Apa bagusnya sih jadi blogger?

Apa Bagusnya Sih Jadi Blogger? Bagi saya yang sejak kecil memang mencintai dunia kepenulisan, blog merupakan salah satu wadah untuk saya menyalurkan passion menulis. Menjadi seorang penulis blog atau yang lebih dikenal dengan sebutan blogger ternyata tidak kalah menantang dari  menjadi penulis buku dan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Apa saja itu? Baca sampai habis ya.

Apa Bagusnya Sih Jadi Blogger?
Sang Maya Mom Blogger

Seperti kata pepatah yang mengatakan siapapun bisa menjadi seorang penulis. Saya yakin setiap orang juga bisa menjadi seorang blogger. Namun ada perbedaan antara penulis dan blogger. Seseorang bisa dikatakan sebagai penulis dikarenakan mempunyai tulisan. Berbeda dengan blogger tidak bisa dikatakan penulis blog apabila tidak memiliki blog.

Tidak semua penulis adalah seorang blogger, tapi seorang blogger merupakan seorang penulis.

Awal pertama saya membuat blog sepuluh tahun yang lalu adalah blog gratisan. Niatnya dikarenakan ingin mempublish pengalaman, cerita, dan karangan-karangan saya, namun kebanyakan isinya curhat yang kemudian hari saya hapus karena memalukan. Kemudian sempat menjadi blog jualan juga (dasar gak konsisten).

Namun setelah memasuki komunitas blogger di kota kelahiran saya Pontianak, maka blog saya sangmangat.blogspot.com yang super cupu langsung saya perbaiki dengan menghapus konten-konten gak penting. Saya juga membeli domain menjadi sangmaya.com biar gak terlalu malu-maluin ketika bersama komunitas blogger.

Sebelum membuat blog saya sudah mengetahui kita bisa menghasilkan uang dari blog.  Sayangnya saya tidak mengetahui dengan detail caranya seperti apa saja, terutama adsense. Dahulu hal yang saya ketahui untuk mendapatkan uang dengan blog hanya dari berjualan.

Blog bisa menjadi tempat kita mengenalkan produk ke seluruh dunia seperti sosial media. Blog juga bisa membuat kita terkenal seperti Raditya Dika. Ada juga beberapa penulis buku terkenal yang juga akhirnya memiliki blog dan berbagi pengalaman mereka, atau mereview buku-buku yang mereka baca.

Setelah bergabung dengan komunitas blogger di tahun 2015, saya makin mengetahui tentang blog, seperti DA, PA, LSI, SEO, dan lainnya. Banyak manfaat yang saya rasakan selama menekuni dunia blog. Hal ini mendorong saya untuk berbagi tips ngeblog agar yang masih kebingungan soal blog  dapat terbantu dan blognya bisa jadi lebih berkualitas serta mampu menghasilkan uang. Asyik gak tuh.

Tentang blogger sudah pernah saya tulis di blog news saya yakni Blogger Desa. Nah, tulisan saya kali ini lebih ke apa sih bagusnya menjadi seorang blogger? Apa saja manfaat dari ngeblog? Bisakah saya menjadi seorang blogger? dan Bagaimana caranya mendapatkan uang dari ngeblog?

Manfaat Ngeblog

Ada 12 manfaat ngeblog yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah :

Apa Bagusnya Sih Jadi Blogger?

Pemaparan 12 poin manfaat menulis blog saya pisahkan ke blog saya yang Blogger Desa. Biar konten ini tidak terlalu panjang. Jadi silahkan mampir ke bloggerdesa.com ya gaes siapa tau cepat ketemu jodoh.

Banyak manfaat ngeblog yang saya dapatkan ketika saya memutuskan untuk menjadi seorang blogger profesional. Kapan itu? yaitu ketika saya membeli domain dan hosting untuk blog saya. Saya membeli hosting di niagahoster karena bagus dan saat itu ada promo.

Bahkan blog utama saya yang sedang kalian baca ini saya migrasikan dari blogspot ke wordpress untuk memudahkan saya optimasi SEO dan konten bisa lebih cepat terindex. Sedangkan blog yang masih platform blogspot tetap saya gunakan agar saya tetap belajar dan tetap ingat cara menggunakan blogspot. Terutama saat mengajari seseorang yang ingin menggunakan platform blogspot. Apapun platformnya konten tetap yang paling krusial.

EXCLUSIVE  Cara Menghilangkan Kulit Belang Dengan Hasil Maksimal

Kenapa blog harus dioptimasi dengan SEO ?

Ibarat masak tanpa garam rasanya hambar. Begitu juga konten blog tanpa SEO rasanya ambyar…

Namun alasan utama saya mengoptimasi konten blog dengan SEO karena di suatu agency yang saya ikuti bayaran konten sponsorships atau placemen yang berhasil masuk di halaman satu lebih besar ketimbang berada di halaman antah-berantah.

Alasan lainnya, mengasah skill ngeblog dan mengikuti ajang pencarian bakat. Eh bukan, maksud saya mengikuti ajang perlombaan SEO yang biasanya lebih sengit dari lomba menulis konten blog.

Saat ini bagi saya rasanya kurang afdhol saja jika saya mempublish suatu konten sedangkan SEO nya masih berwarna kuning. Butuh banyak riset keyword dan mengasah skill menulis agar konten saya lampu SEO nya berwarna hijau.

BLOG FOR PASSION & GET MONEY

Memiliki blog makin menyalurkan passion saya dalam dunia kepenulisan. Blog tidak menyurutkan cita-cita saya sebagai seorang penulis buku. Blog malah memudahkan saya untuk berbagi karya tulisan kepada dunia.

I BLOG FOR PASSION

Bayangkan ketika kamu sangat mencintai pekerjaan kamu. Tentu saja melakukan hal yang kamu cintai dapat membuat kamu merasa bahagia dan bersemangat. Passion saya sejak kecil adalah menjadi seorang penulis. Cita-cita saya menjadi seorang penulis sudah terwujud dengan memiliki karya buku, blog, dan sempat menjadi jurnalis di media cetak.

I BLOG FOR GET MONEY

Tujuan saya ngeblog sebenarnya bukan hanya untuk mendapatkan uang. Namun jujur saya khawatir saya terjebak dalam suatu pekerjaan yang tidak saya sukai atau terjebak dalam pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu saya. Padahal saya orangnya suka rebahan, nonton, main game, makan, jalan-jalan, dan main sama anak. Jadi saya berusaha mendapatkan penghasilan dari menulis dan ngeblog. Sekalipun wanita yang sudah berumahtangga mendapatkan uang dari suami, akan lebih asyik jika kita tetap bisa menghasilkan uang sendiri.

Blogger Sukses

Untungnya salah satu manfaat ngeblog adalah mendapatkan uang. Yup! blog bisa menghasilkan uang loh. Beberapa blogger bisa mendapatkan uang dari ngeblog dalam waktu beberapa tahun (seperti saya). Namun ada juga yang hanya dalam satu bulan bisa menghasilkan uang dari ngeblog. Saya mengenal beberapa blogger sukses yang penghasilan bulananya dari ngeblog minimal banget Rp 10.000.000 kadang mereka bisa mendapatkan Rp 50.000.000 dari ngeblog sampai dikira melakukan pesugihan oleh tetangga sekitar dikarenakan dirinya selalu berada di rumah saja.

CARA MENGHASILKAN UANG DARI NGEBLOG

Kalau bicara uang langsung cepat semangat ya, siapa sih yang gak mau duit. Ada banyak cara loh menghasilkan uang dari ngeblog diantaranya adalah :

1. Jualan produk dan jasa
Blog bisa menjadi salah satu media online marketing bagi suatu brand, produk, ataupun jasa. Kebanyakan orang membuat blog dengan tujuan untuk jualan. Seperti beberapa blog teman saya Rental Mobil Pontianak, Studio Foto Viapuchino, dan ediwasa.com dan masih banyak lagi lainnya. Ada juga blog yang menyediakan jasa promosi produk jualan UMKM.  Tentunya mereka tidak hanya asal membuat blog jualan. Mereka berjuang dalam optimasi SEO agar blog mereka bisa selalu di halaman satu google.

EXCLUSIVE  Memaafkan Diri Sendiri dan Orang Lain

2. Jual nama domain
Ternyata nama suatu domain juga bisa dijual. Ada beberapa blogger yang saya kenal suka ternak nama domain untuk dijual lagi. Satu nama domain yang singkat dan unik bisa dijual seharga Rp 5.000.000

3. Jual blog
Beberapa blogger ada yang hobi ternak blog untuk dijual lagi dengan harga paling murah Rp 3.000.000 tergantung seberapa bagus blognya, DA, sudah ada beberapa konten, dan kekuatan backlink blog itu sendiri.

4. Jasa membuat blog
Untuk beberapa orang yang sibuk biasanya lebih suka langsung membeli blog sesuai yang mereka inginkan, sampai urusan maintenece juga mereka bayar.

5. Jasa ngajarin ngeblog
Blogger yang sudah mahir bisa menjadi tutor dalam mengajar cara membuat dan memaintence blog.

6. Jasa menulis konten.
Biasanya seorang blogger semakin mahir dalam membuat konten blog, sehingga dapat menjual tulisan mereka kepada yang membutuhkan jasa menulis konten.

7. Adsense atau iklan
Nah, bagi blognya yang lulus adsense bisa juga mendapatkan penghasilan dari sini. Namun saya pribadi belum pernah mendapatkan penghasilan dari adsense sekalipun blog saya semua sudah lulus adsenses dan sudah masuk tahun ketiga. Saya belum menemukan blogger yang mau berbagi ilmu dan rahasia tentang adsense ini. Secuil info yang saya ketahui tentang adsense salah satunya berkaitan dengan trafik blog kita, dan seberapa famous nya blog kita.

8. Invitation & sponsorship
Salah satu keuntungan menjadi blogger biasanya ada saja tiap bulan bahkan tiap minggu beberapa undangan dari berbagai instansi, cafe, restoran, hotel, atau sebuah produk. Dari undangan yang kita dapatkan biasanya ada uang saku atau uang transport yang diselipkan plus godie bag. Koleksi tas atau dompet yang saya ikuti dari berbagai event sampai bisa saya bagi-bagikan ke tetangga. Tentu saja para blogger harus mengulas event atau produk dari undangan tersebut sebagai balasannya.

9. Menang lomba
Perlombaan blog biasanya ada dua hal yakni: Lomba menulis konten blog dan lomba SEO. Perlombaan blog biasa digunakan blogger untuk mengasah skill menulis dan skill SEO, dan tentunya untuk mendapatkan hadiah lomba. Saya mengenal beberapa blogger yang sering banget menang lomba, setahun bisa menang sampai lima kali lomba. Satu kali menang hadiah bisa dapat satu sampai sepuluh juta. Setahun dari menang lomba saja bisa dapat 50 juta, sudah kayak pegawai kantoran yang digaji empat juta perbulan. Lumayan banget kan ya. Terus bagaimana dengan saya? Saya belum terlalu banyak ikut lomba, dan belum pernah menang juga 🙁 namun tetap semangat ikut-ikut lomba menulis blog ataupun lomba SEO.

10. Placemen
Placemen ini merupakan salah satu cara blogger mendapatkan uang dari instansi atau produk yang minta kita menanam link mereka di blog kita. Placemen hampir sama dengan sponsoship, namun bedanya ada link yang harus kita tanam. Harga suatu placemen biasanya mengikuti berapa tinggi DA dan trafik blog kita. Makin tinggi DA makin tinggi juga bayaran placemen.

11. Afiliasi

Bergabung dengan suatu intansi, atau kolaborasi dengan suatu layanan produk maupun jasa. Sehingga kita menjual produk mereka dan dapat persenan dari situ.

EXCLUSIVE  Set a Goals 2020

Nah inilah 11 cara mendapatkan uang dari ngeblog. Lumayan banyak ya, namun jika kalian ada mengetahui cara lainnya boleh kok saling sharing. Semoga jadi ladang pahala juga bagi yang suka berbagi.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari ngeblog. Blog mengubah hidup saya dengan berbagai cara, termasuk menambah jumlah uang di rekening saya. Blog juga membantu dalam menjaga kesehatan mental saya. Jadi apa bagusnya sih menjadi seorang blogger? Tentu bagus bangeeeeet.

Hal yang saya sesali dari menjadi seorang blogger adalah tidak memulai ngeblog lebih awal dan tidak belajar lebih banyak tentang dunia ngeblog. Jadi bagi yang belum punya blog, kapan mau mulai memiliki blog juga?  Atau yang sudah punya blog namun masih gratisan, kapan mau diubah ke blog yang lebih profesional?

START YOUR OWN BLOG

Cara membuat blog

Membuat blog sangatlah mudah. Kita sendiri bisa membuat blog. Tinggal pilih platform yang kita sukai baik itu blogspot, wordpress, ataupun platform lainnya. Kebanyakan Blogger Indonesia menggunakan blogspot atau wordpress. Berikut akan saya bagikan sedikit tips ngeblog bagi yang ingin memulai ngeblog, atau sama seperti saya yang masih belajar ngeblog.

Tips Menjadi Blogger Ala Sang Maya

  1. Luruskan Niat

Saat pertama kali membuat blog ada baiknya kita meluruskan niat untuk apa kita membuat blog. Tetapkan tujuan kenapa kita membuat blog. Hal ini supaya blog kita isinya lebih terarah. Kesalahan fatal seorang blogger adalah tidak mengetahui tujuan blognya. Gak tau niche blognya apa gak jelas.

2. Rajin belajar dan optimasi

Harap diingat dan dimengerti dengan sebaik mungkin bahwa belajar itu sepanjang hayat. Ilmu yang berkaitan dengan blog sangat banyak, belajar ngelogsangat diperlukan agar kita dapat mengoptimasi blog dengan benar dan baik. Tulisan blog yang  dibagikan  baiknya ada hal yang bermanfaat, ada informasi, atau ada pelajaran yang bisa diambil. Tentunya untuk membagikan suatu tulisan yang baik kita harus banyak belajar dan banyak membaca juga.

Apa Bagusnya Sih Jadi Blogger?

3. Konsisten

Menulis blog baiknya konsisten. Paling sedikit seminggu ada satu konten yang ditulis. Blogger tapi malas nulis konten itu sebenarnya agak menyedihkan. Harap diingat! Mastah yang malas dapat dikalahkan oleh newbie yang rajin.

4. Percaya diri

Jangan malu untuk membagikan tulisan kita ke berbagai sosial media. Justru makin sering kita berbagi bisa jadi makin banyak view dan makin tinggi pula traffik pengunjung. Tapi baiknya juga jangan terlalu keseringan, nanti dikira spam. Diatur atau dijadwalkan akan lebih baik dan disukai google serta media sosial.

5. Profesional

Akan lebih baik jika blog kita sudah memiliki domain. Bahkan beli hosting juga, dan belinya di Niagahoster (ngiklan, maklum afiliasi juga saya sama niagahoster). Blog yang masih gratisan biasanya kurang diminati agency atau sponshorship. Blog dengan domain bisa meningkatkan rasa percaya diri dan pesona seorang blogger.

Sedikit tips ngeblog  lainnya untuk kamu yang newbie atau blogger yang baru belajar ngeblog, namun ingin cepat mendapatkan uang dari ngeblog. Bekerjalah dalam menaikkan view dan domain authorithy (DA) paling minimal 10. Blog dengan DA dan traffik yang tinggi memiliki peluang dalam iklan dan kolaborasi. Sekalipun DA bukanlah penentu konten kamu berada di halaman satu.

Semoga bermanfaat dan menjadi blogger sukses dunia akhirat. Amiin.

Salam Bahagia!

Written by

Sang Maya

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.

Pernah menempuh pendidikan formal di :
MIN Bawamai Pontianak
MTSN 1 Pontianak
MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat.
S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.

Pengalaman karir :
- Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014.
- Wartawati media Suara Pemred 2014-2015.
- Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.

Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.

Komunitas yang diikuti :
Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014,
Readers Club Balikpapan
Komunitas Blogger Pontianak. 2016
English Travelling Community 2017
Mini Lesson 2017
Blogger Perempuan 2017
Blogger Perempuan GandjelRel 2019

Hobies :
Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.

Karya :
1. BODAS (novel2016)
2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)