, jadi tidak terlalu kelihatan, cuma ya bisalah untuk mengcover jajannya anak.

Dulunya mau itu menulis ataupun membuat kue adalah sekedar hoby semata yang membahagiakan tanpa harus menghasilkan uang. Sekarangpun masih begitu, menghasilkan uang dari sebuah hoby itu nilai bonus

Intinya dari sebuah hobi bisa menghasilkan uang, kalaupun hoby yang dilakukan tersebut belumlah dapat menghasilkan uang jangan pernah menyerah, jangan pernah berhenti belajar, tetap semangat dan terus berusaha dan berdoa memohon kepada Allah.

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *