Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal
RECIPE

Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal

Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal Sudah lebih dari dua minggu saya berjualan risoles isi kentang dan wortel dan juga risoles bihun. Ini adalah pengalaman pertama saya membuat risoles. Sebelumnya saya searching dan mengambil resep dari internet cara membuat kulit risoles. Begitu banyak cara, bahan dan teknik bahkan ada resep kulit risoles untuk satu kilo terigu menggunakan 10 telur. Namun saya memilih resep yang bertuliskan MUDAH DAN ANTI GAGAL, juga menyaksikan video cara pembuatannya yang sepertinya mudah dan cepat.

Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal
Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal

 

     Hanya saja ketika saya mempraktekkan dari resep anti gagal tersebut tetap saja gagal, kulitnya terlalu tebal sehingga seperti membuat goreng telur dan tidak bisa dibuat kulit risoles karena menjadi patah. Saya coba lagi dengan resep lain yang juga katanya ekonomis namun ternyata hasilnya malah banyak kulit risoles yang mudah sobek dan lagi-lagi tidak dapat digunakan.
 

     Untungnya saya mendapatkan saran dari seseorang yang berjualan kulit risoles di pasar bagaimana cara membuat kulit risoles dengan bahan irit dan cepat mengerjakannya. Baginya cukup butuh satu jam saja untuk membuat kulit risoles sebanyak satu bakul besar yang dibawanya tiap pagi ke pasar. Sayapun mengikuti sarannya dan akhirnya berhasil membuat kulit risoles yang bagus, mudah dan hemat bahan.

Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal
Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal

 

  • Bahan :

– Terigu protein sedang 500gr

– Telur 1 butir
– 3 sdm minyak goreng
– Air 1,5 liter
– Garam 1/4 sdm 
 
  • Cara Membuat :

– Blender semua bahan selama kurang lebih 5 menit. 

– Masak dengan menggunakan teflon anti lengket selama kurang lebih 2-3 menit
– Gunakan api kecil


   Resep ini untuk sekitar 40 kulit risoles dengan menggunakan teflon berdiameter 24. jika menggunakan teflon berdiameter lebih kecil maka dapat lebih banyak lagi. jumlah kulit dapat tergantung dari tebal tipisnya kulit risoles yang kita inginkan. Hanya saja apabila kulit risoles ketebalan maka akan patah, jika terlalu tipispun akan mudah sobek.
 
  Saya pernah lupa memasukkan minyak goreng saat memblender bahan kulit risoles, hasilnya adonan berbuih seperti busa sabun, sehingga ketika dimasak hasilnya kulit menjadi bolong-bolong seperti jaring laba-laba. Untungnya masih bisa diperbaiki dengan diblender ulang dan diberi minyak goreng sesuai takaran.
 
    Mengapa menggunakan  api kecil saat memasak kulit risoles ? Dikarenakan apabila api terlalu besar maka kulit akan cepat garing atau hangus. dan membuat teflon juga jadi cepat panas sehingga ketika menuang adonan akan sulit untuk meratakannya di teflon.
 
    Kulit risoles yang digoreng tidak menggunakan tepung panir tetap dipastikan diberi sedikit adonan tepung. Agar ketika digoreng kulit risoles tidak terbuka dan isiannya menjadi terburai kemana-mana.
 

    Saya juga akan membagikan resep isian risoles. Isian risoles lebih mudah dibuat dan  bisa menyusaikan dengan selera kita. bisa berisi sayuran, daging cincang, keju, bihun, tahu, sampai buah-buahan seperti pisang atau nangka.

Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal
Cara Membuat Kulit Risoles Berbahan Irit Anti Gagal

Cara membuat isian risoles yang enak :

  • Bahan isian :

 

– Kentang 400gr
– Wortel 250gr
– Daun bawang
 
  • Bumbu :

 

– 3 siung bawang putih
– 1 siung bawang merah
– lada bubuk 1 sachet (Jika ingin menggunakan lada kasar haluskan telebih dahulu)
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya
– 1 sachet royco atau masako. (Tidak pakai juga tidak apa, berdasarkan selera saja)


  • Cara Membuat :

– Kupas kentang dan wortel, bersihkan dan potong kecil-kecil menjadi kotak dadu.

– Cincang daun bawang
– Halus bumbu menjadi satu, tumis.
– Tumis bumbu sampai harum, masukan bahan isian, beri air sedikit, aduk-aduk sampai matang.
*Resep isian ini untuk 20 – 25 risoles 
 
 
Selamat Mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *