Site Overlay

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Apa kabar sobat Maya? Sudah dapat bantuan sembako?

Akibat pandemi, saya tidak jadi pulang ke kampung halaman pada tahun ini. Oleh sebab itu saya mulai merindukan beberapa kuliner Pontianak. Sudah pada tahukah makanan khas Pontianak Kalimantan Barat itu apa saja? Kalau belum tahu, boleh baca tulisan saya kali ini. Atau kalau malas baca, ntar nanti aku buatin videonya ya pas sempet.

Jika berkunjung ke suatu daerah  atau kota pastinya selain mengunjungi tempat wisatanya, kita akan juga mencoba mencicipi makanan khas daerah tersebut. Nah jika kalian mampir ke kampung halaman saya di Pontianak, ada banyak makanan tradisional khas Pontianak yang musti kalian coba.

Makanan khas Pontianak Kalimantan Barat merupakan kuliner Indonesia yang beberapa diantaranya perpaduan budaya suku Melayu, Dayak, dan Cina (Tiong Hoa). Jika kalian googling makanan khas Pontianak akan muncul 41 list makanan khas Pontianak Kalimantan Barat yang kebanyakan saya sendiri belum pernah mencobanya dan bahkan baru mengetahuinya. Soalnya agak heran juga beberapa makanan khas Tionghoa dinyatakan sebagai makanan khas Pontianak. Selain itu beberapa beberapa kuliner Tionghoa ada juga yang berbahan dasar babi, jadi jelas tidak pernah saya konsumsi. 

Good Food Good Mood

Makanan khas Pontianak memiliki cita rasa pedas dan gurih, namun ada juga yang manis dan legit. Kebanyakan makanan khas Pontianak yang sudah pernah saya cicipi bahkan ada yang bisa saya buat sendiri adalah makanan khas suku Melayu. Yaaa…karena pada dasar keluarga besar saya orang Melayu. Namun ada juga makanan khas Pontianak dari suku Tionghoa dan Dayak yang pernah saya cicipi seperti Mie Tiaw (serius ini khas Pontianak?) terus Temet, dan banyak lainnya.

Jadi saya akan menuliskan aneka makanan khas Pontianak Kalimantan Barat yang sudah pernah saya coba saja ya gaes dengan review jujur. Untuk beberapa kuliner khas Pontianak lainnya yang belum sempat saya cicipi nanti saya tulis juga, namun dalam bentuk list saja dan sewaktu-waktu bisa saya ubah jika sudah saya makan.

Baiklah, siapkan posisi membaca yang enak, cemilan, dan selamat membaca 🙂

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat Favorit saya

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Ikan Asam Pedas

Ikan asam pedas ini bisa dibuat dari berbagai ikan berdaging tebal seperti tongkol, tenggiri, patin, nila, dan gurame. Namun saya suka paling suka ikan asam pedas ikan tongkol. Masakan ikan berkuah kuning dengan rasa asam, pedas, dan gurih merupakan perpaduan dari bumbu bawang merah putih, serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, cabe keriting, kunyit, asam pade atau asam jawa.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
pic: KulinerKalimantan

Sotong Pangkong

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
Pic: Republika

Sotong pangkong ini termasuk makanan favorit saya sejak kecil. Dahulu biasanya saya membeli sotong pangkong setelah shalat tarawih di bulan Ramadan. Namun sekarang sotong pangkong tidak harus menunggu bulan Ramadan. Kawasan yang menjual kuliner sotong pangkong kebanyakan berada di sepanjang Jln. Merdeka pada malam hari.Harganya bekisar dari Rp 5.000 – Rp 50.000

Bubur Pedas

Bubur pedas ini konon sejarah asal muasalnya dari Kabupaten Sambas, namun entah sejak kapan diklaim menjadi makanan khas Pontianak. Bubur ini jujur saja terlihat sekilas macam muntahan kucing. Bubur yang dimasak dengan beras yang sudah disangrai terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan bumbu, kuah kaldu daging, berbagai sayuran, kacang tanah, dan ikan teri. Bagi saya ini makanan yang menyehatkan dan lezat

EXCLUSIVE  Suasana Ramadan dan Persiapan Lebaran 2020
Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
pic: Tempatwisataindonesia.id

Kue Bingke

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
pic : cumibunting.com

Bagi yang suka manis pasti menyukai kue bingke. Kue ini cocok juga buat dessert. Baunya harum susu bercampur santan gitu. Kue ini juga salah satu kue favorit saya. Kue bingke juga cocok buat oleh-oleh, tapi kue ini gak tahan lama karena terbuat dari santan.

Chai Kwe Atau Choipan

Chai kue ini merupakan kuliner khas suku Tionghoa. Isinya bengkoang tumis, Kalau yang buat orang Tionghoa biasanya pakai minyak babi, namun ada juga yang buatan orang Melayu. Saya juga suka jajanan pasar ini. Pernah nyoba buat tapi gagal melulu.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
Pic : Tokopedia

Pacri Nanas

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Buah nanas tumbuh subur di lahan gambut kota Pontianak dan sekitarnya. Sehingga olahan dari bahan nanas cukup banyak, mulai dari selai, keripik, dodol, sampai tumisan yang disebut pacri nanas. Saya suka loh pacri nanas, cuma beberapa kawan suku Jawa kebanyakan kurang cocok.

Temet

Temet merupakan makanan khas Kabupaten Putusibau Kalimantan Barat. Nama lain Temet adalah kerupuk basah. ya temet juga bisa diiris tipis-tipis, keringkan atau dijemur, lalu jadilah kerupuk ikan.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Minuman & Aneka Olahan Lidah Buaya

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Lahan gambut Pontianak membuat tanaman aloe vera atau lidah buaya tumbuh dengan sejahtera. Sehingga ada wisata taman lidah buaya juga, dimana ada tugu lidah buaya. Lidah buaya biasanya dibuat sebagai minuman, namun sekarang sudah makin berkembang sehingga banyak produk dengan bahan lidah buaya seperti manisan, dodol, nastar, teh, stick, keripik, es krim. Sampai produk sampo dan skin care.

Bakwan Lawit

Bakwan Lawit Pontianak adalah bakwan yang adonannya dicampur dengan daun kucai, dan ada juga kucai, kecambah, dan udang kecil atau udang ebi. Bakwan lawit digoreng dengan cetakan cekungan bulat, 

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Burung Punai

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
Pic : instagran @shenlwan

Burung punai yang hidup sebenarnya cantik, sayang kalau dimakan. Tapi kalau sudah dimasak sayang juga gak dimakan. Rasanya gurih manis.

Pisang Goreng Srikaya

Pisang goreng srikaya khas Pontianak adalah pisang goreng dari pisang nipah yang diiris sampai berbentuk kipas, kemudian dicelupkan ke adonan tepung, lalu digoreng. Jadi deh….makannya sambil dicocol selai srikaya. Kalau mau pisang goreng original juga bisa, dan juga ada banyak varian topingnya juga. 

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Mie Tiaw

Pengkang

Pengkang ini lebih banyak di jual di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Jadi saya rasa ini makanan khas Mempawah, di Pontianak ada jual akan lebih mudah ditemukan saat bulan Ramadan. Diluar bulan Ramadan lebih baik beli di Mempawah saja.  Ini ketan bakar yang dikasi serundeng.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Lempok Durian

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Lempok durian ini adalah dodol durian. Rasanya sudah jelas manis durian. Kalau manis mangga yaaa lempok mangga dong.

Sagu gunting

Ini enak. Cocok jadi dessert. Sagu gunting memiliki cita rasa manis karena terbuat dari gula merah dan susu yang dicampur dengan sagu bertekstur mirip agar-agar. Makanan yang menjadi favorit banyak orang ini dulu dijual dengan menggunakan gerobak, namun sekarang rata-rata penjualnya sudah membuka stand tidak lagi berjualan berkeliling dengan gerobak. Jika kamu ingin mencicipinya silahkan datang di standnya yang berada di Jalan Waru atau Jalan Tanjung Pura, Pontianak.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
Pic: @kevenceng

Jorong-jorong

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Favoritnya Queen. Jorong jorong biasanya bisa kamu temui saat bulan Ramadhan tiba. Cara pembuatan jorong jorong ini dengan bahan baku berupa tepung beras dan santan. Kalau waktu saya kecil dulu ngukusnya pakai daun pandanyang lebar-lebar. Sekarang lebih banyak pakai daun pisang aja.

Kopi Sepok

Warung kopi di Pontianak ini sangat menjamur. Kopi sepok terbuat dari biji kopi Pontianak pilihan. Biji kopi ini diolah dengan cara tradisional dan alami sehingga menghasilkan aroma khas dan rasa yang menggugah selera bagi para pecinta kopi nusantara. Kopi ini cocok dijadikan oleh oleh karena sekarang sudah dikemas dengan kemasan yang modern dan mudah untuk dibawa.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Stick Keladi

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Cemilan khas Pontianak yang mudah dibuat yaitu stick keladi. Berbahan dasar talas, sama seperti namanya yaitu talas dalam bahasa Pontianak yang disebut dengan keladi. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Talas yang dipakai pun bukan talas liar, namun talas yang memang dibudidayakan untuk dijadikan stick keladi atau sajian makanan dari talas lainnya.

Kembang Tahu

Kembang tahu ini salah satu minuman favorit saya dan Queen. Rasanya manis dan enak. Cocok diminum untuk segala suasana. Bisa diminum panas ataupun dingin. Biasa disajikan dengan gula merah yang dicampur jahe.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Es Jeruk Pontianak

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Jelas minuman  khas Pontianak karena jeruknya saja pakai Jeruk Pontianak.

Es Kacang Merah

Entahlah ini beneran minuman khas Kota Pontianak atau bukan, katanya sih iya…Saya memang suka es kacang merah, tapi buatan sendiri. Kalau beli suka gak yakin pakai gula asli atau pemanis buatan. Cuma ada juga es kacang merah yang dijual pakai gula asli.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Kue Talas Ebi

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat
Pic : @e_ndro

Makanan khas Pontianak selanjutnya adalah kue talas ebi yang terbuat dari talas Pontianak. Cara menyajikan kue ini adalah dengan memotongnya langsung dalam loyang atau dengan ditaburi topping atau sambal favorit. Kue talas ebi ini selain mudah dibuat sendiri, juga bisa kamu jadikan buah tangan

EXCLUSIVE  5 Kenangan Terbaik 2018

Hekeng

Terakhir ada hekeng, makanan khas Pontianak dari udang. Udang tersebut diolah dengan campuran bumbu yang dihaluskan kemudian dibungkus dengan menggunakan kulit tahu. Makanan ini tidak bisa dimakan langsung sehingga harus dicampur dengan nasi putih.

Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

Count The Memories Not The Calories

Banyak juga ya makanan dan minuman khas Pontianak Kalimantan Barat. Walaupun ada beberapa makanan yang bukan asli dari kota Pontianak, melainkan dari kabupaten lainnya di Kalimantan Barat, namun untuk memudahkan para pengunjung atau wisatawan, semua makanan khas Kalimantan Barat ada di ibukota Kalimantan Barat yakni Pontianak. Jadi jika teman-teman berkunjung ke Pontianak jangan lupa mencicipi aneka kuliner khas Pontianak ya.

Kuliner khas Pontianak Kalimantan Barat yang belum saya sempat cicipi

  • Lek Tau Suang

    Makanan khas Pontianak dari suku Tionghoa. Bubur kacang hijau kupas.

  • Kwe Cap

    Makanan khas Pontianak dari suku Tionghoa. Kue kacang hijau yang Ini biasanya pakai babi

  • Kue Bulan

    Makanan khas Pontianak dari suku Tionghoa. Pakai minyak babi.

  • Es Krim Petrus

    Ini es krim disajikan pakai batik kelapa. Dinamai es krim Petrus soalnya cuma dijual di depan sekolah Petrus Pontianak.

  • Bakmi Kepiting

    Sajian kuliner khas Pontianak ini teksturnya begitu lembut, ukurannya kecil dan rasa asin manisnya sangat pas di lidah. Belum lagi tambahan isian mewah yang berasal dari daging kepiting. Di Pontianak, ada dua nama bakmi kepiting yang terkenal, yaitu bakmi owki dan bakmi juhuy.

  • Kue Kantong Semar

    Makanan ringan khas Pontianak yang satu ini berasal dari pedalaman dan pesisir Kalimantan Barat. Bahan dasar kue kantong semar ini adalah tumbuhan kantong semar yang keberadaannya dilindungi. Tumbuhan kantong semar tadi dijadikan wadah bagi adonan beras pulut yang dicampur dengan kacang merah kukus. Meskipun berbahan baku tumbuhan dilindungi, namun Pemerintah seakan memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang memanfaatkan tumbuhan kantong semar ini dengan alasan kebijakan melestarikan adat dan budaya.

Nothing brings people together like GOOD FOOD.

Beberapa makanan dan minuman yang katanya khas Pontianak tapi tidak saya sebutkan karena saya yang orang Pontianak asli saja cukup ragu jika itu adalah kuliner khas Pontianak Kalimantan Barat. Seperti kue lamington, es tebu, es jagung, liang teh, dan es teler… Jadi sementara cukup yang di atas saja dulu.

Beberapa makanan khas Pontianak yang belum sempat saya cicip akan ada beberapa makanan yang memang tidak akan pernah saya cicip karena faktor kehalalannya.

Dari berbagai list makanan dan minuman khas Pontianak Kalimantan Barat yang saya sebutkan di atas, kira-kira mana nih yang ingin kalian coba cicipi terlebih dahulu? Atau ada yang sudah pernah mencoba beberapa kuliner Pontianak? Boleh share pengalamannya di kolom komentar ya.

Demikian kali ini tulisan saya mengenai makanan khas Pontianak. Semoga bermanfaat. Jika ada salah kata mohon dimaafkan.

Author: Sang Maya

Professional Dreamer yang lahir di Kota Khatulistiwa Pontianak 2 Agustus 1986 dan sekarang fokus menjadi penulis buku dan Mom Blogger. Pernah menempuh pendidikan formal di : MIN Bawamai Pontianak MTSN 1 Pontianak MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. S1 di fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta angkatan 2005. Pengalaman karir : - Head of Costumer Relation Management Dompet Dhuafa - Kaltim 2011-2014. - Wartawati media Suara Pemred 2014-2015. - Penggerak Pelapak bukalapak.com 2016-2017. Setelah menikah pada April tahun 2015 lebih memilih menjadi Ibu rumah tangga, dan entrepreneur independen baik secara offline maupun online. Komunitas yang diikuti : Nulis Buku Club Balikpapan 2012-2014, Readers Club Balikpapan Komunitas Blogger Pontianak. 2016 English Travelling Community 2017 Mini Lesson 2017 Blogger Perempuan 2017 Blogger Perempuan GandjelRel 2019 Hobies : Nonton, main game, baca buku, travelling, nulis, jualan dan menyebarkan semangat kebaikan dalam entreprenuer maupun kepenulisan. Karya : 1. BODAS (novel2016) 2. ONE SHOOT (antologi cerpen 2017)

13 thoughts on “Lezatnya Makanan Khas Pontianak Kalimantan Barat

  1. Salah satu destinasi impianku tuh Pontianak, suamiku lahir dan besar di sana, baru keluar dari sana pas mau kuliah..doa sering cerita kalau kulinernya enak dan ngangeni…

  2. Mbak, namanya unik-unik, susah ngapalnya kalau bagi orang awam kayak aku. Kalau Pontianak yang kuingat itu pisang gorengnya. Aku pernah lihat ada liputan tuh pisang goreng dikasih rujak. Ulala. Gimana tuh rasanya ya?

      1. Banyak banget ya mbak kulinernya. Unik-unik pula. Memang Paling seneng kalau bertandang ke suatu Kota ya ngicipin kulinernya biar bisa mengenal daerah itu lebih dalam. Kalau nanti dikasih kesempatan ke Pontianak, pengen jajal semua yang ditulis mbak Maya aah.

  3. Jorong-jorong tuh kalau lihat bahan bakunya kayak bubur sumsum yaaa…
    Enak-enak semua nih kuliner Pontianak. Penasaran dengan Hekeng, dibungkus kulit tahu gitu enak deh kayaknya. Aku selalu suka dengan makanan yang ada kulit tahunya gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *