26 Daftar hobi yang menghasilkan uang
HOBBY,  MY LIFE,  TIPS

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga

26 Daftar Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu sebenarnya berat. Mengasuh dan membesarkan anak bukanlah pekerjaan untuk  orang berhati lemah. Ibu rumah tangga tentunya membutuhkan sesuatu seperti “Mom Time” dari pekerjaan yang dialaminya sepanjang hari.

Memiliki hobi  bisa menjadi cara terbaik untuk menikmati “Mom Time” sambil tetap merasa produktif.

Setiap orang sebenarnya pasti punya hobi atau kegemaran terhadap suatu aktivitas tertentu. Hobi banyak mencakup banyak hal seperti mengoleksi benda, melibatkan diri dalam kegiatan kreatif dan artistik. Bermain, olahraga, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan untuk beberapa hobi ada loh yang benar-benar bisa menghasilkan uang.

Jika Ibu-ibu masih belum terlalu yakin mau memulai hobi yang bermanfaat dan menghasilkan uang seperti apa. Saya dapat menuliskan seratus lebih daftar hobi yang berhasil menghasilkan uang. Tidak peduli apakah ibu rumah tangga yang mengurus anak dan rumah, atau ibu rumah tangga yang bekerja di rumah,  atau ibu yang berkerja kantoran, ibu muda, ibu tua, ibu mertua, ibu yang sedang hamil, punya anak kecil, atau anak yang sudah besar, bahkan calon ibu. Pasti ada hobi yang tepat untuk kamu yang seorang ibu.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Para ibu sedang belajar nulis bareng

Hanya kali ini saya akan membagikan 26 daftar hobi saja. Daftar hobi yang menghasilkan ini bisa dilakukan dari rumah, sehingga ibu rumah tangga tetap bisa memberikan perhatian dan menjaga kualitas waktu bersama keluarga terutama anak.

Manfaat Memiliki Hobi

Memiliki hobi tentunya memberikan beberapa manfaat antara lain :

  • Membantu para ibu bersantai
  • Memberikan kesempatan untuk berinteraksi sosial dengan para ibu lainnya dan menambah pertemanan.
  • Personal branding
  • Mempertahankan akal sehat
  • Kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas
  • Mencerdaskan otak
  • Menghasilkan uang
  • Menghilangkan kebosanan
  • Memberi nilai lebih bagi ibu rumah tangga
  • Membantu ibu rumah tangga untuk tetap menjadi orang yang produktif nan positif
  • Ladang amal jariyah

Hobi Untuk Ibu Rumah Tangga

Scroll terus ke bawah agar dapat mengetahui 26 daftar hobi yang menghasilkan uang untuk ibu rumah tangga apa saja:

1. Ngeblog 

Saya selalu menyarankan teman-teman saya untuk membuat blog sendiri. Baik itu sekedar blog untuk curhat, berbagi pengalaman, ataupun blog dengan tema tertentu yang lebih spesifik dan pastinya lebih baik. Apa bagusnya menjadi seorang blogger dan bagaimana menghasilkan uang dari ngeblog sudah ada saya bahas di artikel sebelumnya.

2. Menulis

Menulis merupakan hobi saya sejak kecil, dan saat ini sudah menjadi passion saya. Suatu kegiatan yang saya cintai dan banyak menolong diri saya. Tanpa disangka kegiatan merangkai kata ini dapat menambah pemasukan. Pertama kali saya mendapatkan uang dari menulis adalah dengan membuat karya ilmiah saat kuliah. Saya mendapatkan uang Rp 5.000.000 dari Dikti.

Penghasilan menulis lainnya didapatkan dari penjualan buku yang saya terbitkan secara indie.  Membuka jasa menulis, dan menulis blog.

3. Kaligrafi atau lettering

Seni menulis indah dalam bahasa arab biasa dikenal dengan istilah kaligrafi. Sedangkan dalam bahasa inggris dikenal sebagai lettering. Saya pernah belajar menulis kaligrafi saat masih di pondok pesantren, soalnya dijadikan mata pelajaran juga sih. Kaligrafi-kaligrafi yang bagus biasa diikutkan kompetisi kaligrafi. Bahkan ada beberapa teman yang expert dalam kaligrafi mendapatkan uang dari hasil menjual kaligrafinya serta membuka jasa menulis kaligrafi.

Sedangkan untuk lettering saya pernah mengikuti kursusnya secara gratis di Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat. Sedikit cerita tiap tahun Perpusda Kalbar selalu punya program literasi yang cukup kece seperti kelas menulis, kelas lettering, kelas membuat komik, dan banyak program lainnya yang tidak hanya book fair atau bedah buku saja. Hasil dari kelas literasinya juga dibukukan loh, dan dilaunchingkan saat book fair Perpusda Kalbar. Semua biaya ditanggung oleh Perpusda Kalbar.

Pengalaman belajar lettering bisa membuka peluang baru untuk jasa membuat brand, jasa lettering untuk di kafe atau restoran-restoran, atau menjual hasil lettering di berbagai media seperti kayu, gelas, kaos, sticker, dan banyak lainnya.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Baru belajar lettering

Baik dari kaligrafi maupun lettering saya menyukai keduanya. Apapun yang berkaitan dengan dunia literasi pasti saya suka. Sayangnya posisi saya dalam kedua hal tersebut masih di level pemula atau amatiran. Jadi saya belum bisa menghasilkan hobi dari kaligrafi ataupun lettering.

Untuk mempelajari kaligrafi ataupun lettering tidak harus mengikuti kursus. Tutorial secara online sudah banyak, tinggal ditekuni saja.

4. Bisnis Kuliner

Selama manusia masih mengkonsumsi makanan, maka bisnis kuliner tidak akan pernah ada matinya. Tentu hal ini merupakan kabar baik bagi para ibu yang memang punya bakat atau hobi memasak, membuat kue, dekorasi kue, aneka minuman, dan juga dessert.

Saya salah satu pelaku bisnis kuliner sejak SD karena ekonomi keluarga saya dahulu masih lemah. Saya biasa membawa kue atau makanan untuk dijual di kelas, tentunya jangan sampai ketahuan pihak sekolah, apalagi pihak kantin. Bagian produksi makanan adalah ibu saya, dan marketingnya adalah saya. Namun setelah saya makin tambah umur, saya juga memulai produksi makanan sendiri. Beberapa resepnya sudah ada saya tuliskan di blog ini, dan mungkin suatu saat nanti saya ingin punya blog tersendiri khusus untuk kuliner.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Pie browniesnya Bu ibu, silahkan diorder 😊

5. Stylish

Kebanyakan ibu-ibu pasti ingin tetap tampil cantik dan menarik sampai kapanpun. Bagi para ibu yang hobi dandan, perawatan, dan mengikuti tren fashion hal ini bisa menjadi ladang uang. Saya pernah berhenti kerja dari media dan banting setir ke bisnis kecantikan dengan membuka salon. Entah apa yang merasuki saya saat itu, namun saya ingin penampilan alakadarnya saya berubah.

Saya ikuti kursus kecantikan lagi-lagi yang gratisan saja dari Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja. Gak usah yang berbayar dulu ya ibu-ibu, tiap tahun Dinas-dinas pemerintahan pasti mengadakan berbagai macam pelatihan, dan juga ada memberikan bantuan modal usaha juga loh bagi yang serius.

Saya juga  mempelajari secara online tentang make up, facial, dan hal-hal yang berbau kecantikan. Hasilnya lumayan, baik dari penampilan saya maupun dari saldo rekening saya.

6. Bercocok- tanam

Sejak kecil saya sudah dilatih untuk rajin bercocok tanam. Sehingga dimanapun saya tinggal pasti menanam sesuatu. Mulai dari cabe, tomat, jahe, serai, dan banyak lagi lainnya. Hasil tanaman yang pernah saya jual kebanyakan adalah buah-buahan yang tumbuh di halaman rumah seperti jambu, mangga, dan jeruk.

Sewaktu SD saya juga pernah menjual diam-diam buah duku atau langsat dari kebun kakek saya ke sekolah. Ketika ketahuan saya tidak dimarahi, malah dibukakan lapak depan rumah yang memang pinggir jalan. Mulai dari sini ekonomi keluarga saya mulai naik.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Panen cabai dulu Bu ibu

Jadi bagi yang hobi bercocok tanam dan hasilnya banyak bisa dicoba untuk dijual, baik itu buahnya atau bibitnya.

7. Mengajar Via Online

Kalau muridnya mau datang ke rumah, kita bisa mengajar secara offline di rumah saja. Namun apabila muridnya terlalu banyak atau rumahnya sangat jauh dan agak repot untuk datang ke tempat kita, maka belajar via online merupakan solusinya.

8. Memulai YouTube Channel Sendiri

Punya suatu hobi apapun bisa kita buatkan blog, namun jika tidak hobi menulis dan lebih senang dengan konsep visual, maka bisa mulai dengan membuat konten YouTube.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Boleh mampir untuk subscribe 😁

9.  Memulai Podcast sendiri

Bagi yang senang berbicara juga bisa mulai berbagi lewat podcast.

10. Menjual foto secara online

Senang dengan dunia fotografi kita bisa menjual hasil jepretan kita secara online lewat Shutterstock atau istockphoto.

11. Membaca

Membaca juga merupakan hobi saya, sayangnya secara spesifik saya belum pernah mendapatkan uang dari membaca. Namun boleh dicoba bagaimana membaca bisa menghasilkan uang lewat Free Profreading Workshop sehingga bisa bergabung dengan profreadanywhere.com

 

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Bersama Readers Club Balikpapan

12. Jualan online

Jualan online ini tidak harus memproduksi barang sendiri. Saya biasa jualan online ngambil barang dari marketplace, kemudian dijual lagi di sosial media atau whatsapp. Pengiriman barang juga bisa dari marketplace tersebut dan jangan lupa centang kolom dropshipper. See…mudah banget kan. Modalnya cuma kuota dan jempol.

13. Menterjemahkan

Punya kemampuan berbahasa asing bisa membuka layanan menterjemahkan.

14. Merajut

Jangan ragu untuk memasarkan hasil rajutan dari hobi merajut. Keahlian merajut cukup banyak digemari, sehingga ibu juga bisa membuka kelas merajut untuk para wanita yang mau ikutan belajar merajut.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga

    Produk rajutan punya teman @fokadoka

15. Menjahit

Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis tentang fashion juga tidak ada matinya selama manusia masih mau mengenakan pakaian. Jadi beruntunglah bagi yang mempunyai hobi atau keahlian menjahit.

Tidak harus selalu menjahit baju. Menjual produk jahitan kecil-kecilan seperti sarung tangan motor, sarung tangan dapur, handuk, sarung bantal, dan juga masker kain yang sedang trending saat ini malah memberikan penghasilan yang cukup lumayan.

Teman saya yang memang hobi dengan menjahit bisa mendapatkan penghasilan minimal Rp 2.000.000 perbulan hanya dari menjual sarung tangan motor saja. Belum dengan produk jahitan lainnya. Sedangkan teman yang membuka jasa permak pakaian bisa menghasilkan uang sekitar Rp 20.000 – Rp 100.000 perhari, lumayan ya bisa buat jajan bakso.

16. Main game online

Saat ini sudah banyak game online yang lumayan berfaedah seperti shoppe tanam, atau hago yang bisa menghasilkan uang juga.

17. Kerajinan tangan

Hobi membuat kerajinan tangan juga punya nilai dan pangsa pasarnya tersendiri.

18. Menggambar

Punya hobi gambar juga bisa dijual loh.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Sketsa rumah tua yang pernah saya beli

19. Design grafis

Sama halnya dengan menggambar, design grafis juga masih banyak diminati, layak jual, bahkan ada kompetisinya.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Bodas versi kartun

20. Menjawab survey online

21. Jasa penitipan anak

Senang bermain sama anak kecil bisa membuka jasa penitipan anak.

22. Jasa penitipan hewan peliharaan

Saat musim mudik atau liburan panjang banyak orang yang ingin mencari jasa penitipan hewan peliharaan.

23. Terapis kesehatan

Punya keahlian facial, lulur, pijat, akupuntur, dan bekam bisa membuka jasa terapi kesehatan.

24. Seni bela diri

Punya keahlian seni bela diri bisa membuka jasa pelatihan seni bela diri.

25. Mentor olahraga

Punya keahlian dalam bidang olahraga tertentu juga bisa membuka jasa mentor olahraga pribadi.

26. Jasa promosi

Punya sosmed yang banyak follower, boleh loh buka jasa promosi produknya teman. Seperti endorse

Apakah Hobi untuk Ibu Rumah Tangga Berbeda dengan Hobi Lainnya?

Hobi untuk ibu rumah tangga sedikit lebih unik ketimbang hobi lainnya hanya karena satu faktor, yakni punya anak!

Anak memang banyak menyedot perhatian, mulai dari waktu, pikiran, dan tenaga.  Mau itu anak kecil atau anak yang sudah besar. Sebesar apapun anak tumbuh, mereka tetap akan membutuhkan ibunya.

26 Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang Untuk Ibu Rumah Tangga
Kerja sambil jaga momong anak itu sesuatu.

Sangat penting bagi ibu rumah tangga untuk tetap menjaga faktor keamanan bagi yang memiliki hobi dengan menggunakan unsur bahan kimia, atau benda tajam seperti gergaji untuk kerajinan kayu, pisau untuk masak, gunting untuk menjahit, bahkan colokan kabel listrik juga harus dipastikan untuk tidak dimainkan oleh anak-anak.

Ibu rumah tangga pasti memiliki waktu yang lebih luang saat anak-anak berada di sekolah. Sehingga dapat melaksanakan hobinya dengan tenang. Namun bagi ibu rumah tangga yang anak-anaknya masih kecil seperti anak saya, boleh minta bantuan atau bekerjasama dengan suami agar bisa memberikan waktu khusus ibu alias “Mom Time”.

Bahkan jika kamu merasa tidak memiliki banyak waktu, namun hobi ini adalah sesuatu yang kamu senangi. Kamu pasti memiliki jalan keluar untuk melakukannya dalam keseharian kamu meskipun harus melibatkan anak-anak. Atau bisa jadi hobi yang kamu senangi mendapatkan inspirasi dari anak, seperti menerbitkan buku cerita untuk anak, design baju anak-anak, dan banyak lainnya.

Bagaimana Cara Memilih Hobi untuk Ibu Rumah Tangga?

Hobi yang baik untuk ibu rumah tangga adalah hal yang disukai saat dilakukan, memberikan masukkan energi positif, bahkan membuat hidup menjadi lebih berarti.

You’re never to old to try something new

Pilih hobi yang paling kamu sukai saja. Karena tujuan utama memiliki hobi agar dapat relaksasi bukan untuk mencari uang. Beberapa hobi ada juga yang dapat mengasah kemampuan belajar atau meningkatkan suatu keahlian.

Punya hobi juga tidak harus satu, boleh banyak kok. Seperti saya yang punya hobi nulis, baca buku, main game, nonton, berkebun, jalan-jalan, main catur, main sama anak, dan makan. Perjalanan waktu akan memperlihatkan mana yang paling kita sukai sampai hobi yang kita lakukan bisa menghasilkan sesuatu.

Melakukan hobi yang menyenangkan hati pasti lebih disukai. Mendapatkan penghasilan dari hobi adalah nilai tambahan saja.

Semoga bermanfaat.

Have a nice life!

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *