Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
LIFESTYLE,  BEAUTY

Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa

     Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa – Bagi penggemar Bollywood pasti tidak asing dengan mahendi yang sering dipakai orang India, terutama apabila ada acara pernikahan. Baik pengantinnya, keluarga, dan teman-teman pengantin pasti menggunakan mahendi. Bagi orang India, mahendi pengantin berwarna merah terang, sedangkan yang bukan pengantin berwarna hitam atau coklat. 
 
Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
     Mehendi adalah seni menghias tubuh dengan henna. Mehendi berasal dari tumbuhan tertua yang bernama lawsonia inermis atau yang umum disebut henna.  Tanaman kosmetik ini sudah dipergunakan sejak 5.000 tahun, biasa dipakai pada bagian tubuh dengan membuat desain pola yang unik juga indah atau dipergunakan untuk mewarnai rambut. Pada zaman dahulu henna dikenal untuk menyehatkan rambut agar tampak lebih mengkilap dan menyehatkan kulit kepala.
     Warna asli dari mehendi adalah oranye-kekuningan. warna ini akan berubah semakin gelap apabila teroksidasi selama 48 jam menjadi coklat kemerahan. Mehendi yang berwarna hitam, merah, ungu, hijau dan lainnya bukan mehendi alami, melainkan sudah diberi pewarna sintetis. Oleh karena itu penggunaan mehendi yang menggunakan bahan kimia sintetis lebih baik di tes di kulit terlebih dahulu agar mengetahui apakah kulit alergi dengan bahan tersebut atau tidak. Karena pada dasarnya mehendi yang bersifat alami tidak menyebabkan alergi.
Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
Mehendi Pengantin Modern
 
     Saya biasa menggunakan mehendi apabila menjelang hari raya, dan saya juga mengunakan mehendi saat akad pernikahan. Tarif mehendi beragam, dari harga Rp 15.000 pertangan atau kaki, sampai Rp 75.000 tergantung dari motif dan warna yang diinginkan. Bagi saya motif yang simple lebih cantik dan menarik. 
 
     Apabila orang yang tidak mengetahui tentang mehendi sering mengira saya sedang pakai tato. Mehendi dan tato sangat berbeda jauh sekalipun keduanya memiliki kesamaan yakni sama-sama seni melukis di atas kulit. Hanya saja tato menggunakan jarum dan bahan sintetis, tato juga tidak bisa hilang kecuali disetrika atau menggunakan laser. Sedangkan mehendi menggunakan wadah plastik kecil berbentuk kerucut untuk melukis di atas kulit.
 
 
Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
Mehendi  Tangan Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
        Hukum memakai henna atau mehendi menurut agama Islam adalah mubah (boleh). Mehendi tidak menghalangi air wudhu ke kulit. yang tidak boleh adalah kuteks di kuku tangan atau kaki karena menghalangi air wudhu.
 
Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
Mehendi kaki
 
     Mehendi sebenarnya tidak asal cantik, Motif-motif mehendi memiliki arti tersendiri. Arti motif mehendi ternyata menyimpan doa dan harapan bagi yang mengngenakannya. Motif mehendi design bunga diharapkan membawa kebahagiaan dan kesuburan. Motif mehendi design sulur atau tanaman merambat mengandung arti harapan agar pernikahan berumur panjang. Design kupu-kupu atau capung merupakan simbol terlahir kembali sebagai wanita baru. sedangkan arti motif mehendi design burung memiliki simbol spiritual tersendiri, yakni kebebasan dan penghantar doa ke langit. 
 
     Arti motif mehendi matahari merupakan perlambang kehangatan dan cinta abadi. sedangkan motof bintang dan bulan merupakan lambang kesuburan agar segera diberikan keturunan. Design air pada mehendi biasanya berbentuk ombak atau embun atau gelombang-gelombang air yang diartikan sebagai kesucian jiwa pengantin.
 
Mehendi Simple dan Cantik Untuk Hari Istimewa
Mehendi Pengantin
 
    Berniat juga menggunakan mehendi? waktu di Pontianak Kalimantan Barat saya biasa menggunakan jasa mehendi @desihennapotianak. ada juga beberapa jasa mehendi lainnya tetapi saya lupa namanya. Sedangkan selama tinggal di Jawa saya belum pernah menggunakan jasa mehendi. Bagi yang ingin mencobanya bisa searching di berbagai sosial media atau mau coba gambar sendiri juga boleh. Henna biasanya terdapat di toko-toko arab, atau perlengkapan haji juga biasanya ada.
 
Selamat mencoba 🙂
 
EXCLUSIVE  Tampil Stylish dengan Leather Goods Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *