Menu Buka Puasa Andalan Keluarga

Menu Buka Puasa Andalan Keluarga – Tiap keluarga biasanya memiliki menu andalan untuk berbuka puasa. Jika tidak punya menu andalan, mungkin keluarga tersebut merupakan tipe orang buka puasa alakadarnya. Saya termasuk tipe buka puasa alakadarnya saja. Tapi saya suka sekali buka puasa dengan sesuatu yang bikin seger seperti sop buah, air kelapa, atau minuman cincau. Untuk kuenya bebas, makanan juga bebas. Maklum kalau lapar menu makanan tidak terlalu pilih-pilih, asal jangan makanan yang pedas untuk buka puasa.
 
Menu andalan buka puasa ibu saya adalah sop buah dan kurma. Bulan Ramadhan selalu punya stock aneka buah di kulkas. Sedangkan ibu mertua lebih suka minuman cincau. Keduanya memiliki kesamaan untuk kue berbuka puasa yakni NO GORENGAN apalagi yang mengandung micin.
 

Menu buka puasa di rumah biasanya lebih ke varian masakan yang praktis dan sederhana saja, bahkan tidak jauh berbeda dengan menu masakan harian. Seperti sayur asam, tahu tempe goreng, ayam semur, ikan goreng. Hal yang membuat masakan sederhana ini menjadi luar biasa enaknya dalah rasa lapar.

Sop buah sebagai menu andalan buka puasa keluarga saya

Menu Buka Puasa Andalan Keluarga

Menu buka puasa yang saya bagikan kali ini ada dua, yakni sop buah dan bolu pisang.

SOP BUAH
Bahan :
– Buah-buahan sesuai selera. Biasanya saya menggunakan buah naga, alpukat, apel, semangka, blewah, anggur, mangga, melon, dan air kelapa.
– Susu kental manis
– Air gula

Cara membuat :
– Potong buah menjadi ukuran dadu kecil-kecil sesuai selera, kemudian campur menjadi satu.
– Beri air gula dan susu kental manis secukupnya
– Beri air es

Selesai –

BOLU PISANG

Pada dasarnya membuat bolu pisang sama saja dengan membuat bolu biasa, hanya dicampur pisang yang sudah dilumatkan. Kali ini bahan pisang yang saya gunakan adalah pisang susu, tapi kata ibu saya psang yang saya gunakan adalah pisang nangka. Untuk adilnya ayah saya mengatakan itu pisang nangka susu. 

Pisang yang hendak digunakan unuk bahanbolu pada umunya bebas bisa menggunakan pisang jenis apa saja. Bahan lainnya untuk membuat bolu pusang seperti terigu, gula pasir, margarin, dan telur dua buah.

Cara membuatnya: mixer semua bahan menjadi satu sampai lebut. Masukkan ke loyang yang sudah disiapkan (diberi mentega dan ayakan tepung biar gak lengket). Panggang dalam oven. Loyang yang digunakan jangan yang besar-besar. cukup ukuran yang kecil atau sedang saja, supaya adonan bagian tengah bolu matang dengan baik.

Bolu pisang untuk berbuka puasa

Inilah menu andalan buka puasa keluarga saya, bagaimana dengan menu buka puasamu?

 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *