Cara Mengenali dan Mencegah Pneumonia Pada Anak Sejak Dini

Cara Mengenali dan Mencegah Pneumonia Pada Anak Sejak Dini

Cara Mengenali dan Mencegah Pneumonia Pada Anak Sejak Dini 

    Balita tujuh bulan menderita pneumonia, perlu jalani perawatan intensif. Begitu bunyi judul berita pada harian Jawa Pos. Berita itu menyampaikan bahwa kedua orangtua bayi tidak menyangka buah hatinya terjangkit pneumonia. Awalnya mereka hanya mengira anaknya hanya terkena demam batuk biasa, sampai akhirnya napas bayi tersengal-sengal sehingga ketika dibawa ke puskesmas terdekat langsung dirujuk ke rumah sakit.
 
   Sebagai orangtua yang memiliki bayi, saya menjadi penasaran apa itu pneumonia dan mengapa penyakit tersebut bisa terjangkit pada bayi. Hal ini membuat saya mencari tahu tentang penyakit pneumonia? Apakah penyakit pneumonia berbahaya? Apa penyebab pneumonia dan bagaimana mengobatinya? Serta bagaimana cara mengenali dan mencegah pneumonia pada anak sejak sedini mungkin? 

Cara Mengenali dan Mencegah Pneumonia Pada Anak Sejak Dini - kesehatan, berpihak pada anak, pneumonia
Cara Mengenali dan Mencegah Pneumonia Pada Anak Sejak Dini
Baca Juga:  55 Persiapan Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir Yang Harus Diperhatikan

 

Apa itu pneumonia?

   Pneumonia adalah radang paru-paru. Infeksi yang menyerang paru ini menyebabkan kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kondisi ini umumnya dikenal dengan paru-paru basah, sebab paru bisa saja dipenuhi dengan air atau cairan lendir.

    Kondisi paru-paru basah dapat dialami oleh siapa pun. Namun pneumonia pada anak bisa sangat berbahaya jika tidak ditanggulangi dari awal. Badan kesehatan dunia (WHO) menyebutkan penyakit pneumonia menjadi penyebab 16% kematian balita di dunia pada tahun 2015. 

   Sementara, di Indonesia sendiri, dilansir dari CNN, penyakit pneumonia pada anak menyebabkan 2-3 balita yang meninggal setiap jamnya. Hal yang lebih mengejutkan lagi kasus pneumonia makin bertambah. Setiap satu menit, dua anak meninggal akibat penyakit pneumonia. 99% berasal dari negara berkembang. Sebuah data yang sungguh mengkhawatirkan.

    Penyakit yang menyerang paru ini terjadi di Indonesia. Kasus pneumonia pada anak dan balita cenderung lebih banyak daripada orang dewasa. Sebab, daya tahan tubuh anak lebih rendah ketimbang orang dewasa. Apalagi jika kondisi udara di lingkungannya buruk.

Baca Juga:  Tips Pintar Membeli Keju Edam Terbaik

Apa penyebab penyakit pneumonia ?

Penyakit pneumonia umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. walau dalam beberapa kasus ada juga yang disebakan oleh fungi dan parasit. Pneumonia sangat mudah ditularkan lewat udara. Biasanya terjadi apabila ada seseorang yang bersin dan batuk di dekat kita.

20 thoughts on “Cara Mengenali dan Mencegah Pneumonia Pada Anak Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *