Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow

Seringkali saya tidak merasa bahagia. Terutama saat kelelahan dan susahnya mendapatkan istirahat yang berkualitas. Lelah membuat pikiran saya kacau, atau pikiran yang kacau membuat saya kelelahan juga sama saja. Lelah, kacau, sedih, dan tidak bahagia. Namun mood booster paling mujarab untuk menghilangkan semua ketidakbahagiaan itu adalah anak saya Queen Hannah. Melihat Baby Queen tumbuh sehat, ceria, banyak senyum dan aktif merupakan kebahagiaan yang selalu saya syukuri.

Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow
Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow

Saya baru saja menulis satu paragraf  diatas dengan banyaknya serangan yang menguji emosi jiwa. Mulai dari musik dangdut gak jelas yang disetel suami, sedang mengetik rambut saya dijambak Baby Queen dari belakang, lalu ia pun merengek minta perhatian dan merampas kacamata saya, minta nyusu juga. Setelah minta tolong ke suami untuk ajak main Queen tidak lama kemudian Queen nangis terjatuh dan kepalanya kebentur pintu karena suami lengah akibat asyik lihat video dangdut di YouTube. SABAR! Dalam situasi seperti ini sangat jelas hati saya juengkeeel sekali. Saya bisa saja marah-marah sama suami dan memukul handphonenya pakai tongkat kasti. Tapi saya memilih tarik nafas dalam-dalam dan tentunya menenangkan Queen yang lebih utama. Pasti akan sangat susah merasa bahagia dalam kondisi tersebut. Namun begitulah hidup, tidak ada namanya bahagia terus, pasti ada sedih, ada duka, ada ujian, takut, malu, dan ada berbagai drama yang musti dihadapi.

Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow

Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow
Bersama omunitas blogger Gandjel Rel dalam workshop Grow Happy Parenting

Untungnya Rabu, 14 Agustus kemarin saya berkesempatan mengikuti seminar parenting yang diadakan oleh Nestle Lactogrow di Valle Pizza Resto Semarang. Dimana dalam event yang bertema Grow Happy Parenting: Happy from the inside out. Saya banyak sekali mendapatkan pencerahan kembali tidak hanya tentang nutrisi anak, namun juga kecerdasan emosi orangtua yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak agar bisa tumbuh bahagia. Kenapa kejadian Queen terjatuh tidak membuat saya langsung marah ke ayahnya? Bisa jadi karena ilmu dari workshop Grow Happy masih belum hilang. Saya memilih untuk bereaksi positif agar situasi tidak tambah keruh. Kenapa tumbuh bahagia seorang anak itu penting? Karena kebahagiaan tidak hanya membuat imunitas anak lebih kuat, anak juga lebih cerdas, dan lebih mudah bergaul.

Apa yang dimaksud dengan HAPPINESS???

Apa sih happiness itu ? Tanya Mbak Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow dan sebagai pembicara pertama. Jujur saja saat itu otak saya rasanya lambat sekali dalam menjawab pertanyaan yang sebenarnya sangat mudah tersebut. Hmmm apa sih bahagia itu???

Salah satu peserta menjawab happiness itu adalah ketika dapat bersama dengan anak dan suami. Saya cukup sepakat juga dengan jawaban tersebut, keluarga yang baik memang sumber kebahagiaan. Bahagia itu sebenarnya sederhana sekali. Semuanya kembali pada diri kita untuk pandai bersyukur, dan cerdas dalam memilih sikap akan sesuatu yang sedang terjadi.

Tema Grow Happy Parenting ini dipilih dan diadakan di delapan kota, karena Nestle Lactogrow memahami kebahagiaan keluarga dalam mendukung tumbuh kembang anak sangatlah penting. Anak yang tumbuh dan berkembang secara optimal, maka orangtuanya perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu menegmbangkan kematangan emosi anak.

Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow
3 Pembicara Cantik Workshop Grow Happy Parenting

Pencernaan Sehat Untuk Anak Bahagia dan Pintar.

Pembicara cantik kedua yakni Dokter Spesialis Anak yakni Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) mengatakan kesehatan saluran cerna anak itu penting dalam masa tumbuh kembang. Saluran cerna yang tidak matang atau tidak sempurna, tidak hanya membuat anak mudah sakit, tapi juga bisa membuat anak mengalami kolik atau rewel.

Makanan yang dikonsumsi anak haruslah bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar nutrisi dapat terserap lebih baik. Di antara sekian banyak probiotik, Lactobacillus Reutri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Jadi seringnya saya dan keluarga mengkonsumi tempe, susu, dan yogurt sudah baik ya, karena makanan dan minuman tersebut mengandung probiotik.

Bagaimana Membesarkan Anak Agar Tumbuh Bahagia?

Pembicara cantik ketiga adalah seorang Psikolog, namanya Elizabeth Santosa, M.Psi, SFP, ACC. Kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh menjadi sosok yang optimis, berempati tinggi, dan lebih bahagia. Orangtua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama karena membiasakan gaya hidup aktif sehingga dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik.

Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow
Psikolog Anak Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC

Adapun tips yang diberi oleh Mbak Elizabeth bagaimana cara membesarkan anak agar tumbuh bahagia adalah sebagai berikut:

  1. Makan makanan bergizi tepat waktu.
  2. Luangkan waktu bermain dan eksplorasi bersama anak.
  3. Biasakan ekspresi emosi yang positif. Banyak tersenyum ya…
  4. Cukupi waktu tidur.
  5. Berikan cinta tanpa syarat.
  6. Antusia saat mendenr anak berbicara.

Menjadi Orangtua yang bahagia.

Baru satu tahun saya menjadi orangtua, baru kali itulah saya mengikuti seminar parenting. Seminar tersebut tidak hanya duduk manis mendengarkan, tetapi peserta diajak berinteraktif dengan mengikuti berbagai games, seperti gamesmenjawab kuis dengan cepat, games berpasangan dalam menyampaikan apa saja yang membuat kita bahagia, dan games berkelompok stimulasi menyajikan makanan sehat dengan lilin play dooh. Saya rasa Lactogrow harus rajin-rajin mengadakan event parenting semacam ini, kalau bisa tiap bulan agar dapat me-recharge keilmuan dan kebahagian para orangtua serta anak.

Beberapa hal yang baru saya ketahui setelah mengikuti seminar parenting Lactogrow antara lain :

  1. Makanan probiotik tidak hanya ditemukan pada minuman yogurt saja, tapi ada juga di minuman kefir, tempe, teh kombuja, kimchi, cuka apel, acar, miso, dan kejo.
  2. Probiotik berperan dalam mengubah suasana hati.
  3. Serangga yang berwarna terang itu berbahaya.
  4. Bahagia itu butuh upaya, latihan, dan pembelajaran terus menerus.

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005. Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017. Setelah menikah di tahun 2015 menjadi Ibu rumah tangga bahagia dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.. Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan. Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

One thought on “Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy Bersama Nestle Lactogrow

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *