25 Kegiatan Keluarga di Rumah yang Mengasyikkan Saat Liburan 1
BPN Ramadhan 2021

25 Kegiatan Keluarga di Rumah yang Mengasyikkan Saat Liburan

25 Kegiatan Keluarga di Rumah yang Mengasyikkan Saat Liburan – Assalamualaikum Sobat Maya dimanapun kalian berada apa kabarnya? Hari ke 19 Ramadan saya akan berbagi cerita kegiatan apa saja yang saya lakukan saat liburan dirumah saja. Jujur, yang namanya liburan saya inginnya tiduran saja, baca buku atau nonton drakor sambil rebahan, dan melupakan semua rutinitas sebagai ibu rumah tangga, pokoknya lakukan apapun yang membuat saya happy. Tapi hal tersebut saya rasa tidak pernah terjadi lagi setelah saya memiliki anak.

Sebagai ibu rumah tangga yang kesehariannya di rumah dengan ekonomi pas-pasan seperti saya tentunya tidak memiliki waktu libur kecuali sedang sakit keras (Naudzubillahminzalik). Jadi ibu-ibu sekalian pintar-pintar lah memanajemen waktu dan emosi agar tetap waras.

Terdapat….ide untuk membuat keluarga kita memiiki kegiatan menyenangkan bersama sekalipun hanya di rumah saja. Ada beberapa katagori kegiatan, yang dimana jika kalian tidak memiliki akses dikatagori tersebut, kalian bisa melewatinya dan melihat katagori yang lain ok?

KEGIATAN KELUARGA BERKEBUN

Kegiatan ini bisa untuk keluarga yang memiliki halaman untuk berkebun, tapi bisa juga untuk keluarga yang tidak memiliki lahan sempit atau tidak memiliki lahan sama sekali.

  1. Menanam sayur mayur.

Bertanam sayur mayur bisa dilakukan secara konvensional yakni menanam dengan menggunakan media tanah, tapi menanam juga bisa dilakukan secara hidroponik sehingga yang hanya memiliki lahan sempit tetap bisa bercocok tanam.

2. Camping.

Bangun tenda di halaman rumah, dan sesekali tidur di halaman rumah seperti sedang camping di pegunungan atau pantai gitu. Ya kegiatan ini lebih cocok untuk keluarga yang punya halaman ya.

4. Berenang.

Baru-baru ini saya membelikan anak saya kolam renang portabel, agar anak saya bisa main air sepuasnya.

5. Pesta Barbekyu

Pesta barbekyu di halaman pada malam hari pastinya mengasyikan untuk keluarga. Ya kalau di luar istilahnya barbekyuan. Di Indonesia saya menyebutnya bebakaran. Bakar daging, bakso, dan sosis.

6. Perang air.

Perang air di halaman juga mengasyikkan, jika tidak punya pistol air, ya pakai ember dan gayung saja. Boros air?

sesekali gpp, yang penting keluarga happy.

KEGIATAN KELUARGA YANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI ATAU GADGET.

7. Karaoke

Harus punya alat karoke, dan pastikan tidak menggangu keluaraga dan jangan karaoke tengah malam. Ngantuk soalnya.

8. Nobar

Nonton bareng-bareng bisa di siang hari atau malam hari bersama keluarga.

9. Buat konten Youtube atau tiktok

Semenjak beli gimbal, saya dan keluarga jadi makin suka buat konten video.

10. Saling Kirim Rekaman

Sekalipun  hanya di dalam rumah, coba deh kirim video antar keluarga  kayak kirim-kiriman surat.

11. Main game online atau PS

Bagi keluarga yang suka main game, tidak ada salahnya main game bareng-bareng

KEGIATAN KELUARGA KREATIF

12. Permainan kuis

13. Melukis – Menggambar – Lettering

14. Membuat scrappbook

15. Membuat kue

16. Membuat kerajinan tangan

17. Menulis

Ada tidak ya satu keluarga yang punya hobi menulis semua?

18. Belajar bahasa baru

19. Proyek daur ulang.

KEGIATAN KELUARGA SAAT LIBURAN DI RUMAH

20. Membuat kapsul waktu

Kumpulkan beberpa barang atau foto, yang dimasukkan ke dalam suatu wadah yang akan dibuka 20 tahun kemudian. Kapsul waktunya bisa ditanam, atau disimpan di atap rumah.

21. Senam – jogging

22. Permainan papan seperti catur, monopoli, dan lainnya.

23. Membaca buku

24. Mencari harta karun

25. Berkirim surat

 

Lumayan banyak ya kegiatan bersama keluarga. Saya harap beberapa lis diatas dapat menginspirasi Sobat Maya untuk melakukannya bersama keluarga agar kedekatan antara keluarga tetap utuh.

Sampai jumpa di artikel berikutnya. Sehat-sehat selalu ya.

Wassalamualaikum.

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *