8 Hal Yang Biasa Saya Lakukan Sebelum Jam 8 Pagi 1
MY LIFE

8 Hal Yang Biasa Saya Lakukan Sebelum Jam 8 Pagi

8 Hal Yang Biasa Saya Lakukan Sebelum Jam 8 Pagi

Assalamualaikum Sobat Maya, sehat-sehat selalu dimapun kalian berada.

Sebelum berkeluarga dan memiliki anak, saya pernah berpikiran tentang seperti apa hidup ini nantinya. Saya akan menyiapkan sarapan setiap pagi. Akan selalu ada pakaian bersih. Anak-anak saya akan sopan dan penurut. Keluarga saya akan memiliki rutinitas pagi yang sederhana dan semuanya akan menyenangkan.

Tapi saat ini setelah menikah dan memiliki anak ternyata hidup gak sesimple itu. Adakalanya saya seperti tidak bisa bernapas.

Pagi saya sama sekali tidak sederhana dan saat awal-awal baru menjadi seorang ibu, untuk makan, mandi, bahkan buang air saja rasanya semua serba buru-buru dan kewalahan .

Bagaimana saya membuat rutinitas pagi yang sederhana dan mengubah pagi menjadi momen yang menyenangkan?

Dengan pagi yang menyenangkan tentunya membawa perubahan BESAR dalam cara berpikir saya.
Saya melatih diri untuk tidur lebih awal dan membuat daftar kegiatan di pagi yang benar-benar bisa saya lakukan.

8 hal yang harus dilakukan sebelum jam 8 pagi ditambah dengan sepuluh hal ini sebelum jam 10 malam telah membuat perbedaan besar dalam menjalani hari saya sebagai ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah.

Berikut adalah rutinitas pagi sederhana dari 8 hal yang dapat Sobat Maya lakukan sebelum jam 8 pagi untuk memulai pagi dengan benar.

EXCLUSIVE  7 Target Blogging 2019

Dengan makeover pagi ini, Anda dapat membangun rutinitas pagi sederhana yang sukses dan menyelesaikan 8 hal ini sebelum jam 8 pagi.

1. Bangun lebih pagi

Bangun lebih awal sekitar jam 3 atau 4 pagi. Orang-orang sukses sering kali bangun pagi untuk memulai harinya karena di waktu tersebut gangguan belum muncul. Anak-anak juga biasanya belum bangun.

Sebagai umat Islam saya pasti terbangun pas adzan shubuh. Apalagi rumah saya persis samping musholla, jadi bunyi toa saat adzan berkumandang pasti membuat keluarga saya terbangun. Hanya ketika saya dan suami melaksanakan puasa sunnah saja kami bangun lebih awal lagi sekitar jam 03.30 untuk qiyamullail dan sahur.

2. Mulai dengan beribadah pagi.

Bagi umat muslim bisa memulai hari dengan tahajud witir, atau paling tidak shalat sunnah qabliyah sebelum subuh dan dilanjutkan dengan shalat shubuh terus tadarusan.

Untuk yang beragama kristen, hindu, ataupun budha saya rasa juga melakukan ibadah pagi hari dimulai dengan berdoa sesuai kepercayaannya masing-masing.

3. Minum air putih

Dalam daftar hal yang harus saya lakukan di pagi hari, minum air adalah suatu keharusan.
Air putih harus menjadi hal pertama yang Anda minum di pagi hari terlebih dahulu, kemudian boleh minum secangkir kopi atau teh sesuai selera.

Tidak suka minum air putih? Tidak apa-apa. Minum infused water yang memiliki rasa lebih enak dan membantu memenuhi kebutuhan air harian Anda.

4. Mulai dengan mencuci pakaian

Setiap rutinitas pagi yang sederhana bisa dimulai dengan mencuci pakaian. Hal ini termasuk bagian mengaktifkan fisik untuk bergerak.

Jika menggunakan mesin cuci, pakaian kotor tinggal dimasukkan ke dalam mesin cuci, dan Anda bisa melakukan olahraga ringan 15-30 menit sambil mendengarkan podcast dan menunggu pakaian selesai dicuci oleh mesin.

EXCLUSIVE  5 Kenangan Terbaik 2018

Tapi apabila Anda mencuci pakaian tanpa mesin, maka olahraga pagi bisa dilakukan sebelum atau sesudah mencuci pakaian.

5. Bersihkan rumah dan cuci piring

Tempat tinggal dan perabotan yang bersih membantu mngurangi kecemasan dan meningkatkan mood Anda seharian.

6. Memiliki daftar makanan sederhana harian untuk mempermudah membuat menu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Daftar menu makanan harian ini tidak hanya untuk menghemat anggaran belanja, tapi juga mengefisiensikan waktu dalam menyiapkan makan untuk keluarga.

7. Brain dump

Brain dump adalah proses mengeluarkan semua yang Anda pikirkan di dalam otak ke media penyimpanan lain, misalnya kertas atau gadget biar tidak overthinking.

Brain dump akan membantu dalam makeover pagi Anda. caranya Buat dua kolom di selembar kertas. Di satu sisi tuliskan apa yang Anda syukuri. Di sisi lain tuliskan semua hal yang membebani Anda.

Anda juga bisa menulis daftar tugas Anda, semua yang harus diselesaikan, acara hari ini atau mendatang, hal-hal yang ingin Anda lakukan, pokoknya setiap pemikiran yang muncul di benak, tuliskan saja.

8. Tampil rapi

Sekalipun beraktivitas hanya di rumah saja, menjaga penampilan meskipun hanya di dalam rumah tetaplah baik. Jangan sampai karena berpikir cuma dirumah jadi malas mandi pagi, berpenampilan lusuh, dan bau apek.

Tampil rapi di pagi hari merupakan salah satu hal penting yang dapat kita lakukan di pagi hari. Tampil rapi dapat membantu meningkatkan mood seharian. Mandi, terus handbodyan, dan pakai baju yang rapi yang sudah disetrika tentunya.

Kalau saya pribadi cukup dengan berpakaian casual yang nyaman saja. sedangkan beberapa orang yang saya kenal ada yang tetap berdandan atau bermake up sambil sesekali mengenakan gaun kondangan. Katanya biar bahagia.

Do What Makes You Happy

Sekian sharing saya mengenai 8 hal yang harus dilakukan sebelum jam 8 pagi. Sesudah tampil rapi saya siap bekerja di depan laptop. Namun, sebelum saya stand by di depan laptop untuk bekerja sebagai editor ataupun content writer ada satu hal lagi yang saya kerjakan yakni shalat dhuha. Tapi tidak saya tuliskan ke dalam daftar. Sama halnya dengan kegiatan ngecek pesan whatsapp atau ngescroll sosmed sebelum ngetik juga tidak saya cantumkan karena itu sudah bagian dari kerjaan saya yang harus menganalisis apa saja yang sedang trending saat ini.

Tidak semua pagi saya sempurna walau sudah memiliki daftar diatas, adakalanya saya, suami atau anak saya sakit, atau adakalanya kerjaan artikel yang harus segera direvisi sehingga baru selesai semua kegiatan pagi di jam 9 atau 10. Tapi setidakya dengan memiliki daftar kegiatan yang harus dilakukan di pagi hari tidak membuat kita kebingungan atau kewalahan dalam mengurus rumah tangga dan kerjaan.

EXCLUSIVE  Set a Goals 2020

 

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger. Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005. Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017. Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online. Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019 Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan. Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *