Tips & Pola Hidup Sehat

Tips dan Pola Hidup Sehat Ala Sang Maya – Gak Ada 😀 maksudnya gak ada yang terlalu spesial sampai saya harus memberikan tips sehat, dan seperti apa pola hidup sehat yang berbeda dengan orang-orang pada umumnya. Bagi saya makan secukupnya, ngemil sesukanya, olahraga seingetnya, dan melaksanakan kegiatan kebersihan seperti mandi, nyuci, beres-beres seperti biasanya sudah menjadi bagian dari pola hidup sehat.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah upaya manusia dalam menjaga kesehatannya sehari-hari. Banyak orang yang beranggapan menjalankan pola hidup sehat itu sulit dan mahal, padahal tidak sama sekali. Semuanya tergantung persepsi masing-masing. Jadi yang dibetulkan adalah pola pikirnya terlebih dahulu, bahwa menjalankan pola hidup sehat itu mudah dan menyenangkan.

Pola Hidup Sehat itu Mudah dan Menyenangkan

Melakukan pola hidup sehat bagi saya sebenarnya sangat mudah, cukup dengan menjaga pola makan dan tidak banyak pikiran. Jika saya sedang banyak pikiran dan merasa tertekan saya malah mudah sakit, maag pasti kambuh, sakit gigi padahal giginya gak bolong dan gak kenapa-kenapa, sampai gatal-gatal di kulit. Kebanyakan pikiran malah berdampak pada kesehatan fisik. Jadi yang dibutuhkan adalah rileks dan jangan banyak pikiran.

Rileks dan jangan banyak pikiran

Sedikit cerita, satu bulan lalu saya baru saja sakit yang gejalanya mirip corona. Demam, sakit tenggorokan, lemas, dan sesak nafas. Tapi karena saya sedang tidak ada habis berpergian kemana-mana dan hidup di lingkungan desa, Rasanya sangat kecil kemungkinan saya terkena corona.

Hasil pemeriksaanpun menyatakan saya radang amandel dan terkena maag. Sesak nafas yang saya alami akibat asam lambung yang sudah naik ke paru-paru. Sembuhnya ya dengan istirahat total, dan minum obat dari bidan langganan saya.

Saya bukan orang yang tergolong rajin beres-beres rumah, namun saya tidak suka dengan kondisi rumah yang kotor berantakan. Saya juga tidak suka dengan hal seperti cuci mencuci dan menyetrika pakaian, namun karena saya bukan orang super kaya yang bisa mempekerjakan banyak pembantu atau menaruh pakaian saya di jasa laundry, jadi saya membersihkan dan merapikan hal-hal tersebut sendiri.

Kebersihan Sebagian Dari Iman

Kalau diri kita bersih, lingkungan juga bersih, suasana pasti lebih terasa nyaman dan segar. Menjaga kebersihan suatu hal yang penting karena dengan menjaga kebersihan hidup, sama saja artinya kita menjaga pola hidup sehat. Tapi apakah hidup sehat cukup dengan hanya menjaga kebersihan saja? Tentu tidak. Makan teratur, istirahat yang cukup, olahraga yang rutin, dan lakukan meditasi untuk mendukung kualitas kesehatan hidup kita.

EXCLUSIVE  55 Persiapan Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir Yang Harus Diperhatikan

Sudah bersih, makan, olahraga, dan meditasi apakah membuat saya sehat selalu ? Tentu tidak. Selain faktor dalam, pasti ada faktor luar seperti perubahan cuaca, polusi, penyebaran virus, sampai seseorang yang berkarakter toxic bisa berbahaya untuk kesehatan kita, terutama kesehatan mental.

Saya pernah mengalami meriang, sinusitis, hepatitis, leukositosis, lumpuh total. Penyakit yang paling mengerikan yang pernah saya alami adalah mental illnes. Kondisi dimana saya kehilangan kemampuan berkomunikasi dan tidak bisa mengendalikan tubuh saya padahal saya sadar. Sedangkan penyakit yang paling menyiksa adalah alergi panas sinar matahari.

Jadi jika memang saya harus memberikan tips dan pola hidup sehat itu seperti apa, maka saya akan memberikan tips sehat fisik maupun mental untuk menghindari penyakit yang pernah saya alami saja.

Tips Sehat Fisik dan Mental Ala Sang Maya

Pertama : Tetap bernafas dengan baik. Sebisa mungkin lakukan pernafasan panjang agar udara bisa sampai ke otak. Bernafas bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Olahraga pernapasan juga bagian dari meditasi. Pernafasan panjang juga bagian dari rileksasi. Memang tanpa saya memberikan tips inipun semua makhluk hidup pasti bernafas, namun sudahkah kita bersyukur atas nikmat nafas ini? Tidak bernafas tiga menit saja bisa menghantarkan kita ke liang lahat. Jadi bersyukurlah bisa bernafas dengan baik tanpa alat bantuan pernafasan.

Tips dan Pola Hidup Sehat Ala Sang Maya
Sumber foto : Pinterest

Kedua : Berjemur di sinar matahari pagi. Hal ini menyehatkan dan dapat menyembuhkan sinusitis. Tapi bagi yang alergi sinar matahari usahakan jangan lewat dari jam 8 atau 9 (segera berteduh jika matahari sudah terasa panas) Sinusitis yang saya alami memang sinusitis yang disebabkan oleh faktor gen, namun dapat diminimalisir dengan berjemur sinar matahari. Tapi karena saya mempunyai alergi sinar matahari, jadi tidak bisa lama.

EXCLUSIVE  Cara Menghilangkan Kulit Belang Dengan Hasil Maksimal

Ketiga : Menginjak tanah tanpa alas kaki. Tanah itu sifatnya netral, katanya bisa menyerap energi negatif dalam tubuh. Manusia diciptakan dari tanah, dan suatu saat akan kembali masuk tanah, kecuali jika proses pemakaman kamu dibakar habis dan disebar ke sungai seperti tradisi di India.

Keempat : Tetap tenang, jangan pernah terburu-buru. Akibat terburu-buru saya terpeleset dan jatuh dari lantai dua lalu esok harinya mengalami syaraf kejepit yang membuat saya lumpuh total. Dokter menyuruh saya untuk operasi syaraf, tapi saya mengambil alternatif lain lewat bekam dan akupuntur dua hari sekali selama sebulan. Ini lumayan efektif. Tubuh saya bisa digerakkan secara perlahan sampai akhirnya pulih. Namun sampai saat ini saya tetap tidak diperbolehkan angkat berat terlalu lama.

Kelima : Jangan menikah jika belum siap, jangan punya anak jika belum siap, dan jangan pernah sekalipun tinggal di rumah mertua, rumah saudara, apalagi rumah orang lain. Poin paling krusial jangan pernah sekalipun tinggal satu rumah dengan mertua sekalipun mertua kamu sangat atau kelihatan baik, soalnya ipar-ipar kamu belum tentu. Ini soal menjaga kesehatan mental. Kecuali kalau mau ngerasain mental illnes itu kayak apa. Tapi amit-amit jangan sampai sakit mental deh. So freak and so sad… 

Keenam : Terima takdir. Ini mungkin tips yang lumayan absurd, namun kalau kita susah menerima takdir, maka hati dan pikiran suka sempit. Kalau sudah hati kian sempit pikiran jadi rumit, hasrat hidup terhimpit, jadi mudah sakit.

Ketujuh : Jangan hidup susah. Susah ya bukan miskin. Miskin kaya itu suatu kondisi, sedangkan susah itu pilihan gaya hidup. Contoh susah itu, seperti kamu punya kompor gas, dan punya kemampuan buat beli gas, tapi kamu masak pakai tungku kayu, kayunya juga harus cari sendiri, tidak boleh ambil kayu bakar yang sudah ditumpuk. Punya mesin cuci tapi tidak boleh dipakai, musti cuci pakai tangan,rumah tersedia air ledeng atau PAM, namun dengan dalih penghematan kamu gak boleh pakai air ledeng, harus nimba air di sumur. Mensusahkan diri sendiri itu gak baik buat kesehatan otak dan mental.

EXCLUSIVE  Tutorial Dasar Seo Webmaster From Zero To Hero
Tips dan Pola Hidup Sehat Ala Sang Maya
Sumber foto : @tadaburquranid

Kedelapan : Makan, minum, dan tidur yang cukup sesuai kebutuhan. Makan minum jangan berlebihan, dan jangan juga kekurangan apalagi sampai kelaparan. Konsumsi makanan yang bergizi itu baik, tapi kalau sesekali makan yang tidak ada gizinya juga tidak masalah selama tidak membuat sakit.

Kakek saya yang berusia 90 tahun lebih saat ini tidak mau memantang makanan sekalipun beliau punya sakit darah tinggi dan asam urat yang tidak boleh terlalu banyak makan biji-bijian. Kata kakek saya sewaktu dilarang makan durian buah favoritnya, dirinya sudah terlalu tua, mati juga tidak apa-apa selama tidak menyisakan penyesalan. Setelah makan satu buah durian, lima jam kemudian kakek masuk rumah sakit karena darah tinggi. Tapi delapan jam di RS sudah baikkan dan langsung pulang.

Saya keasyikan cerita sehingga tanpa sadar tulisan ini jadi terlalu panjang. Semoga tidak membuat kalian yang membaca jadi pusing dan bosan. Sedikit tips sehat lainnya yang bukan ala Sang Maya yakni  tips sehat ala Rasul. Saya senang mempelajari thibbunabawi atau pengobatan ala nabi. Tips sehat ala Rasul yang saya jalankan seperti minum madu, makan kurma, habbatussauda, minyak zaitun, dan berbekam sebulan atau dua bulan sekali untuk menjaga kesehatan.

Akhir kata, semoga sehat, panjang umur, dan tetap hidup dengan  menebar manfaat.

Written by

Sang Maya

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger.

Pernah menempuh pendidikan formal di :
MIN Bawamai Pontianak
MTSN 1 Pontianak
MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat.
S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005.

Pengalaman karir :
- Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014.
- Wartawati media Suara Pemred 2014-2015.
- Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017.

Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online.

Komunitas yang diikuti :
Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014,
Readers Club Balikpapan
Komunitas Blogger Pontianak. 2016
English Travelling Community 2017
Mini Lesson 2017
Blogger Perempuan 2017
Blogger Perempuan GandjelRel 2019

Hobies :
Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan.

Karya :
1. BODAS (novel2016)
2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)