Resep Widaran Manis Tepung Ketan Tanpa Keju

Resep Widaran Manis Tepung Ketan Tanpa Keju – Snack manis ini biasanya dikenal juga dengan istilah tai kucing. Agak geli juga ya dengarnya, tapi begitulah kenyataanya. Widaran termasuk salah satu snack tradisonal Indonesia. Kata ibu mertua saya widaran dulu biasa dibuat atau disajikan untuk acara-acara besar atau hari raya. Namun saat ini sudah sangat jarang widaran disajikan untuk acara besar.

Resep Widaran Manis Tepung Ketan Tanpa Keju
Selfie dulu dengan widaran yang sudah jadi

Widaran yang saya buat ini hasil pelatihan dari kelas tata boga LKP Kawaichi. Bahan-bahannya sangat sederhana, buatnya sebenarnya mudah, cuma sangat butuh kesabaran ya. Soalnya adonan kue ini tidak menggunakan cetakan, namun dilinting satu-satu dengan ukuran yang sesuai.

Resep Widaran Manis

Bahan :

  1. 1 Kg tepung ketan
  2. 1/2 kg butir telur
  3.  2 SDM Margarin
  4. 2 sdt vanili
  5. 1/2 sdt garam
  6. Air secukupnya

Adonan Gula :

  • 250 gr gula
  • 100 ml air

Cara Membuat Widaran Manis :

  1. Mixer telur kurang lebih 8 menit, tambahkan margarin
  2. Setelah lumer masukkan tepung ketan, garam, vanili, sambil di oleni dan diberi air sdikit demi sedikit.
  3. Aduk adonan hingga kalis dan mudah dibentuk atau dipilin
  4.  Masukkan adonan yang sudah dipilin ke dalam minya goreng dingin, kemudian goreng hingga matang.
  5. Sajikan.

CARA MEMBUAT ADONAN GULA UNTUK WIDARAN :

Masak gula dengan air hingga bergelali. Setelah air habis masukkan widaran hingga berbaur keputihan.

Untuk mengurangi kesalahan dalam membuat saya sarankan agar melihat videonya terlebih dahulu. Jangn lupa like dan subscribe ya 😀

Baca Juga : Resep Pie Brownies

Selamat mencoba ya moms 🙂

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005. Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017. Setelah menikah di tahun 2015 menjadi Ibu rumah tangga bahagia dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.. Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan. Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *