7 Target Blogging 2019

7 Target Blogging 2019 – Waktu adalah sesuatu yang sangat kita inginkan,  juga sesuatu yang paling banyak kita gunakan dengan cara yang buruk. Tuhan…ampuni saya yang masih banyak melakukan kesalahan dalam memanfaatkan waktu selama ini.

7 tahun sudah saya ngeblog tapi sayangnya dilakukan secara buruk. Hingga tidak banyak faedah yang saya lakukan dengan membuat blog dan keberadaanya. 
7 Target Blogging 2019 – bloggerwish


Sampai muncul pertanyaan apa yang telah blog saya berikan kepada saya? Dan apa yang telah saya berikan pada blog? Apakah blog saya bermanfaat untuk orang banyak?

Untungnya pada awal tahun 2018 blog saya mendapatkan pencerahan dengan mempelajari SEO, menentukan niche blog, template yang bagus, konten yang menarik, optimasi, dan sebagainya. Sehingga di tahun 2018 pertama kalinya blog saya menghasilkan uang yang cukup lumayan sebagai ibu rumah tangga yang hanya di rumah.

Blog yang saya kelola saat ini ada tiga, yakni:
sangmaya.com ~ Personal blog komersil
catatanmaya.com ~ Personal blog non komersil
bloggerdesa.com ~ Blog komunitas

Ketiganya sama-sama membutuhkan perhatian dan masih butuh banyak perbaikan, pembelajaran, serta target.

7 Target Blogging 2019

7 Target Blogging 2019

2019 menjadi awalan baru untuk memperbaiki blog lebih baik lagi. Berikut 7 target blogging yang saya tentukan.


1. Menaikkan dan menguatkan URL rating.

Ini saya belum paham apa maksudnya, tapi kata mastah-mastah SEO. URL rating jauh lebih penting ketimbang Domain Rating. Dan URL rating sangat berkaitan dengan backlink. Apa harus banyak-banyak tanam backlink atau bagaimana ya?


2. Menaikkan DA/PA diatas 30

Saat ini DA/PA saya baru 14/18 sedangkan beberapa job nulis memiliki persyaratan DA diatas 20an. Jadi supaya 2019 bisa mendapatkan job nulis dengan mudah, saya ingin DA/PA saya naik menjadi 30 an


3. Mendapatkan 500 pageview perhari. 

Inginnya 1.000 pageview perhari, tapi setahun ini pageview saya baru 100-200 saja perhari, itupun harus rajin update konten seminggu 3 kali. Jadi pertahap dan realistis saja menargetkan 500 pageview perhari.


4.  Update 3-5 konten perminggu.

Saya mulai latihan rajin menulis blog setelah dua bulan melahirkan baby Queen. 2019 saya menargetkan untuk dapat menulis 3-5 konten perminggu. 

Januari 2019 saya mengikuti 30 hari bercerita yang di share juga ke Instagram.  Hitung-hitung latihan membuat konten. Tetapi konten 30 hari bercerita untuk blog catatanmaya.com


Jangan sampai demi mewujudkan one day one post, konten blog jadi asal-asalan dan penuh typo. Minimal 300 kata sudah cukup baik. 500 kata standar, 1000 kata baik, dan di atas 1000 kata sangat baik. Selain kata-kata konten blog tetap harus memiliki visual gambar berupa foto atau video. Semoga setiap konten saya bisa diatasi 300 kata dan tanpa typo. Biar tidak jelek-jelek amat. 

5. Optimasi konten dengan sosial media.
Ada 100 lebih sosial media yang saya dapatkan, mulai dari bahasa inggris, sampai bahasa yang tidak saya mengerti berasal dari negara mana. Paling umum yang digunakan kebanyakan orang adalah facebook, twitter, dan instagram. Hal yang harus dilakukan setelah selesai membuat konten adalah memastikan konten terindex, jadi harus saya ping, dan mengsharenya minimal ke lima sosial media jika saya ingin menaikkan trafik blog menjadi 10K
Nama akun saya di berbagai sosial media sama dengan nama pena atau nama blog saya, yakni Sang Maya

6. Minimal dapat 5 job nulis konten tiap bulan. 

2019 banyak job. Dibandingkan menunggu uang adsense cair, saya lebih suka jika dapat job menulis konten. Ada job menulis sama halnya ada pemasukan.


7. Menang lomba blog 3x dalam setahun. 

Maunya tiap ikut lomba blog bisa selalu menang. Atau setidaknya 2019 bisa menangkan 10 perlombaan biar bergengsi dikit. Tapi ya gak mungkin. Dalam sejarah saya ngeblog baru ikutan lomba blog tahun 2018 sebanyak 7 kali, dan belum pernah menang satu kali pun. Jadi 2019 mau rajin-rajin ikut lomba dan berharap bisa menang minimal sebanyak 3x. 


Pembelajaran ikut lomba tahun lalu adalah, bisa menulis konten dengan 1000 kata, gambar yang menarik, menggunakan video, dan tidak di ujung deadline.

Happy Blogging!

Sekian 7 target blogging saya pada tahun 2019. Semoga bisa terwujud  semuanya dengan baik. Inginnya blog sangmaya hijrah ke wordpress, tapi tidak masuk kedalam target. Terlepas dari target blogging, tentunya saya menginginkan agar tulisan-tulisan saya dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang yang membaca.

Percuma jika DA/PA setinggi badan tetapi kontennya tidak berkualitas, tidak memiliki dampak positif bagi pembaca. Karena setiap apa yang kita lakukan, kita tulis, dan kita sebarkan tetap akan diminta pertanggung jawabannya di akhirat nanti.

9 thoughts on “7 Target Blogging 2019

  1. Wow, targetnya tinggi2 juga ya. Semoga tercapai semua deh.
    Kalau tidak salah, url rating itu semacam PA. Jadi cara naikinnya ya mirip2 lah dengan cara naikin PA. Moga sukses selalu!

  2. Betul banget, perlu dilakukan oleh semua kalangan blogger punya target. Di antara target tersebut adalah optimasi web yang mana optimasi itu tidak terlepas dr pencapaian sebuah peringkat atau nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Artikel yg menggugah semangat untuk selalu lbh baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *