13 Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

13 Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi Kalsium adalah zat mineral yang sangat dibutuhkan tubuh manusia semenjak dari berbentuk janin. Banyak yang mengira kalsium hanya dibutuhkan agar tulang kuat saja. Padahal kalsium dibutuhkan untuk kinerja jantung, penghubung antar syaraf, pergerakan otot, melancarkan peredaran darah dan metabolisme.
 
13 Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi, kesehatan, mencegah osteoporosis
13 Daftar Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi
 
Ibu yang sedang hamil membutuhkan kalsium lebih banyak agar janinnya dapat berkembang dengan baik. Ibu yang sedang menyusui juga tetap harus mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi agar bayinya tumbuh sehat. Kekurangan kalsium pada ibu hamil tidak hanya merugikan fisik sang ibu, melainkan dapat membahayakan kandungannya sendiri. Kekurangan kalsium pada ibu hamil bisa menyebabkan mudah lelah, sakit pinggang, dan gigi keropos. Sedangkan pertumbuhan janin yang kekurangan kalsium bisa membuat janin menjadi cacat.
 
Ketika saya hamil sangat rajin minum susu khusus ibu menyusui agar perkembangan janin menjadi baik. Selain itu saya juga menjaga pola makan yang mengandung banyak gizi. Namun tetap saja mudah sakit pinggang dan sakit gigi. Saya dinyatakan oleh dokter kekurangan kalsium. Untungnya janin saya tetap sehat dan lahir normal dengan baik.
 
Namun kabar yang menyedihkan datang dari suami saya ketika memeriksakan dirinya yang suka mengeluh sakit pinggang sampai sulit berjalan. Hasil rontgennya menunjukkan adanya kekeroposan tulang atau yang disebut penyakit osteoporosis. Osteoporosis merupakan gejala awal untuk penyakit-penyakit lainnya. Osteoporosis dapat menyebabkan fungsi syaraf tidak bekerja dengan baik atau kematian syaraf tubuh, sehingga jadilah sakit stroke. Osteoporosis juga menyebabkan peredaran darah tidak lancar sehingga jadi penyakit jantung. Jantung dan stroke merupakan dua penyakit paling mematikan di dunia. 
 
Sakit yang menimpa suami saya merupakan teguran keras agar saya sekeluarga harus lebih menjaga pola makan yang sehat dan banyak gizi. Saya pun mencari tahu makanan apa saja yang mengandung kalsium tinggi dan mulai memberikannya pada suami. Masak juga sudah tidak boleh lagi gorengan. Jadi mengupayakan makan masakkan yang dikukus atau rebusan. Bahkan saya sempat menaburi nasi suami dengan biji wijen yang mengandung kalsium. Suami sempat protes karena rasa nasinya jadi aneh. Jadi rencana saya akan memasak pisang dengan gula aren lalu ditaburi wijen yang banyak agar suami mau makan tanpa protes.
 

13 Daftar Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

 
1. SUSU
Susu merupakan minuman yang mengandung kalsium. Menurut ilmu kesehatan susu kambing memiliki kandungan kalsium 35% lebih banyak dibandingkan susu sapi. Bagi yang tidak suka susu sapi ataupun susu kambing, bisa meminum susu kedelai. Satu cangkir susu kedelai mengandung kalsium sebanyak 300 mg. Susu kedelai juga lebih baik dibandingkan susu sapi karena kandungan lemaknya yang lebih sedikit.
 
2. YOGHURT
Yoghurt merupakan produk olahan susu yang mengalami fermentasi bakteri asam laktat. Yoghurt kaya akan protein dan memiliki kandungan kalsium 45% lebih banyak daripada susu biasa. Yoghurt dapat dibuat dari susu apapun termasuk susu kedelai, dan makin enak dicampur dengan buah-buahan.
 
3. KEJU
Keju masih merupakan produk olahan susu dan memiliki kandungan kalsium 33% lebih banyak dibandingkan susu biasa. Keju juga memiliki kandungan mineral, vitamin, dan protein. Namun jika mengkonsumsinya terlalu banyak kurang menyehatkan karena besaran kandungan lemaknya.
 
4. SAYURAN HIJAU
Bayam, Sawi, pok choy, lobak, brokoli. Pastikan tiap hari harus makan sayur yang sehat dan lebih banyak kali ya. Suami saya ini selain menjadi blogger juga seorang petani, tiap hari kami selalu makan sayuran dari sawah. Tapi heran juga saya kenapa masih saja kurang kalsium. Sayuran yang memiliki kandungan kalsium terbanyak adalah bayam. Kandungan kalsium pada bayam tidak main-main. Bayam mengandung 200 mg kalsium yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari.
 
5. BIJI-BIJIAN
Hampir semua biji-bijian seperti kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, almond, wijen, dan lainnya mengandung kalsium. Hampir setiap hari saya dan suami makan kedelai baik itu tahu, tempe, dan susu kedelai. Biji-bijian yang memiliki kandungan kalsium terbanyak adalah WIJEN. 1 ons biji wijen memiliki kandungan 280 mg kalsium. Beruntung saya punya stock satu kilo wijen. Awalnya buat  MPASI nya Baby Queen. Tapi sekarang dibagi juga untuk ayahnya Queen dan saya. Setelah wijen adalah kedelai. 1 cangkir kedelai rebus memiliki 261 mg kalsium
 
6. MAKANAN LAUT
Hampir semua makanan laut seperti ikan, kerang, udang, cumi mengandung kalsium. Katanya ikan teri mengandung kalsium lebih banyak dari ikan lainnya. Tapi makanan laut juga tidak boleh berlebihan, karena bisa menyebabkan kolesterol tinggi.
 
7. SUMSUM TULANG SAPI
Makanan ini memang mengandung kalsium tinggi, tapi jangan berlebihan karena kandungan lemaknya yang harus diperhatikan.
 
Buah-buahan.
 
8. JERUK
Tidak semua buah-buahan mengandung kalsium. Jeruk merupakan buah yang mengandung kalsium sebanyak 65 mg di tiap satu buahnya. Tapi tidak dijelaskan jenis jeruk apa. Karena tetangga memiliki pohon jeruk nipis yang banyak buahnya, kami kemarin habis diberi satu baskom jeruk nipis yang menjadi minuman favorit sehari-hari.
 
9. PISANG
Pisang merupakan buah yang mengandung banyak manfaat, selain kalsium juga mengandung zat mineral lainnya seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, dan vitamin. 
 
10. ALPUKAT
Alpukat memiliki kandungan kalsium dan vitamin.
 
11. BUAH ARA ATAU TIN
Berbagai literatur mengatakan buah ara atau yang lebih dikenal denan nama buah tin disebut dalam kitab taurat dan injil. Buah ara merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam kitab suci Al-Quran (surah At-Tin). Allah bersumpah atas nama buah atau tumbuhan ini memiliki banyak manfaat. Buah Ara salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalsium, yaitu sebesar 50 mg kalsium per buahnya.
 
Makanan Olahan
 
12. OATMEAL
Tidak semua makanan olahan mengandung kalsium. Perhatikan label makanan olahan apakah mengandung kalsium apa tidak dan berapa banyak kandungannya. Oatmeal merupakan makanan olahan yang banyak serat dan mengandung kalsium. Oatmeal mengandung 105mg di tiap satu cangkir.
 
 
13. CRACKERS ATAU BISKUIT
Cracker atau biskuit juga mengandung kalsium yang baik bagi tubuh. kandungan crackers dapat dilihat di tiap kemasan. 
 
 
Makanan sehat saja tidaklah cukup. Buktinya saya dan suami yang merasa sudah makan sehat setiap hari masih terancam kekurangan kalsium. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat. Tidak tidur terlalu larut, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan pola pikir yang positif turut mendukung kesehatan tubuh dan jiwa.
 
Semoga bermanfaat
 
Salam Sehat.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *