8 Tipe Orang Buka Puasa

8 Tipe Orang Buka Puasa – Buka puasa menjadi waktu yang paling ditunggu kebanyakan orang yang sedang melaksanakan puasa. Apalagi yang masih anak-anak biasanya duduk paling awal di meja makan yang sudah tersedia berbagai menu makanan dan minuman segar. Biasanya untuk menu buka puasa disunahkan dengan makan dan minum yang manis-manis, terutama kurma. Wajar saja, tubuh kehilangan banyak cairan dan sumber tenaga saat berpuasa. Gula merupakan sumber energi yang paling cepat diserap oleh tubuh.

8 Tipe Orang Buka Puasa – Design By Canva




Tapi tulisan tentang buka puasa kali ini yang sudah tersimpan dalam draft selama 10 hari di awal bulan puasa demi mengikuti challange 30 hari kebaikan BPN tidak  menampilkan menu buka puasa. Sang Maya akan menuliskan tipe-tipe orang buka puasa apa saja sih?.


8 Tipe Orang Buka Puasa


1. Buka Puasa Pencari Amal
Orang yang buka puasa mencari amal biasanya memberi makanan untuk orang berbuka puasa, atau sekedar membantu menyiapkan sampai mendistribusikan makanan untuk berbuka. Pahala bagi orang yang memberi makanan buka puasa untuk orang lain sama dengan pahala orang yang sedang berpuasa. 

Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,
مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
Siapa yang memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”


Jadi apabila dia memberi makan sepuluh orang maka dia mendapatkan pahala puasa sebanyak sepuluh orang selain pahala puasanya sendiri.  Jika dia memberi makan atau minum buka puasa untuk seratus orang, maka dia akan mendapatkan pahala puasa sebanyak seratus orang pula.


2. Buka Puasa Alakadarnya
Buka puasa alakadarnya ya berbuka dengan apa yang tersedia, jika adanya ayam bakar ya berbuka dengan ayam bakar, Jika adanya rendang unta ya berbuka dengan rendang unta. Atau bisa saja adanya air putih ya buka puasa dengan air putih saja. Saya termasuk tipe buka puasa alakadarnya. Buka puasa bagi saya yang penting batal dan energi bisa kembali pulih dari dehidrasi dan lapar. Semoga Allah menambahkan lebih banyak rezeki bagi hambanya yang pandai bersyukur. 

3. Buka Puasa Bedug
Buka puasa bedug adalah buka puasa saat adzan dzuhur. Setelah dzuhur biasanya lanjut puasa lagi sampai maghrib. Hal ini hanya dikhususkan untuk anak-anak yang belum baligh. Tujuannya untuk melatih anak-anak berpuasa. Karena biasanya anak kecil jika tidak makan seharian tidak cuma lemas, tapi juga seringkali jadi demam atau masuk angin. Fisik mereka masih belum sanggup untuk berpuasa penuh. 

4. Buka Puasa Latah
Buka puasa latah adalah kondisi dimana seseorang yang berbuka secara tidak sengaja. Dengar adzan langsung minum segelas air padahal adzan yang berkumandang adzan ashar. Atau kebiasaan menyuapi makan anak dan sambil ikutan makan. Nah, kalau sadar latah makan, langsung dihentikan ya, jangan malah lanjut makan terus.  Ada yang bilang puasanya orang tersebut jadi batal karena latah dan harus ganti puasa di hari lain, ada juga yang bilang kelatahan tersebut hadiah dari Tuhan, kan tidak sengaja. Tapi jika saya pribadi lebih memilih untuk mengantinya saja, sekalipun saya melanjutkan untuk berpuasa setelah latah. biar lebih afdhal.

5.Buka Puasa Kalap
Buka puasa kalap ini biasanya buka puasa degan berlebihan. Minuman ada minimal lima jenis, gorengan, buah-buahan, nasi, lauk pauk banyak tersedia. Pokoknya adzan maghrib berkumandang, langsung minum lima gelas, ngunyah tujuh gorengan, dan makan nasi tumpeng sampai kenyang, lalu ditutup dengan buah-buahan. Biasanya buka puasa kalap seperti ini shalatnya jadi malas gerak, atau jadi gak enak shalat karena kekenyangan.

6.Buka Puasa Lapar Mata
Buka puasa lapar mata, hampir sama dengan buka puasa kalap. Mau buka puasa pakai makanan dan minuman ini itu. Perbedaan dengan buka puasa kalap yakni, buka puasa lapar mata, saat adzan maghrib berkumandang setelah minum satu gelas saja sudah kenyang. Akhirnya makanan yang melimpah tadi jadi sisa banyak deh, gak apa juga sih, bisa berbagi dengan orang lain, bisa buat makan lagi setelah tarawih biasanya lapar lagi, bisa dimasukkan kulkas biar pas sahur tinggal dihangatkan saja. Tapi tetap saja buka puasa alakadarnya lebih baik.

7. Buka Puasa Sosialita
Buka puasa sosialita ini kebanyakan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki uang berlebih. Mereka biasanya jarang banget mau buka puasa di rumah. Lebih senang buka puasa di mall atau resto-resto. Buka puasa sosialita juga tidak ketinggalan apabila ada buka puasa bersama di restoran atau hotel.

8. Buka Puasa Gratisan
Buka puasa gratisan ini adalah orang-orang yang menyukai buka puasa bersama di masjid. Kebanyakan masjid di kota-kota besar biasanya memberikan buka puasa gratis untuk masyarakat sekitar. Bahkan makanan yang diberikan sering kali lebih sehinga bisa dibawa pulang untuk sahur. 

Buka puasa gratisan pernah saya lakukan ketika status saya masih menjabat menjadi MAHASISWA. Bulan puasa bagi mahasiswa adalah bulan yang penuh penghematan dalam pengeluaran uang untuk membeli makanan. Saya masih ingat selama bulan puasa saya pernah keluar uang hanya Rp 20.000 itupun karena ada buka puasa bersama kawan kampus di café, atau saya hanya ingin sekedar buka puasa pakai sop buah. Karena biasanya buka puasa di masjid kebanyakan disuguhkannya the manis hangat. Tapi pernah juga sih dapat susu atau kolak.

Begitulah 8 tipe orang buka puasa menurut versi Sang Maya. Kamu tipe orang buka puasa yang seperti apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *