5 Wisata Alam Kabupaten Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi Sekeluarga

5 Wisata Alam Kabupaten Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi Sekeluarga adalah tempat – tempat yang pernah saya kunjungi beberapa waktu lalu saat saya ikut kegiatan One Day Trip uang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Informasi kegiatan seperti ini saya dapatkan dari group komunitas Blogger Semarang. Saya dan suami yang bekerja secara online di rumah dan tidak punya agenda keluar saat itu, langsung saja mendaftar kegiatan yang katanya biasa diadakan setahun sekali.

Wisata Alam Kabupaten Semarang
Taman Bunga Celosia Bandungan

Bagi saya yang berasal dari Pontianak, jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di Semarang merupakan hal baru. Semarang terkenal dengan banyaknya lokasi wisata yang menarik dan edukatif. Tapi ternyata suami saya yang penduduk asli Tegowanu Jawa Tengah juga belum pernah ke tempat wisata alam Kabupaten Semarang. Alasan dia malas jika tidak ada kawan. Benar juga, jika jalan-jalan ke wisata alam menurut saya lebih menyenangkan jika ada temennya, atau bareng sekeluarga.

Tempat piknik di Kabupaten Semarang sebenarnya lumayan banyak, karena kondisi alamnya yang masih eksotis. Terutama untuk daerah Ungaran dan Salatiga. Namun kali ini saya ceritakan 5 tempat wisata alam Kabupaten Semarang yang diajak oleh Dinas Pariwista Kabupaten Semarang.

Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang mengajak 25 blogger pada One Day Trip pertama ke Desa Wisata Kampung Susu Sumogawe. Lalu mengajak 25 orang blogger dan Genpi di One Day Trip kedua hari lainnya untuk mengunjungi sekaligus mengulas tempat wisata alam yang terdapat di Kabupaten Semarang. Rombongan berkumpul di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang jam delapan pagi. Setelah mendapatkan pengarahan sebentar, kami langsung menuju ke lokasi menggunakan bis yang telah disediakan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang.

Apa saja tempat wisata alam Kabupaten Semarang? Yuk baca sampai habis ya.

  1. Desa Wisata Kampung Susu Sumogawe

Kampung susu Sumogawe terletak di lereng Gunung Merbabu tepatnya di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Kampung ini 80% penduduknya merupakan peternak sapi. Hampir di setiap rumah penduduk Sumogawe memiliki sapi jenis sapi perah tiga sampai tujuh ekor bahkan lebih.

Sebagai desa penyuplai susu segar ke Frisian Flag, Kampung Sumogawe juga mempunyai hasil produk susu olahan sendiri yakni Susu Segar Nasional. Saya sudah biasa minum susu Nasional sejak kuliah di Jogjakarta, namun baru tahu jika susu Nasional diproduksi di Kabupaten Semarang tepatnya di Kampung Susu Sumogawe.

Selain produk olahan susu segar, terdapat juga usaha-usaha dari olahan susu lainnya seperti yoghurt, kefir, permen susu, stick susu, keju mozzarella, sabun susu, dan berbagai snack lainnya yang tentunya mengandung susu.

Saya dan keluarga beruntung datang ke Kampung Susu Sumogawe saat ada tradisi saparan. Tradisi saparan adalah tradisi syukuran masyarakat desa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Kuasa atas limpahan karunia kepada segenap warga Desa Sumogawe. Panjang cerita tentang tradisi saparan Desa Sumogawe. Untuk lebih lengkapnya tunggu tulisan saya berikutnya ya khusus tentang kemeriahan kirab budaya dan tradisi saparan Desa Sumogawe.

  1. Taman Bunga Celosia Bandungan

Lokasi wisata alam taman bunga Celosia Bandungan adalah tempat paling cocok menghabiskan waktu baik itu sendiri maupun bersama orang-orang yang kita sayangi. Ribuan atau mungkin jutaan bunga yang tertanam rapi terawat dengan baik oleh pihak pengelola.

Biaya masuk ke Taman Bunga Celosia Bandunga juga tidak terlalu mahal yakni Rp 20.000 untuk hari senin sampai jumat. Sedangkan sabtu minggu dan tanggal merah dikenai Rp 40.000. Untungnya saya sekeluarga bukan orang kantoran, jadi kapan-kapan bisa mengunjungi Celosia lagi pada hari yang bukan sabtu minggu atau tanggal merah.

IMG 20191031 093017 1024x768 - 5 Wisata Alam Kabupaten Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi Sekeluarga

Taman Bunga Celosia dua yang kami datangi tidak hanya menampilkan pemandangan alam saja. Namun ada juga beberapa wahana seperti Italian dimana kita bisa menikmati music klasik khas Italia, dan ada juga Korean Corner dimana kita bisa mencoba baju Hanbook khas Korea yang disewakan seharga Rp 50.000 untuk handbook dewasa, dan Rp 30.000 untuk handbook anak-anak.

Selain itu ada juga taman kelinci dan domba yang cocok untuk edukasi anak-anak. Bagi yang suka berfoto ria, taman bunga Celosia Bandungan menyediakan museum selfie loh. Saya, suami, anak dan teman kami Andre mencoba masuk ke dalam museum selfie. Awalnya saya sempat mikir ngapain juga masuk ke tempat selfie begituan, toh diluar museum sudah sangat banyak spot foto buat selfie. Namun ternyata saya salah permirsa. Sudah sampai ke Taman Bunga Celosia rugi jika tidak mencoba masuk ke dalam museum selfienya.

Harga tiket masuk museum selfie hanya Rp 10.000 dan tidak dibatasi waktu mau berapa lama kita berada di dalam museum. Saat hendak masuk ke museum selfie, kita akan diberikan alas khusus untuk membungkus sepatu atau sandal yang kita gunakan, dikarenakan ada bilik khusus yang terbuat dari lantai kaca dan juga menjaga agar lantai tetap bersih.  Saking asyiknya bermain di berbagai ruangan museum selfie, kami sampai dipanggil lewat mikrofon karena rombogan akan menuju tempat wisata berikurtnya. Duh, kapan-kapan musti main kesini lagi biar bisa main sepuasnya.

  1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo membuat saya takjub tidak hanya pada keindahan alamnya saja. Tetapi takjub pada kehebatan teknologi orang-orang zaman dahulu saat membangun dan mengukir candi-candi dari batu-batu alam yang besar-besar.

IMG 20191031 111211 1024x768 - 5 Wisata Alam Kabupaten Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi Sekeluarga

  1. Sunrise Hill Café & Resto

Peristirahatan sekaligus tempat makan siang kami di wisata alam Sunrise Hill.  Sunrise Hill juga menyediakan banyak spot untuk berfoto ria, ada berbagai miniatur ikon-ikon lokal maupun Internasional. Seperti miniatur patung liberty, menara eifel, rumah adat papua, rumah adat jawa, selfie sama patung-patung presiden Indonesia seperti Pak Suharto, Pak Habibi, Ibu Megawati dan Pak Jokowi. Sampai ada juga kampong horrornya untuk foto sama patung-patung hantu seperti Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong, Pocong, Kunti, dan berbagai jenis hantu lainnya.

IMG 20191031 114745 e1574151600231 768x1024 - 5 Wisata Alam Kabupaten Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi Sekeluarga

  1. Gumuk Reco Sepakung

Lokasi wisata terakhir yang kami datangi adalah Gumuk Reco Sepakung.  Saya yang sebenarnya tidak kuat perjalanan jauh menggunakan mobil atau bis. Sudah pasti muntah-muntah. Ditambah medan jalan yang meliak-liuk kesana kemari makin membuat kepala saya pusing.

Namun setelah sampai di lokasi rasa tidak enak badan akibat pusing, mula dan muntah lenyap. Apalagi saya memberanikan diri mencoba salah satu wahana ayunan langit, dimana kita diayun diatas jurang yang menantang adrenalin.

5 Wisata Alam Kabupaten Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi Sekeluarga
Foto Bareng Keluarga dengan pemandangan alam Gumuk Reco

Selain ayunan langit ada juga, spot sarang burung raksasa, flying fox, gantole, dan  panjat tebing.

Nah, sekian perjalanan saya bersama keluarga dan rombongan One Day Trip Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Semoga tahun depan bisa ikutan lagi 😀 Untuk dokumentasi lebih banyak dapat dilihat oleh video pada bagian akhir artikel ya.

Selamat piknik semuanya.

Salam Bahagia dan  Mental Sehat.

 

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005. Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017. Setelah menikah di tahun 2015 menjadi Ibu rumah tangga bahagia dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.. Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan. Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *